22 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

22 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan | Selamat pagi pemirsa pembaca blog aneka manfaat buah untuk kesehatan dan kecantikan. Apa kabar hari ini? Semoga tetap sehat dan bugar dalam menjalani semua aktivitas sehari-hari. Menjaga kesehatan itu sangat penting, karena tubuh yang sehat bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa ada halangan.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan, salah satunya adalah dengna mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran. Jika kita terserang penyakit, ada baiknya kita mengobatinya dengan menggunakan herbal alami. Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatna adalah jeruk lemon. Jeruk lemon dibudidayakan di Spanyol, Argentina, Brazil, dan Negara-negara di sekitar Amerika Serikat. Pohon lemon menyerupai pohon jeruk. Tumbuhan ini tidak mampu berkembang pada cuaca yang beriklim dingin. Pohon lemon hanya bisa berkembang dan tumbuh pada suhu 60-85oF atau 15-30oC. Oleh sebab itu tumbuhan itu tak dikembangkan pada negara-negara yang bersalju dengan intensitas tinggi. Buah Lemon sering digunakan sebagai program untuk diet. Bagi Anda yang ingin berdiet bias memanfaatkan buah lemon sebagai makanan untuk diet.

Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan Tubuh

22 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan
Berikut ini adalah beberapa Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan yang kami kutip dari berbagai sumber, diantaranya adalah:

1. Manfaat Buah Lemon untuk Melancarkan Pencernaan

Manfaat pertama dari buah lemon adalah untuk menyehatkan serta melancarkan pencernaan kita. Buah lemon berfungsi untuk meningkatkan gerakan peristaltik di perut, membantu buang air besar secara teratur sehingga menghilangkan limbah tubuh dengan baik. Lemon seperti pemurni darah dan agen pembersih, sehingga minuman yang baik setelah makan siang atau makan malam. Lemon juga membantu masalah pencernaan lain seperti mual ketika naiknya asam lambung, namun berhati-hati karena lemon tidak cocok dengan susu. Tambahkan jus lemon ke dalam air hangat dan minum sebagai hal pertama di pagi hari.

2. Manfaat Buah Lemon untuk Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Kemudian, buah ini juga dapat membuat tekanan darah menjadi lebih stabil. Kalium yang terdapat pada lemon sama dengan yang terdapat manfaat pisang (baca juga manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh), yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Kalium mengontrol tekanan darah yang tinggi, pusing dan mual, karena memberikan sensasi menenangkan untuk kedua pikiran dan tubuh. sehingga buah lemon banyak digunakan untuk mengurangi stres mental dan masalah depresi.

3. Manfaat Buah Lemon untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan, Batuk, Pilek

Selain dua manfaaat di atas, buah lemon juga dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Anda cukup berkumur dengan air hangat yang telah ditambahkan dengan satu sendok teh jus lemon. Untuk batuk dan pilek, berikan air hangat yang telah ditambahkan sedikit manfaat madu. Untuk asma, setengah sendok teh jus lemon, dengan secangkir air hangat sebelum makan.

4. Manfaat Buah Lemon untuk Menghentikan Perdarahan Internal

Kandungan antiseptik di dalam buah lemon mampu menghentikan pendarahan internal dalam tubuh. Celupkan kapas kecil pada air perasan lemon dan letakkan ke dalam hidung, untuk menghentikan pendarahan pada hidung.

5. Manfaat Buah Lemon untuk Merawat Kesehatan Mulut

Lemon dapat digunakan dalam pembersihan rutin gigi, namun jauhkan pasta gigi yang mengandung lemon pada mata. Jus lemon dapat diterapkan pada bagian gigi yang sakit, dapat membantu dalam menyingkirkan rasa sakit. Selai itu, lemon juga menghilangkan bau mulut yang dapat berasal dari berbagai penyakit dan kondisi gusi.

6. Manfaat Buah Lemon untuk Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh

Mengkonsumsi jus lemon, membantu menghilangkan racun tersebut dan mengeluarkannya bersamaan dengan sisa metabolisme lain. Jus lemon merupakan pembersih darah karena membantu tubuh untuk membuang racun. Ia juga memiliki 22 senyawa anti kanker dan memperlambat pertumbuhan tumor kanker. Setelah radiasi dan kemoterapi, ia bisa menghilangkan jejak sisa radiasi dan memurnikan darah. Lemon juga menunjang sistem kekebalan tubuh dan baik sebagai anti depresan.

7. Manfaat Buah Lemon untuk Vitamin C dan Berat Badan

Di tulis dalam artikel yang diterbitkan dalam “Journal of the American College of Nutrition” pada tahun 2005, vitamin C berbanding terbalik dengan massa tubuh. Para peneliti menunjukkan hasil bahwa, asupan vitamin C yang cukup membantu tubuh memicu serangkaian reaksi kimia yang memecah lemak tubuh dan berguna sebagai energi. Manfaat buah-buahan kaya akan kandungan vitamin C, begitu juga di dalam buah lemon yang tinggi dan merupakan alasan untuk efek yang kuat dari kombinasi ini.

8. Manfaat Buah Lemon untuk Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah ini juga dapat meningkatkan sistem ekebalan tubuh kita. Konsumsi lemon dengan campuran madu dan air hangat mampu menyerap lebih banyak zat besi. Zat besi di dalam tubuh sangat berperan aktif pada fungsi kekebalan tubuh. Di dalam minuman lemon hangat juga mengandung saponin yang memiliki fungsi antimikroba. Biasakan minum ramuan lemon dan madu dengan air hangat setiap pagi.

9. Manfaat Buah Lemon untuk  Obat Maag

Tahukah anda, lemon bersifat basa, sedangkan lambung yang maag bersifat asam, jadi basa bertemu asam akan normal. 

Manfaat Lemon untuk Kecantikan Alami

Nah, di atas adalah beberapa manfaat buah lemon untuk kesehatan tubuh kita, dan berikut ini adalah beberapa khasiat buah lemon untuk perawatan kecantikan tubuh, kulit, rambut dan bibir yang perlu anda ketahui:

10. Manfaat Buah Lemon untuk Mengatasi kulit kering pada tumit dan lutut

Manfaat pertama buah lemon untuk kecantikan adalah untuk mengatasi kulit kering pada tumit dan lutut, caranya potong jeruk lemon, kemudian Gosokkan potongan jeruk lemon pada sisi kulit kering, seperti pada tumit dan lutut, biarkan hingga meresap ke kulit. Tidak perlu di bilas dengan air kembali.

11. Manfaat Buah Lemon untuk Mencerahkan kulit

Bagi kulit berminyak, sangat bermasalah sekali jika kulit wajah terlihat berkilap. Sari jeruk lemon dicampur dengan madu, dapat dijadikan masker. Gunakan secara rutin, manfaat madu dan lemon ini, untuk mendapatkan hasil kulit wajah yang tampak lebih segar dan cerah.

12. Manfaat Buah Lemon untuk Memperkecil pori-pori kulit

Pori-pori wajah yang terlihat agak melebar sangat mengganggu penampilan. Rawatlah kulit wajah dengan air jeruk lemon. Sari jeruk lemon disimpan dalam lemari es, kemudian jus lemon dioleskan pada wajah tunggu hingga meresap, lalu bersihkan dengan air. Lakukan hal ini setiap pagi, dan jangan sari jeruk lemon, jangan sampai lebih dari satu minggu.

13. Manfaat Buah Lemon untuk Mengurangi ketombe

Sari jeruk lemon, campurkan dengan minyak zaitun hangat.  Pijat kepalamu perlahan-lahan dengan campuran lemon tadi dan diamkan selama 15 menit lalu bilas rambutmu dengan air dan gunakan conditioner rambut. Manfaat lemon akan membuat ketombe berkurang dan manfaat minyak zaitun memberikan kelembaban alami rambut. Tentusaja dengan pemakaian yang teratur.

14. Manfaat Buah Lemon sebagai Obat Penghilang Jerawat

Sari atau perasan air lemon mengandung antibacterial berfungsi mengatasi bakteri penyebab jerawat. Biasanya sari atau perasan air lemon dicampur dengan beberapa tetes madu. Hal ini sering digunakan karena khasiatnya sudah terbukti. Selain itu, perpaduan dua bahana lami berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat yang biasanya akan meninggalkan noda hitam di wajah.

15. Manfaat Buah Lemon Sebagai pemutih gigi yang menguning

Kandungan kalsium yang terdapat pada sari atau perasan air lemon biasa digunakan sebagai cairan pemutih gigi. Caranya campurkan sari atau perasan jeruk lemon dengan sedikit backing soda. Oleskan pada gigi yang nampak menguning, biarkan selama kurang lebih satu menit. Kemudian sikat dengan sikat gigi dan basuh menggunakan air bersih. Jangan lakukan hal ini terlalu sering. Asam dalam sari atau perasan lemon bias merusak email gigi kita.

16. Manfaat Buah Lemon untuk Melembapkan bibir yang kering

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah lemon bias mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir. Sel-sel kulit mati itulah yang sebenarnya membuat bibir terlihat kering. Cara penggunaan dengan mengoleskan irisan lemon segar pada bibir secara perlahan. Diamkan beberapa detik lalu basuh dengan air bersih. Lakukan hal ini secara teratur. Lihat juga artikel cara melembabkan bibir untuk pengetahuan lebih dalam.

17. Manfaat Buah Lemon untuk Pengganti sabun cuci muka (facial foam)

Kita sering menggunakan sabun cuci muka (facial foam) untuk membersihkan wajah kita dari kotoran. Tentu facial foam buatan pabrik banyak mengandung bahan-bahan kimia yang mungkin sangat berbahaya untuk kulit di sekitar wajah manusia.
Sebenarnya ada cara alami yang bias Anda gunakan untuk membersihkan muka Anda. Buah lemon misalnya. Ganti cara lama Anda dengan cara ini. Cukup menggosokkan sari atau perasan air lemon pada wajah Anda. Sari lemon terbukti efektif mengangkat kotoran serta bakteri yang memenuhi wajah kita setelah seharian beraktifitas.

18. Manfaat Buah Lemon untuk Mencerahkan kulit

Kandungan asam yang terdapat dalam sari atau perasan buah lemon bias menghilangkan noda hitam yang nampak pada wajah Anda. Asam yang terkandung dalam sari lemon juga terbukti mencerahkan wajah Anda serta membuat kulit wajah Anda nampak lebih segar. Namun jangan gunakan tips ini jika terdapat luka pada kulit wajah. Karena kandungan asam pada lemon bisa membunuh antibakteri yang sedang memperbaiki kulit yang terluka itu. Tentunya jika terkena luka, akan terasa sangat perih.

19. Manfaat Buah Lemon untuk Menyeimbangkan pH di dalam tubuh

Lemon sebenarnya bersifat basa. Pada tubuh manusia cenderung memiliki sifat asam. Sehingga mengkonsumsi lemon hangat membuat pH asam di dalam tubuh berkurang. Stamina manusia akan bertambah jika pH di dalam tubuh dalam keadaan seimbang.

20. Manfaat Buah Lemon untuk Membuat nafas segar

Lemon membuat nafas kita terasa segar. Aroma lemon terbukti mengangkut aroma tak sedap dalam mulut. Namun jangan sering berkumur menggunakan air lemon, selain menyegarkan mulut lemon juga bias merusak email gigi. Buah ini merupakan solusi tepat bagi Anda yang mengalami masalah bau mulut.

21. Manfaat Buah Lemon untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Lemon sangat baik untuk kesehatan rambut. Kandungan dalam lemon sangat baik untuk merawat kesehatan kulit kepala dan juga rambut. Manfaat lemon untuk rambut sangat banyak, diantaranya yaitu dapat mengatasi rambut rontok. Rambut rontok biasanya disebabkan oleh ketombe dan kerusakan pada akar.
Dengan menggunakan lemon, Anda bisa menghilangkan ketombe dan menguatkan akar rambut. Cara menggunakannya sangat mudah, gunakan air lemon untuk masker sebelum keramas. Usapkan air lemon rata pada rambut sambil dipijat, diamkan 5 sampai 10 menit kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan setiap sebelum keramas.

22. Manfaat Buah Lemon untuk Diet

Air perasan lemon juga sangat bermanfaat untuk mengurangi berat badan. Manfaat lemon untuk diet masih dianggap mitos, padahal ini adalah fakta. Lemon bisa membantu memperlancar metabolisme tubuh. Untuk menggunakan lemon sebagai penurun berat badan, caranya sangat mudah campurkan jus lemon dengan sedikit madu dan air, minum dua kali sehari, pagi hari dan siang hari.
Bagaimana? Amazing bukan? Memang, buah lemon sangat luar biasa sekali dan bermanfaat untuk kita. Itulah 22 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan yang perlu kita ketahui, semoga bermanfaat. Baca juga 8 Khasiat Buah Cermai untuk Kesehatan dan Mengobati Penyakit.

Sumber: 
1. http://manfaat.co.id/11-manfaat-lemon-untuk-kesehatan-dan-perawatan-kecantikan
2. http://manfaatnyasehat.com/manfaat-lemon-untuk-kesehatan/
3. http://disehat.com/manfaat-lemon-untuk-rambut-kulit-diet-dan-maag/ 

Artikel menarik lainnya: