Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan

Manfaat jeruk bali untuk kesehatan mungkin belum banyak diketahui. Jeruk ini kini agak sulit ditemukan. Dengan ukuran yang besar, dan rasa yang manis sebenarnya jeruk Bali termasuk salah satu buah yang sangat pas untuk dijadikan cemilan sehat. Jeruk bali sering juga disebut Jeruk Pemelo ini memiliki warna kulit hijau tua saat muda dan akan memudar seiring bertambahnya waktu menjadi hiaju muda.

Jeruk Bali memiliki kulit yang cukup tebal sehingga butuh teknik khusus untuk mengupasnya, yaitu dengan membelah kulitnya, usahakan jangan sampai terkena ini, belah empat bagian sampai semua irisan bertemu, nah baru kupas dengan tangan. 

Adapun warna dari bagian isi jeruk jumbo ini ada yang berwarna putih, merah, cokelat ada juga yang kehijauan. Buah ini memiliki manfaat yang cukup banyak, juga untuk kesehatan wanita hamil.

Kandungan Nutrisi dalam Jeruk Bali

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan
Adapun kandungan nutrisi jeurk bali diantaranya: vitamin C yang sangat dibutuhkan tubuh dalam meningkatkan kekebalan, menghindari tubuh dari berbagai dampak buruk kesehatan serta banyak lagi. Dalam 100 gram jeruk bali mengandung 350 microgram vitamin c. Selain kandungan vitamin C dalam jeruk bali juga mengandung banyak pektin sebagaimana yang terdapat dalam jeruk lainnya. Pektin bermanfaat untuk meghindari kolesterol darah dan pengapuran dalam pembuluh darah.

Selain tiu, kandungan dalam buah pamelo juga mengandung zat-zat lain seperti zat pembersih darah, pigmen bioflavanoid, likopen, Vitamin A, B, B1 dan juga B2. Jadi mengkonsumsi buah ini bisa membersihkan racun dalam darah, apalagi kalau dikonsumsi secara teratur. Asam folat juga membuat buah pembersih darah ini semakin diminati didunia kesehatan.

Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan Tubuh dan Wanita Hamil

Adapun manfaat jeruk bali untuk kesehatan yang pertama adalah, Vitamin C untuk Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asam folat untuk kesehatan ibu hamil, dimana asam folat tidak diproduksi cukup dalam tubuh ibu sehingga ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi banyak asam folat dari buah lainnya agar kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Asam folat adalah jenis zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh bayi dalam pembentukan tubuhnya dan perkembangan otak bayi. Salah satu buah yang menyediakan banyak asam folat adalah jeruk bali atau yang dikenal dengan pamelo.
Itulah beberapa Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan, semoga bermanfaat. Baca juga  Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan Tubuh.
loading...