19 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Manfaat Buah Sirsak - Halo pembaca yang budiman, blog ini khusus dibuat untuk berbagi aneka manfaat buah bagi kesehatan kita. Sebagaimana yang kita ketahui kita baru merasakan betapa mahalnya kesehatan setelah sakit, seperti itulah karakter manusia.

Kita baru merasakan bahwa sehat itu nikmat yang tiada tara ketika kita sudah terkulai lemah di tempat tidur, saat kita bernafas harus membayar, saat kita minum atau makan melalui saluran infus. Maka dari itu, perlu bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Cara terbaik untuk menjaga kesehatan adalah dengan kembali ke alam, karena alam sudah menyediakan semua yang kita butuhkan. Kali ini admin ingin sedikit berbagi Manfaat Buah Sirsak bagi kesehatan dan kandungan gizinya yang perlu kita ketahui.

Belakangan ini, sirsak cukup populer, karena terbukti mampu mengobati berbagai jenis penyakit berbahaya seperti kanker. Sebelumnya kita perkenalan terlebih dahulu dengan buah yang satu ini. Nama latin sirsak adalah Anona muricata Linn merupakan kerabat dekat Srikaya (Anona squamosa Linn). Bebrapa derah di Indonesia juga menyebut buah ini nagka belanda; nagko belando. Buah ini berasal dari Amerika (sekitar Peru, Meksiko dan Argentina). Di Indonesia nama Sirsak berasal dari bahasa Belanda, yaitu ZuurZak yang artinya kantong yang rasanya asam. Sebelum kita bahas apa saja manfaat buah sirsak, mari kita lihat apa saja kandungan nutrisi di dalamnya.


manfaat Buah Sirsak
Manfaat Buah Sirsak

Kandungan Nutrisi Buah Sirsak

Berikut ini kandungan nutrisi buah sirsak yang sangat luar biasa banyaknya:

Kandungan vitamin C dalam bauh sirsak 

Kandungan nutrisi buah sirsak yang pertama adalah vitamin C. Buah ini kaya akan vitamin C, dimana dalam 100 gr buah sirsak terdapat sekitar 20 mg vitamin C. Dan kebutuhan harian vitamin C seseorang per harinya adalah 60 mg, jadi dengan mengkonsumsi 300 gram buah sirsak tentu saja kebutuhan ini dapat terpenuhi, selain itu daya tahan tubuh kalian juga meningkat dan dapat memperlambat proses penuaan. Hal tersebut dikarenakan buah sirsak mengandung banyak vitamin C dan menjadikannya sebagai antioksidan yang sangat baik. 

Fosfor dan Kalsium 

Kandungan nutrisi buah sirsak selanjutnya adalah fosfor dan kalsium. Kedua mineral ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk pembentukkan massa tulang, sehingga tulang menjadi kuat. Kalsium pun dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Fosfor dan kalsium juga dapat menghambat osteoporosis atau pengeroposan tulang. Fosfor dalam buah sirsak adalah 27 mr / 100 gram daging buah sirsak, sedangkan untuk kalsium adalah sebesar 14mg / 100 gram daging buah sirsak. 

Protein 

Buah sirsak juga mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Buah ni mengandung 1 gr / 100 gram daging buah sirsak.

Zat Besi

Untuk zat besi, setidaknya ada 0.6 mg zat besi / 100 gram bauh sirsak. Zat besi berfungsi menjaga kualitas sel darah, dengan begitu maka dapat mencerahkan warna kulit.

Vitamin A 

Buah ini juga mengandung vitamin A. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Terdapat vitamin A sebesar 10 mg / 100 gram buah sirsak. 

Vitamin B 

Selanjutnya, buah sirsak juga mengandung vitamin B, dimana vitamin B sendiri berfungsi untuk mengatur proses metabolisme lemak, protein, serta karbohidrat dalam tubuh kalian. Terdapat 0.07 mg vitamin B didalam 100 gram buah sirsak.

Manfaat Buah Sirsak 

Berikut ini manfaat buah sirsak yang mesti anda ketahui:

1. Manfaat Buah Sirsak untuk Mencegah Kanker

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mencegah kanker. Annonaceous acetogenins adalah fitokimia yang terdapat dalam daun, biji dan batang sirsak. Zat ini berperan dalam menangkal serangan kanker dan virus. Penelitian mengungkap bahwa kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan masih banyak lagi.

2. Manfaat Buah Sirsak untuk Melancarkan buang air kecil

Jus buah sirsak ternyata dapat dijadikan sebagai obat jika Anda mengalami rasa sakit ketika buang air kecil. Selain itu juga dapat megatasi haematuria yaitu bercampurnya sel darah putih dalam urin, serta penyakit hati ringan.

3. Manfaat Buah Sirsak untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Selain mengandung fosfor dan kalsium, buah sirsak juga diperkaya mineral lain yakni tembaga, yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tulang Anda tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.

4. Manfaat Buah Sirsak untuk Meningkatkan Energi

Jika Anda merasa tak bergairah, cobalah mengonsumsi buah sirsak. Selain aroma segar yang bisa membuat mood Anda kembali bergairah, buah sirsak juga mengadung thiamin yang berguna untuk meningkatkan energi Anda.

5. Manfaat Buah Sirsak untuk Meredakan Migrain

Buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang dikenal efektif meredakan sakit kepala seperti migrain.

6. Manfaat Buah Sirsak untuk Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam buah sirsak juga dipercaya efektif meredakan gejala anemia yang bisa menyerang kapan saja.

7. Manfaat Buah Sirsak untuk Manfaat Biji Buah Sirsak

Biji sirsak ternyata mengandung zat emesis yang dapat digunakan untuk mengurangi mual dan muntah.

8. Manfaat Buah Sirsak untuk Mengobati Diare Bayi

Bunda dan ayah, jika bayi anda mengalai diare, maka buah sirsak ini sangat ampuh untuk mengobatinya. Caranya adalah dengan menyiapkan buah sirsak yang sudah masak/ matang. Kemudian peras dan saring airnya, dan kemudian minumkan air hasil saringan tersebut kepada bayi yang sedang diare.

9. Manfaat Buah Sirsak untuk Mengobati Ambeien

Buah sirsak juga bermanfaat untuk mengobati ambeien. dengan memeras sirsak yang sudah matang dan kemudian ambil airnya. Ambil sekitar 1 gelas saja dan minum secara teratur 2 hari sekali. Sangat dianjurkan untuk meminumnya setiap pagi dan sore untuk mempercepat penymebuhan.  

10.  Manfaat Buah Sirsak untuk Mengobati Kencing Anyang – anyangen

Dapat membantu menyembuhkan kencing anyang – anyangen. Untuk menyembuhkan penyakit ini anda harus menyiapkan buar sirsak setengah matang dan gula pasir secukupnya saja. Kemudian kupas sirsak tersebut dan rebuslah bersamaan dengan gula secukupnya, tambahkan air sebanyak 2 gelas. Setelah itu saring dan minum air hasil rebusan tersebut.  

11.  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah sirsak juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung senyawa acetogenins hingga muricapentocin yang berguna untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dari bahaya penyakit, selain juga bisa juga digunakan sebagai obat penyakit.

12. Meningkatkan Konsentrasi

Bagi anda yang agak kesulitan untuk bisa fokus, mengkonsumsi buah sirsak mungkin bisa menjadi salah satu solusinya. Kandungan tiamin dalam buah sirsak bermanfaat untuk menjaga fungsi otak dan meningkatkan memori serta konsentrasi. Adanya vitamin ini juga membantu otak terlepas dari beban (stres) dan memperkuat sistem saraf motorik dalam otak. 

13. Membantu Produksi Hemoglobin

Manfaat buah sirsak selanjutnya adalah untuk membantu tubuh dalam memproduksi hemoglobin. Kandungan riboflavin dalam buah sirsak sangatlah penting, yaitu membantu produksi sel darah merah sehingga cukup untuk mengaliri oksigen ke seluruh jaringan dalam tubuh. Dengan begitu semua organ baik yang vital maupun tidak kinerjanya dapat berlangsung secara normal.

14. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan sering-sering mengkonsusi buah sirsak. Buah sirsak bermanfaat untuk menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung. Penyakit tersebut merupakan sebuah kondisi arteri jantung mengalami penebalan sehingga membuat darah menjadi tidak lancar dan serangan jantung mudah terjadi. Hal yang menakjubkan ini dikatakan para ahli sebagai reaksi dari vitamin C dalam buah sirsak.

15. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selain menjaga kesehatan jantung, buah sirsak atau sirsak ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B2 yang terdapat di dalamnya yang berfungsi untuk melindungi membran mukosa usus sehingga sistem pencernaan tetap lancar dan terjaga kondisi baiknya. Dengan begitu pula secara otomatis masalah yang bersangkutan dengan pencernaan dapat terminimalisir.

16. Mencegah Katarak

Buah ini juga bermanfaat untuk mencegah gangguan kesehatan mata, yakni katarak. Dengan cara rutin minum buah sirsak sehari minimal dua kali dipercaya mampu mengurangi risiko pandangan menjadi kabur serta masalah kesehatan pada mata lain seperti katarak dan buram.

17. Mengurangi Risiko Diabetes

Buah ini juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena diabetes. Kadar gula dalam buah sirsak tidaklah tinggi sehingga mampu mengurangi risiko terhadap diabetes. Tetapi jika Anda tidak ingin terjadi apa-apa terhadap kondisi kesehatan Anda, lebih baik hindari konsumsi aneka olahan dari buah sirsak berlebihan jika kadar gula dalam darah sudah tinggi.

18. Mengatasi Sakit pada Kandung Kemih

Anda merasa nyeri atau sakit pada kandung kemih? Dengan mengkonsumsi buah sirsak rasa sakit atau nyeri pada kandung kemih bisa berkurang bahkan hilang. Cara pengolahannya dengan buah sirsak separo masak, garam secukupnya dan gula. Dari semua bahan tadi dibuatkan kolak, kemudian dimakan seperti biasa, makan rutin selama satu minggu.

19. Penyakit Liver

Manfaat buah sirsat atau sirsak yang terakhir adalah untuk mengatasi penyakit liver secara alami. Caranya yaitu dengan  mengkonsumsi buah ini, bisa dalam bentuk jus dan diminum selama satu minggu berturut-turut. Selama satu minggu tersebut usahakan puasakan makan makanan yang lain terlebih dahulu. Mudah-mudahan dengan cara ini bisa cepat sembuh.

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan Manfaat Buah Sirsak untuk kesehatan? Semoga bermanfaat untuk pembaca semua. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya gar lebih bermanfaat lagi.

Baca juga 27 Manfaat Buah Nanas