58 Manfaat Madu untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil

58 Manfaat Madu untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil - Madu memiliki banyak sekali khasiat untuk tubuh kita. Madu sudah sejak lama digunakan seabgai herbal untuk mengatasi dan mengobati berabgai jenis penyakit. Madu alam kini sudah banyak dijual dalam bentuk kemasan yang lebih cantik. Bagi anda yang hendak membeli madu usahakan yang tidak dicampur dengan gula atau air, karena akan berkurang kemurnian dan khasiatnya.

Madu memiliki rasa yang sangat manis, warnanya pun beragam, ada yang kuning ceah, kunign kecoklatan, coklat hingga hitam. Warna madu tergantung dari nektar yang dihisap oleh lebahnya. Seiring dengan perkembangan teknologi, lebah bisa ditangkarkan dan dibududayakan. Kali ini kita akan kupas seputar khasiat madu untuk kesehatan

Madu tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan, bisa juga untuk kecantikan dan ibu hamil khususnya. Setidaknya ada 58 Manfaat Madu untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil yang admin kutip dari beberapa sumber.

58 Khasiat dan Manfaat Madu  

58 Manfaat Madu untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil

Berikut ini 58 Manfaat Madu untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil yang perlu kita ketahui:

1. Manfaat Madu untuk Meningkatkan Stamina

Manfaat madu yang pertama adalah untuk meningkatkan stamina. Manfaat ini tentu sudah tidak diragukan lagi. Dengan mengkonsumsi madu maka tubuh kita akan lebih bugar dan segar tentunya. Hanya dengan mengkonsumsi 1 - 3 sendok sehari maka tubuh kita akan bugar sepanjang hari. Dan ini tentu akan berefek baik untuk hubungan suami dan istri.

2. Manfaat Madu untuk Mencegah Diabetes (Pengganti Gula)

Manfaat madu yang selanjutnya adalah untuk mencegah diabetes, hal ini dikarenakan fungsi lainnya dari madu yaitu untuk menggantikan gula yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Kombinasi yang tepat dari fruktosa dan glukosa sebenarnya membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Beberapa madu memiliki indeks hipoglikemik rendah, sehingga mereka tidak menyebabkan kenaikan gula darah Anda.

3. Manfaat Madu untuk Meningkatkan Kesuburan Siami Istri

Selain dapat meningkatkan stamina, madu juga daoat meningkatkan kesuburan pasangan suami istri.

4. Manfaat Madu untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Khasiat madu untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat menigkatkan metabolisme tubuh, hal ini dikarenakan madu merupakan salah satu makanan yang sangat kaya akan nutrisi sehat seperti vitamin, mineral, dan berbagai gizi lainnya.

5. Manfaat Madu untuk Mencegah Rendahnya Sel Darah Putih

Sel darah putih snagat penting untuk tubuh kita, yaitu untuk melawan zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh kita. Dari Mayo Clinic mencatat bahwa madu dapat digunakan sebagai cara yang menjanjikan dan murah untuk mencegah rendahnya jumlah sel darah putih yang disebabkan oleh kemoterapi. Dalam satu percobaan kecil, 40 persen pasien kanker yang diketahui berada pada risiko neutropenia (jumlah darah sangat rendah) tidak memiliki penurunan sel lebih lanjut dari kondisi kemoterapi ini setelah mengkonsumsi dua sendok teh madu setiap hari selama kemoterapi. Penelitian lebih lanjut diperlukan, tetapi obat herbal ini memiliki potensi besar.

6. Manfaat Madu untuk Memerangi Bakteri

Madu juga bermanfaat untuk membunuh patogen penyakit karena makanan seperti E. coli dan salmonella, serta methicillin-resistant Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa yang keduanya mungkin terdapat di rumah sakit atau klinik.

7. Manfaat Madu untuk Metabolisme Alk*hol

Selain manfaat di atas,madu juga bermanfaat untuk meningkatkan tubuh melakukan metabolisme alk*hol. NYU Langone Medical Center mengungkapkan bahwa madu yang diminum secara langsung akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melakukan metabolisme alkohol. Kemampuan ini akan membatasi keracunan dan mengurangi kadar alkohol dalam tubuh lebih cepat.

8. Manfaat Madu sebagai Anti-inflamasi

Madu memiliki efek anti-inflamasi dan dikenal untuk menenangkan batuk. Tetapi perlu diketahui manfaat madu untuk mengobati alergi belum terbukti dalam studi klinis. Namun ada beberapa fakta dari para ahli yang mengatakan bahwa madu mengandung jejak serbuk sari bunga dan paparan alergen yang bekerja untuk memerangi reaksi alergi.

9. Manfaat Madu untuk Menghilangkan Luka

Madu juga bermanfaat untuk menghilangkan luka. Berdasarkan penelitian di Norwegia, terapi madu menggunakan Medihoney (madu Selandia Baru yang mengalami proses pemurnian khusus) dan Norwegian Forest berhasil membunuh berbagai bakteri yang terdapat dalam luka.
Dalam studi lain, 59 pasien yang menderita luka dan borok kaki, yang mana 80 % dari mereka telah gagal untuk sembuh dengan pengobatan konvensional, lalu diobati dengan madu yang belum diproses. Semua dari mereka (kecuali satu kasus ) menunjukkan peningkatan yang luar biasa setelah diolesi madu. Luka yang steril di awal, tetap steril sampai sembuh, sedangkan luka yang terinfeksi dan borok menjadi steril dalam waktu satu minggu setelah menerapkan madu.

Cara Penggunaan

Untuk pengobatan luka bakar dan luka, madu dapat dioleskan secara langsung yang biasanya diganti setiap 24 sampai 48 jam. Ketika digunakan secara langsung, 15 mL sampai 30 mL madu telah dioles setiap 12 sampai 48 jam dan ditutup dengan kasa steril atau perban.

 10. Manfaat Madu sebagai Sumber Nutrisi

Madu merupakan sumber nutrisi yang sangat lengkap. Ada banyak sekali nutrisi yang terdapat di dalamnya, seperti niacin, riboflavin, asam pantotenat, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium dan seng. Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Pantar saja ada banyak sekali manfaat madu untuk kesehatan.

11. Manfaat Madu untuk Meningkatkan Daya Ingat

Madu juga dapat meningkatkan daya ingat, hal ini berdasarkan penelitian yang dilansir dari Reuters, 102 wanita usia menopause diwajibkan untuk mengkonsumsi 20 gram madu sehari. Setelah empat bulan, mereka yang mengkonsumsi madu ternyata meningkat daya ingat jangka pendeknya.

12. Manfaat Madu untuk Mencegah Kanker

Madu juga bermanfaat untuk mencegah kanker. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

13. Manfaat Madu untuk Mencegah Penyakit Jantung

Selain untuk mencegah kanker, madu juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Zat yang terdapat pada madu mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

14. Manfaat Madu untuk Mengobati Batuk

Kalau manfaat yang satu ini sudah bukan rahasia lagi. Sebuah studi 2007 dari Penn State College of Medicine yang melibatkan 139 anak-anak, menemukan bahwa madu sangat efektif dalam menghilangkan batuk. Dekstrometorfan (DM) dalam madu dapat menenangkan batuk pada malam hari untuk anak-anak dan meningkatkan kualitas tidur mereka. 

Studi lain juga perna dipublikasikan di Pediatrics yang dilakukan pada 270 anak-anak berusia 1-5 yang mengalami batuk pada malam hari karena pilek. Dalam penelitian ini, anak-anak yang meminum dua sendok teh madu 30 menit sebelum tidur mengalami penurunan intensitas batuk dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum madu.

15. Manfaat Madu untukMenghilangkan Alergi

Banyak orang telah mencoba dan mengandalkan kemampuan madu untuk mengurangi gejala alergi musiman. Madu memiliki efek anti-inflamasi dan dikenal untuk menenangkan batuk. Tetapi perlu diketahui manfaat madu untuk mengobati alergi belum terbukti dalam studi klinis. Namun ada beberapa fakta dari para ahli yang mengatakan bahwa madu mengandung jejak serbuk sari bunga dan paparan alergen yang bekerja untuk memerangi reaksi alergi.

16. Manfaat Madu untuk Mencegah dehidrasi

Campuran air hangat dan madu bisa membantu untuk menambah cairan dalam tubuh Anda. Sehingga Anda tetap terhidrasi dan energik sepanjang hari 

17 Manfaat Madu untuk Kesehatan pencernaan

Madu memiliki enzim yang dapat membantu Anda mencerna makanan. Jika Anda memiliki masalah pencernaan maka Anda harus meminum madu dengan air hangat setelah makan makanan inti.

18. Manfaat Madu untuk Meningkatkan energi tubuh

Madu memberi Anda energi tetapi tak membuat Anda gemuk. Karena itu, idealnya Anda harus meminum minuman sehat ini setiap pagi.

19. Manfaat Madu untuk Gerakan usus

Minumun campuran madu dengan air hangat bisa membantu untuk menjaga pergerakan usus secara teratur. Selain itu saat pergerakan usus sangat halus, secara tak langsung ia membantu membersihkan usus besar dari toksin.

20. Manfaat Madu untuk Menurunkan berat badan

Kombinasi madu dan air hangat bisa membantu membakar lemak. Karenanya, minumlah segelas ramuan ini setiap pagi agar Anda bisa menurunkan timbunan lemak ekstra dalam tubuh 

21. Manfaat Madu Atasi Dahak dan dingin

Madu memiliki efek penyembuhan akibat infeksi dingin dan air hangat mengobati sakit tenggorokan Anda. Madu dengan air hangat juga membantu membawa keluar dahak yang menumpuk.

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

22. Manfaat Madu untuk Menambah tenaga dan memberikan daya tahan selama kehamilan
23. Manfaat Madu untuk meningkatkan nafsu makan ibu hamil
24. Manfaat Madu untuk Memudahkan BAB bagi bumil
25. Manfaat Madu untuk Membantu janin dalam kandungan tumbuh normal dan sehat
26. Manfaat Madu untuk Menguatkan Janin
27. Manfaat Madu untuk meningkatkan kecerahan dan daya tahan tubuh ibu hamil
28. Manfaat Madu untuk membantu mengurangi rasa mual
29. Manfaat Madu untuk Mencegah hepatitis B pada janin kelak
30. Manfaat Madu untuk mencegah ibu hamil terhindar dari berbagai penyakit selama kehamilan
31. Manfaat Madu karena memiliki nutrisi yang sangat kaya untuk kebutuhan ibu saat hamil

Manfaat Madu untuk Kecantikan

32. Manfaat Madu untuk menghilangkan jerawat
33. Manfaat Madu untuk menghilangkan komedo
34. Manfaat Madu untuk Menghilangkan flek hitam
35. Manfaat Madu untuk Menghilangkan bekas jerawat
36. Manfaat Madu untuk Mencerahkan kulit wajah
37. Manfaat Madu untuk Mengecilkan pori pori wajah
38. Manfaat Madu untuk Membuat kulit wajah tampak bersinar dan berseri-seri
39. Manfaat Madu untuk bahan masker wajah
40. Manfaat Madu untuk membersihkan kulit wajah dari radikal bebas
41. Manfaat Madu untuk Memberikan kulit wajah yang lebih halus
42. Manfaat Madu untuk Mencegah penuaan dini
43. Manfaat Madu untuk Mencegah kulit keriput
44. Manfaat Madu untuk Mencegah kulit kehitaman saat tua
45. Manfaat Madu untuk Mencegah timbulnya jerawat
46. Manfaat Madu untuk Mencegah iritasi kulit dan alergi

Manfaat madu untuk Perawatan Rambut

47. Manfaat Madu untuk Menghitamkan rambut
48. Manfaat Madu untuk membuat rambut lebih kuat
49. Manfaat Madu untuk Menghilangkan rambut bercabang
50. Manfaat Madu untuk membasmi “Buah rambut”
51. Manfaat Madu untuk membuat rambut lebih lurus

 Manfaat Madu Lainnya

52. Manfaat Madu untuk Mengatasi alergi dan asam
53. Manfaat Madu untuk Mengatasi sakit perut
54. Manfaat Madu untuk Mencegah stress
55. Manfaat Madu untuk Mengurangi risiko serangan jantung
56. Manfaat Madu untuk Mencegah resiko penyakit alzheimer
57. Manfaat Madu untuk Mencegah penyakit kuning
58. Manfaat Madu untuk Mencegah tumor di berbagai bagian tubuh

Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Pantas saja Rasulullah selalu mengkonsumsi madu, ini merupakan rahasia sehat ala Rasulullah. Berliau biasanya mengkonsumsi madu dan dua butir kurma pada pagi dan petang. Sebagaimana kita ketahui, rasulullah tidak pernah sakit, kecuali diakhir hayatnya saja.

Itulah 58 Manfaat Madu untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil yang bisa kami bagikan kepada anda, semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar yang lain juga tahu apa saja khasiat madu untuk kesehatan dan kecantikan alami. Semoga bermanfaat. Baca juga 40 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami