19 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan - Pepaya merupakan sumber nutrisi yang sangat murah dan mudah untuk didapakan, buah yang satu ini bisa kita temukan dipekarangan rumah, pasalnya pohonnya sangat mudah tumbuh dan berkembanga tanpa dirawat sekalipun. Dari 1 buah pepaya bisa menghasilan puluhan bahkan ratusan benih baru.

Itulah ajaibnya negeri kita ini, tongkat da batu jadi tanaman kalau kata pujangga. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan , ada baiknya kalau kita kupas terlebih dahulu identitas buah ini. Buah pepaya termasuk famili Caricaceae dengan namka latin  Carica papaya. 

Tahukah anda bahwa ternyata pepaya berasal dari meksiko? Namun anda bisa menjumpai tanaman yang satu ini hidup subur di pekarangan rumah kita. Buahnya yang berwarna orange ke kuningan atau merah, memiliki rasa manis dan megnandung banyak air. Buah ini sudah memberikan begitu banyak manfaat bagi manusia, salah satu Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecanyikan  adalah melancarkan BAB, ini adalah salah satu manfaat klasik pepaya dan tidak ada yang bisa membantahnya lagi.

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan dan Nutrisnya

Kandungan Nutrisi Buah Pepaya

Vitamin A (1.750 IU)
Vitamin B ( 0.03 mg)
Riboflavin (0.04 mg)
Niacin (0.3 mg)
Vitamin C (56 mg)
Kalsium (20 mg)
Zat Besi (0.3 mg)
Fosfor (16 mg)
Kalium (470 mg)
Lemak (0.1 gr)
Karbohidrat (10 gr)
Protein (0.6 gr)
Kalori (39)

Manfaat Buah Pepaya

Dari segitu banyaknya kandungan nutrisi buah pepaya, maka sangat wajar sekali kalau buah ini dapat memberikan banyak manfaat untuk kita. Berikut ini adalah  19 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan yang harus kita ketahui:

1. Manfaat Buah Pepaya untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mengatasi masalah pada pencernaan kita. Manfaat ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahkan kita sendiri sudah merasakan manfaatnya. Kandungan enzim papain dan serat yang dapat membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan seperti susah buang air besar dan efektif untuk mencegah wasir. Penelitian juga membuktikan bahwa kandungan papain dalam buah pepaya dapat membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan dalam usus.

2. Manfaat Buah Pepaya untuk Mencegah Flu

Buah pepaya tinggi dengan vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk mencegah berabgai penyakit, salah satunya adalah flu, selain itum dengan mengkonsumsi buat pepaya maka kita juga akan terhindar dari batuk, pilek, hingga kanker.

3. Manfaat Buah Pepaya untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Selain buahnya, biji pepaya juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Biji pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, sebuah zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.

4. Manfaat Buah Pepaya untuk Mencegah Serangan jantung dan Stroke

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya dapat mencegah oksidasi kolesterol dan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

5. Manfaat Buah Pepaya untuk Mempertajam Penglihatan

Jika Anda memiliki masalah kesehatan mata, sebaiknya rajin-rajinlah mengonsumsi buah pepaya. Buah ini mengandung betakaroten yang dapat dikonversi menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata Anda.

6. Manfaat Buah Pepaya untuk Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan di dalam pepaya bermanfaat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah di kulit, misalnya seperti flek, keriput, dan sebagainya.

7. Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A, C dan E sendiri baik untuk kesehatan kulit. Selain membantu melembabkan, vitamin tersebut juga dapat membantu mengembalikan kulit kusam menjadi cerah dan lebih segar.

8. Manfaat Buah Pepaya untuk Vitalitas Pria

Kandungan enzim arginine di dalam pepaya, efektif mendongkrak aliran darah di area mr P. Arginine mendorong asam nitrat tubuh untuk merilekskan otot-otot di sekitar pembuluh darah, sehingga mr P membesar dan aliran darah di area tersebut lebih lancar.

9. Manfaat Buah Pepaya untuk Antiradang

Kandungan papain dan chymopapain yang bisa meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka bakar. Manfaat inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan berbagai luka di kulit, psoriasis dan berbagai penyakit kulit lainnya.

