8 Khasiat Buah Cermai untuk Kesehatan dan Mengobati Penyakit

Cermai, ceremai, cereme atau cerme adalah nama sejenis pohon dengan buahnya sekali. Buah yang masam ini dikenal pula dengan nama-nama lain seperti ceremoi (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris dinamai Otaheite gooseberry, Malay gooseberry dan beberapa sebutan yang lain. Nama ilmiahnya adalah Phyllanthus acidus. ( https://id.wikipedia.org/wiki/Cermai )

Kandungan Nutrisi Buah dan Daun Cermai

Buah ini mengaung nutrisi yang cukup banyak sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Adapun kandungan nutrisi buah cermai adalah Vitamin C, kalori, mineral, karbohidrat, serat kasar, kalisum, fosfor, zat besi, thiamin, dan ribloflavin.
Selain itu, daun cermai mengandung Saponin, Flavanoid, Tanin, dan Polifenol. Kemudian di bagian akarnya mengandung Saponin, Asam Galus, Zat Samak, dan Toksik.
Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Itulah beberapa kandungan nutrisi pada buah dan daun cermai yang harus anda ketahui. Nah, berikut ini adalah khasiatnya untuk kesehatan serta ramuan herbal untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Manfaat Cermai untuk Kesehatan

8 Khasiat Buah Cermai untuk Kesehatan dan Mengobati Penyakit
Berikut manfaat buah cermai yang menguntungkan dari  bagi kesehatan kita:
  1. Mengobati Sembelit
Pertama, buah ini dapat digunakan sebagai obat sembelit, hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang sangat banyak pada buah cermai. Buah ini sangat baik dikonsumsi, karena dapat menyehatkan pencernaan, membersihkan usus serta mengatasi sembelit. Konsumsi secara teratur.
  1. Mengatasi Asma
Selain dapat mengobati sembelit, buah cermai juga dapat mengatasi asma, caranya adalah rebus potongan enam biji buah Cermai dengan beberapa gelas air. Tambahkanlah bawang merah, akar kara, lengkeng, dan sedikit gula sesuai selera. Minumlah sampai nafas terasa kembali pulih.
  1. Meringankan Kanker
Bagi penderita kanker,  buah cermai dapat meringankan penyakit yang anda derita. Rebus buah Cermai dengan campuran daun Belimbing, Bidara Upas, Gadung Cing, dan gula. Kemudian minumlah.
  1. Menyehatkan Kulit
Dengan mengkonsumsi buah cermai, maka kulit anda akan lebih halus dan bercahaya, hal ini dikarenakan kandungan Vitamin C, vitamin ini berperan untuk urusan kesehatan kulit. Maka dari itu cobalah konsumsi buah ini dalam bentuk apapun karena Vitamin Cnya tinggi. Apa lagi bagi yang bermasalah dengan jerawat dan kulit kusam.
  1. Sebagai Pelangsing
selain 4 manfaat buah cermai di atas, buah ini juga sangat bermanfaat untuk diet anda, hal ini dikarenakan buah cermai dapat menyehatkan pencernaan yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan pembuangan feses.
  1. Menambah Kekebalan Tubuh
Flavanoid yang terdapat pada buah cermai dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.
  1. Menyehatkan Tulang
Kandungan zat besi dan kalsium pada buah cermai bermanfaat untuk menguatkan dan menyehatkan tulang kita.
  1. Baik Untuk Pertubuhan
Nah, jika pertumbuhan tulang baik maka sangat baik untuk dikonsumsi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.


Bagaimana? Cukup banyak sekali bukan, makanya jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi buah ini. Itulah  8 Khasiat Buah Cermai untuk Kesehatan dan Mengobati Penyakit, semoga bermanfaat. Baca juga Manfaat Buah Jarak, Minyak, Daun, Getahnya untuk Kesehatan.