24 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Naga - Buah naga atau dragon fruit adalah salah satu buah yang cukup populer belakangan ini karena berbagai penelitian yang dilakukan terhadapnya dan menunjukan hasil yang sangat luar biasa. Buah ini ternyata memiliki 100 khasiat bagi kesehatan. Sebelum kita bahas apa saja manfaat buah naga bagi kesehatan. Mari kita berkenalan dengan buah ini. 
Buah naga berasal dari kawasan Amerika tengah, selatan dan meksiko namun saat ini banyak dibudidayakan oleh beberapa negara di kawasan Asia seperti negara kita, Taiwan,Vietnam, Filipina, dan Malaysia. Tahukah anda, megnapa buah ini disebut buah naga? Pada sekita tahun 1870, buah ini dibawa oleh orang Prancis Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. 

Oleh karena itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijaudi atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Kenapa buah ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa?
Ada banyak sekali manfaat buah naga untuk kesehatan, karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Ada banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalam buah naga, tahukah anda? di dalam 100 g buah naga, terdapat karbohidrat 11, 5 g, serat 0,71 g, kalsium 134,5 mg,  kalori 60 kkal, protein 0, 53 g, fosfor 87 mg, zat besi 0,65 mg, vitamin C 9,4 mg, serta kandungan airnya sebanyak 90%.

Kaya Mineral

Mineral sangat baik untuk pembentukan gigi, tulang dan perkembangan sel. Sehingga buah ini sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Kandungan fosfor dan kalium menjadikan buah ini dianjurkan untuk dikonsumsi oleh semua orang.

Kandungan Antioksidan

Selain mineral, buah naga juga mengandung antioksidan, sebagaimana yang kita ketahui, antioksidan sangat berperan untuk menangkal radikal bebas, penuaan dini bahkan mencegah kanker.

Kandungan Protein

Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk hormon, enzim, dan senyawa lain. Jagalah kadar protein dalam tubuh dengan mengonsumsi secara teratur buah ini.

Rendah lemak

Tahukah anda? Biji kecil yang terdapat pada buah naga ternyata mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan karena menurunkan kolesterol baik dan menghilangkan kolesterol jahat. Luar biasa sekali bukan?

Sumber Vitamin C

Vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Vitamin C juga membuat tubuh kita terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Tahukah anda? Buah naga yang diolah menjadi kering memiliki kandungan 10 kali lebih banyak vitamin C-nya. Dengan mengkonsumsi buah naga, maka daya tahan tubuh anda akan semakin meningkat.

Sumber Vitamin B1 (tiamin)

Mengkonsumsi buah naga menjadikan tubuh anda bermetabolisme lebih cepat, hal ini dikarenakan buah naga mengandung Vitamin B1 atau tiamin. Fungsinya untuk memproses karbohidrat dengan cepat dan menghasilkan energi bagi tubuh.

Sumber Vitamin B3 (niacin)

Kandungan vitamin B3 pada buah ini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Vitamin ini juga mampu membuat kulit terlihat halus dan bercahaya secara alami dari dalam.

Sumber Vitamin B12


Jika anda baru sembuh dari sakit, maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah naga, buah ini dapat merangsang nafsu makan yang baik karena kandungan vitamin B12 yang terdapat di dalamnya.

Kaya Serat

Serat bermanfaat bagi tubuh kita, anda kan terhindar dari masalah BAB atau sembelit. 

Luar biasa sekali bukan? Itulah beberapa kandungan nutrisi pada buah naga yang harus anda ketahui. Dengan mengetahui kandungannya, diharapkan anda lebih rajin lagi untuk mengkonsumsinya. Atau anda juga bisa mulai menanamnya disekitar rumah anda. Baiklah mari kita bahas topik utama kita, yaitu 24 manfaat buah naga untuk kesehatan dan Kecantikan, berikut ini.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

24 Manfaat dan Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan

1. Mencegah Kanker

Manfaat buah naga yang pertama dalah untuk mencegah kanker. Antioksidan yang terkandung dalam buah naga mampu mencegah penyakit kanker. Caranya ambilah 500 grm buah naga, kemudian diblender sampai halus dan minumlah setiap hari. 

2. Menjaga Kesehatan jantung

Selain untuk mencegah kanker, manfaat buah naga selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Jantung akan lebih sehat lagi kalau diiringi dengan olahraga, Kandungan Vitamin C, B1, B2, dan B3 yang terkandung dalam buah naga mampu menjaga kesehatan jantung kita.

3. Mencegah Diabetes Melitus

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan berlebihan bisa berakibat terkena diabetes melitus. Maka dari itu, untuk menjaga terkena penyakit tersebut selain mengatur hidup sehat dan pola makan usahakan mengonsumsi buah naga. Karena didalamnya terdapat zat yang efektif untuk mengurangi kadar gula dalam darah.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah naga mengandung Vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan Vitamin c tersebut mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Buah naga juga sangat baik dikonsumsi oleh anak dalam masa pertumbuhan.

5. Merawat Kesehatan Kulit

Caranya ambil satu buah naga dan kupas kulitnya, haluskan. Lalu buah naga yang telah diblender dimasukkan kedalam gelas dan ambil airnya dengan sendok usapkan pada wajah. Lakukan secara teratur setiap hari. 

6. Menetralkan Racun

Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin akan mampu menetralkan racun dalam tubuh seperti merkuri, arsen, dan lain-lain, yang membahayakan kesehatan.

7. Merawat Kesehatan Mata

Karoten yang terkandung dalam buah naga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

8. Menghambat Penuaan Dini

Selain buah apel, ternyata buah naga juga mampu menjaga proses penuaan dini. Karena didalam buah naga terkandung antioksidan yang berfungsi untuk menghambat penuaan dini.

9. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kandungan fosfor dan kalsium yang terdapat dalam buah naga dapat memperkuat tulang dan gigi. Konsumsilah buah naga tersebut secara teratur setiap hari.

10. Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah naga juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita. Kandungan vitamin B3 yang ada dalam buah naga diyakini merupakan zat yang mampu menurunkan kadarkolesterol tersebut. Konsumsilah buah naga secara teratur agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

11. Penambah Nafsu makan

Jika anda merupakan salah satu yang nafsu makannya kurang cobalah mengonsumsi buah naga. Kandungan vitamin B1 dan vitamin B2 yang ada dalam buah naga mampu meningkatkan nafsu makan.

12. Obat Asma

Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin dan teratur mampu mengobati masalah asma. Sebab dalam buah naga terkandung zat yang mampu menurunkan asma.

13. Naga Merah Menyehatkan Kulit

Seperti yang sudah disebutkan di atas, buah ini mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi. Buah naga merah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

14. Menyembuhkan Diabetes

Karena rasa manis buah naga merah bukan berasal dari glukosa, maka buah naga merah juga bisa untuk membantu menyembuhkan penyakit diabetes.

15. Meningkatkan Stamina

Ini sudah di sebutkan dibagian kandungan nutrisi buah naga.

16. Mencegah Osteoporosis

Mencegah penyakit osteoporosis atau pengapuran tulang, karena buah naga merah mengandung banyak kalsium organik.

17. Menyembuhkan Tekanan Darah Tinggi

18. Bagi Ibu Hamil dan Janin

Seperti yang sudah disinggung di atas, buah naga sangat baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Jadi bagi ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsinya untuk kesehatan janin yang dikandungnya.

19. Menurunkan Kadar Kolesterol

Seperti yang sudah disebutkan di atas, buha ini mengandung vitamin B3 yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol

20. Menyembuhkan Batuk

Kandungan vitamin B3 pada buah ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan batuk.

21. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Masih vitamin B3, vitamin ini juga dapat mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Sehingga anda yang memiliki tekanan darah tinggi dianjurkan untuk mengkonsumsi buah naga.

22. Menyembuhkan Asma

Dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur, maka anda yang menderita asma secara perlahan akan mulai hilang, hal ini juga karena kandungan vitamin B3 yang terdapat di dalamnya.

23. Menurunkan Berat Badan

Nah, ini kabar baiknya untuk anda yang sedang menjalankan program diet, dengan mengkonsumsi jus buah naga merah maka akan membantu anda untuk menurunkan berat badan secara alami.

24. Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Kalau tadi di atas sudah disinggung mengenai khasiat buah naga untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, maka salah satu manfaat yang akan anda ambil adalah mengatasi atau mengobati jerawat secara alami. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan jus yang sudah dibuat pada bagian muka yang berjerawat.

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan? Sangat disayangkan kalau 24 manfaat buah naga merah dan putih untuk kesehatan dan Kecantikan yang bisa kita peroleh, tapi tidak kita ambil. Mari konsumsi buah naga lebih sering lagi dan teratur, hidup sehat setiap saat. Baca juga 17 Manfaat Buah Sawo bagi Kesehatan dan Kecantikan.