10. Manfaat Buah Pepaya untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan

Tidak hanya memperlancar buang air besar, pepaya dapat membantu membersihkan usus Anda dari racun-racun yang tak sengaja diserap tubuh. Adalah kandungan serat dan antioksidannya, yang dapat mengangkat dan membersihkan bagian usus dan membawanya melalui saluran pembuangan.

11. Manfaat Buah Pepaya untuk Anti inflamasi

Manfaat papaya bagi penderita arthritis, osteoporosis, edama dapat menghilangkan rasa sakit karena enzim anti inflamasi yang terkandung pada pepaya. Enzim tersebut juga memiliki sifat mencegah kanker.

12. Manfaat Buah Pepaya untuk Menguatkan sistem imun

Vitamin C dan vitamin A yang diproduksi dalam tubuh. Senyawa beta karoten yang terdapat dalam pepaya, diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam. Oleh karena itu, pepaya mungkin menjadi pilihan buah yang sehat untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan meredakan demam.

13. Manfaat Buah Pepaya untuk Mencegah Degenerasi Makula

Senyawa eaxanthin antioksidan yang ditemukan dalam pepaya, menyaring sinar cahaya biru berbahaya yang diperkirakan, akan berperan protektif dalam kesehatan mata untuk menangkal kerusakan degenerasi.

14. Manfaat Buah Pepaya untuk Mencegah Asma

Risiko untuk mengembangkan asma, akan lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi sejumlah tinggi nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta karoten, yang banyak terkandung dalam pepaya.

15. Manfaat Buah Pepaya untuk Diet

Penelitian para ahli menunjukkan di dalam pepaya muda terdapat lebih banyak enzim dibandingkan dengan pepaya matang. Enzim pada pepaya memberikan dampak pada pengurangan protein, karbohidrat dan lemak pada tubuh. Sistem metabolisme menjadi lebih optimal dan juga menjadikan pembakaran lemak menjadi energi berlangsung dengan baik.

16. Manfaat Buah Pepaya untuk Mencegah Jerawat

Daging buah pepaya yang berfermentasi, membantu melarutkan sel-sel kulit mati dan memberikan kesegaran dan kecerahan kulit. Hal ini dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mencegah timbulnya jerawat.

17. Manfaat Buah Pepaya untuk Payudara

Penelitian membuktikan bahwa, pepaya muda menghasilkan enzim yang juga merangsang pertumbuhan payudara. Selain itu, kandungan vitamin A yang melimpah pada pepaya muda, mampu memberi rangsangan kepada indung telur untuk memproduksi hormon kewanitaan sehingga kelenjar dan otot-otot sekitar payudara menjadi kencang. 

18. Manfaat Buah Pepaya untuk Menghaluskan Tumit Yang Pecah-pecah

Tumit kasar bahkan pecah-pecah bisa menurunkan rasa pede dalam diri, maka dari itu segera atasi dengan memanfaatkan buah pepaya. Gunakan getah pepaya muda untuk menggosok kedua tumit, diamkan selama 15 menit (kaki sembari diangkat), terakhir cuci pakai air hangat.

19. Manfaat Buah Pepaya untuk Wajah

Buah pepaya juga bermanfaat untuk menghaluskan wajah kita. Cara yaitu dengan mengaplikasikannya seabgai masker. Blender buah pepaya sampai benar-benar lembut. Ingat, sampai benar-benar halus. Gunakan pepaya yang sudah dihaluskan tersebut sebagai masker untuk wajah. Biarkan selama 15-20 menit sampai pepaya mengering. Kemudian bilas dengan air hangat.
Dengan menggunakan masker buah pepaya ini secara rutin maka wajah anda akan bebas dari flek hitam dan akan menjadi lebih kencang. Untuk mendapatkan wajah yang lembut dan halus anda bisa menambahkan sedikit madu pada masker.

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan Manfaat Buah Pepaya? Buah yang murah meriah, bahkan sangat mudah sekali tumbuh dipekarangan rumah kita tanpa kita tanam ini mampu memberikan segitu banyak khasiat untuk kita. 

Itulah 19 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan yang bisa kami bagikan kali ini kepada anda. Jangan lupa juga untuk memberikan informasi ini kepada yang lainnya agar yang lain jgua tahu apa saja khasiat buah pepaya untu kesehatan dan kecantikan alami. Jangan ragu lagi untuk mengkonsumsinya secara rutin. Baca juga 10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya.