11 Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan dan Kecantikan Alami

Manfaat Buah Tomat - Tomat, salah satu pelengkap masak ini sudah dikenal luas memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya sangat banyak dan tidak bisa lagi dipungkiri.

Buah ini biasanya dimanfaatkan untuk masak, untuk jus segar, atau untuk masker wajah. 


Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan dan Kecantikan Alami

Ilustrasi Manfaat Buah Tomat

Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada buah tomat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. tahukah anda? Buah tomat yang telah masak memiliki kandungan vitamin A sebanyak 1500 SI. Vitamin ini akan membantu mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita.

2. Menurunkan Demam

Jika anda atau anak anda sedang demam, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi tomat. Kandungan antiperitik pada tomat dapat menekan suhu badan pada keadaan demam. 

3. Anti Oksidan

Anti oksidan berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda. kandungan lycopene pada tomat berfungsi untuk menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat asap rokok , polusi udara, dan zat berbahaya lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Bukan hanya itu, ternyata lycopene juga berperan aktif dalam mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker prostat, kanker lambung, usus besar, tenggorokan, dan kanker rahim.

4. Biji Tomat Sebagai Anti Penggumpalan Darah

Pada bijih tomat terdapat gel kekuning-kuningan berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah dalam tubuh.

5. Mencegah Wasir Dan Sembelit

Kandungan serat pada tomat dapat mengatasi masalah pencernaan anda. Jika pencernaan bekerja dengan baik maka anda tidak akan mengalami wasir dan sembelit.

Manfaat Buah Tomat untuk Kecantikan

1. Mengatasi Jerawat

Kabar gembira bagi anda yang memiliki jerawat. Anda dapat melakukan perawatan wajah dengan tomat. Potong tomat menjadi dua kemudian oleskan pada wajah. Jika jerawat anda tergolong parah, maka anda bisa membuat bubur atau pasta tomat lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama satu jam. Bilas dan gunakan pelembab. Lakukan ini secara teratur atau sebanyak yang Anda bisa. Jerawat dijamin akan mengering dan kulit kembali mulus.

2. Mengatasi Kulit Berminyak

Cara mengatasinya adalah sebagai berikut : Parut tomat segar dan saring dan tambahkan jus ketimun kecil. Oleskan jus dengan bola kapas ke seluruh wajah.

3. Menghilangkan Komedo

Campur antara tomat dan alpuka, tumbuk keduanya hingga halus. Gunakan sebagai kombinasi pembersih dan pelembab kulit. Dua kombinasi alami ini bisa menenangkan dan membersihkan kulit, cocok untuk kulit berminyak dan kering. Kaya vitamin A, C dan E. Terapkan paket ini, diamkan selama 20-30 menit dan bersihkan dengan air hangat.

4. Membuat Kulit Lebih Bercahaya

Cara untuk mendapat wajah bercahaya dengan menggunakan tomat yaitu, pertama ampur madu dengan jus tomat sampai menjadi pasta tebal. Oleskan campuran ini pada wajah dan bagian kulit yang diinginkan, bersihkan setelah 15 menit untuk mendapatkan kulit lebih halus dan bersinar.

5. Mengatasi Peradangan Kulit

Caranya adalah dengan mengoleskan ramuan (Parut setengah tomat dan campur dengan dua sendok makan yogurt polos). pada wajah, leher, tangan dan kaki. Bilas setelah 20 menit. Tomat mendinginkan kulit dan menetralkan permukaan kulit, sementara yoghurt memberi protein yang sangat dibutuhkan kulit. lebih lembut dan kenyal. 

6. Mengecilkan Pori Pori

Pori-pori besar bisa menjadi akses masuknya kotoran sehingga memicu terjadinya infeksi pori-pori. Ambil satu sendok makan jus tomat segar. Tambahkan 2-4 tetes air jeruk nipis segar. Gunakan bola kapas untuk menerapkan campuran ini pada wajah Anda. Pijat dalam gerakan melingkar. Biarkan selama sekitar 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Aplikasi teratur akan mengecilkan pori-pori lebih cepat.

Bagaimana? Banyak sekali bukan? Demikianlah beberapa Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan dan Kecantikan Alami, semoga bermanfaat ya. Baca juga 6 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan.