4 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

4 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan | Anda pernah memakan buah ciplukan atau cemplukan? Kalau di desa-desa, buah ini masih cukup banyak namun sangat jarang sekali di perkotaan, biasanya tanaman obat ini tumbuh dibekas tempat bakaran sampah. Ana mengkomsumsi buah ini mungkin karena rasanya yang manis dan gurih, terutama untuk buah yang sudah sangat kunign dengan pembungkus buah yang agak kering kecoklatan.
Siapa sangka, ternyata buah ini mampu mengatasi dan mengobati berbagai penyakit, bahkan penyakit yang konon sulit disembuhkan secara medis sekalipun. Buah ini bermanfaat untuk kesehatan dikarenakan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Sebelum kita bahas apa saja 4 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan tersebut, ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan buah yang hanya sebesar cempokak ini. Adapun nama Latin dari ciplukan adalah Morel berry, tanaman ini hanya tumbuh tidak lebih dari satu meter, batang berusuk (=angulata) bersegi tajam dan berongga. Daun berbentuk bundar telur memanjang berujung runcing, dengan tepi rata atau tidak, 2,5-10,5 × 5-15 cm.
4 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi Pada Buah ciplukan :

  • Asam Malat
  • Alkaloid
  • Tanin
  • Kriptoxantin
  • Vitamin C
  • Glukosa
Sedangkan untuk kandungan yang terdapat pada biji ciplukan yaitu: Elaidic Acid

Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

1. Mengobati Influenza

manfaat pertama dari buah ini adalah dapat mengobati influenza dan Sakit Influenza Tenggorokan, batuk rejan (pertusis), bronchitis (radang saluran napas), gondongan (paroritis), pembengkakan buah pelir (orchitis).
Caranya : Semua bagian tumbuhan ciplukan dipotong-potong seukuran 3-4 cm dijemur, lalu dibungkus agar tidak lembab lagi. Kemudian ambil kira-kira sebanyak 9-15 gram direbus, airnya diminum. Lakukan sebanyak 3 kali sehari, atau sesuai kebutuhan dan atau petunjuk resep.

2. Mengobati Kencing Manis (diabetes)

Caranya : hampir sama dengan resep pertama.hanya saja saat merebus, rebuslah dengan 2 gelas air, hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum sekaligus pada pagi hari. Ampasnya bisa direbus sekali lagi, guna diminum pada sore harinya.

3. Mengobati Sakit paru-paru

Caranya : Sama dengan yang pertama. Yakni saat merebus, gunakan 3-5 gelas air. Setelah mendidih, dinginkan dan saring, minum airnya 3 kali sehari.

4. Mengobati Ayan

Buah ini juga dapat mengobati atau mengurangi ayan, caranya : makan buah Ciplukan 8 – 11 butir setiap hari.
 Itulah 4 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat. Baca juga 10 Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan.