12 Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan

12 Manfaat Buah Bit bagi KesehatanAnda sedang mencari apa manfaat buah bit bagi kesehatan? Buah ini mungkin terlalu dikenal masyarakat luas. Namun, kalau soal manfaat, hmm ada banyak sekali. Buah ini termasuk buah yang wanted bagi mereka yang mengetahui mengenai khasiatnya bagi kesehatan. 

Kira-kira apa saja kandungan nutrisi buah bit? Buah ini mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting, diantaranya: 

  • Asam Folat 34%, Fungsi : Menumbuhkan dan mengganti sel-sel yang rusak.
  • Kalium 14,8%, Fungsi : Memperlancar keseimbangan cairan di dalam tubuh.
  • Serat 13,6%,
  • Vitamin C 10,2%, Fungsi : Menumbuhkan jaringan dan menormalkan saluran darah.
  • Magnesium 9,8%, Fungsi : Menjaga fungsi otot dan syaraf.
  • Triptofan 1,4%,
  • Zat Besi 7,4%, Fungsi : Metabolisme energi dan sistem kekebalan tubuh.
  • Tembaga 6,5%, Fungsi : Membentuk sel darah merah.
  • Fosfor 6,5%, Fungsi : Memperkuat tulang.
  • Caumarin yang berfungsi untuk mencegah tumor.
  • Betasianin sebagai pencegah kanker.
Wow, banyak sekali bukan? Buah ini termasuk ke dalam umbi-umbian, jadi yang dimanfaatkan sebagai herbal adalah akarnya. Anda bisa mendapatkan manfaat buah ini dengan cara membuatnya sebagai jus. Adapun kandungan nutrisinya seperti: gula alami, sodium, potassium, fosfor, kalsium, magnesium, sulfur, klorin, iodine, zat besi, copper, vitamin B1, B2, C dan P. 

Selain untuk jus, anda juga bisa mengasup bit dengan cara direbus sebentar untuk  salad, atau dibuat pure (dihaluskan) untuk sup, dan lain-lain. Yang perlu diperhatikan, apabila pada buah-buahan kulitnya dianjurkan untuk disantap, pada akar bit, kulitnya sebaiknya dibuang Bit kaya akan karbohidrat ( dalam bentuk gula dengan sedikit kandungan protein dan lemak ),  yang mudah menjadi energi serta zat besi yang membantu darah mengangkut oksigen ke otak. Bit berwarna merah, warna ini disebabkan oleh gabungan pigmen ungu betasianin dan pigmen kuning betasantin.

Walaupun mengandung karbohidrat, kalorinya rendah. Jadi jangan kuatir, menyantap bit tidak akan menaikkan berat badan Anda. Dalam mengasup jus bit, sebaiknya akar bit dicampur dengan buah atau sayur lainnya, karena akar bit saja bisa membuat tali pita Anda kaku dan sulit bicara dalam waktu tertentu, kecuali Anda minum jus murni dari akar bit organik yang justru akan menyembuhkan kekakuan/kelumpuhan pada pita suara (http://en.wikipedia.org/wiki/Beet).

12 Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan


Ada yang beranggapan bahwa jus bit adalah jus yang terbaik untuk kesehatan karena mengandung Kandungan bit menyeimbangkan kadar basa dan asam, sehingga sangat bagus bagi keseimbangan tubuh kita.

Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan 

1. Sebagai Obat hati, Pembersih alami untuk ginjal dan kandung empedu. 

Manfaat pertama dar buah bit adalah sebagai obat hati, pembersih alami ginjal dan kandung empedu, selain itu juga dapat membersihkan dan menetralkan racun di dalam tubuh . Melawan infeksi dan radang serta mengatasi masalah batu ginjal.

Kombinasi jus bit, wortel dan ketimun, adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan ginjal dan kandung empedu dari racun yang tertimbun di kedua organ penyaring tersebut

Bit juga bermanfaat untuk detoksifikasi (pembuangan racun) dan pembersihan isi perut kita, serta masalah wasir.

Bersama ini campuran yang bisa Anda gunakan untuk membuat jus untuk detoks:

1 buah apel, 1 buah pir, ½ buah bit ukuran besar: di masukkan ke alat pembuat jus.
Lalu aduk 2 sdm pysllium husks (bisa beli di toko makanan sehat dan toko organik)
Segera diminum. Psyllium husk adalah serat yang apabila dicampur dengan air bisa mengembang seperti agar-agar. Fungsinya membawa ‘sampah’ di usus besar untuk dikeluarkan dengan lebih cepat.

½ bit ukuran sedang dan 1 buah ketimun ukuran kecil di masukkan ke alat
pembuat jus. Tambahkan 1 ½ cangkir soda water. Lalu beri perasan air jeruk nipis atau lemon.

Selain membuat jus dari campuran bit dan buah lainnya, cobalah merebus bit satu buah ukuran sedang yang diiris-iris. Lalu airnya diminum sebelum tidur sebanyak satu gelas. Air rebusan bit ini akan membantu gerakan otot perilstatik, sehingga keesokan harinya buang air besar lancar.

2.  Menghancurkan sel tumor dan sel kanker

Jus bit kaya sekali akan kandungan oksidan yang dibutuhkan oleh para pasien dengan masalah kanker.

Bersama ini ada jus khusus untuk mengatasi pasien kanker:

Jus Super –Antioksidan.
2 wortel ukuran sedang dicincang, ½ bit ukuran sedang dicincang, 2 batang selederi lokal atau 1 batang selederi impor, 30 gram bayam dan 4 batang parsley. Semuanya dijus dan segera diminum

3. Memperkuat fungsi darah

4. Memperkuat Sistem peredaran darah dan sistem kekebalan

5. Mengatasi anemia dan memproduksi sel-sel darah merah .

Bit yang berwarna kemarahan ini dihubungkan dengan warna darah manusia, sehingga dipakai untuk mengatasi masalah anemia. Sebenarnya yang mengatasi anemia adalah kandungan zat besinya yang cukup tinggi, yang mengaktifkan kembali dan meregenarasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.

Cara membuat jus untuk pengobatan anemia: 
a.   Cuci buah bit 
b.   Kupas kulitnya
 c.   Potong dan masukkan dalam blender atau diparut 
d.   Kemudian peras ambil airnya (untuk 1 gelas) 
e.   Tuangkan ke dalam gelas dan siap diminum

Mengkonsumsi jus bit, menurut peneliti, bisa membantu Anda berolahraga lebih lama tanpa rasa capek. Selain itu, setengah liter jus bit sehari efektif untuk menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kesehatan.
 Just bit, terang peneliti, menunjukkan hasil yang mencengangkan karena manfaatnya melebihi rutinitas olahraga teratur di bawah pengawasan pelatih profesional. Dan meskipun rasanya mungkin tidak bisa memuaskan selera Anda, dampaknya bisa dirasakan oleh semua orang.

6. Menurunkan kadar kolesterol

7. Memberi tenaga dan menyeimbangkan tubuh. 

Selain itu minum jus bit akan meningkatkan stamina
Minum jus bit  bisa membantu orang berolah raga lebih lama 16% disebabkan oleh kandungan nitratnya mengurangi pengeluaran/pembakaran oksigen dalam olah raga, sehingga rasa capai yang disebabkan oleh olah raga berkurang (Penelitian di Inggris: Univ. of Exeter; BBC News, 6 Agustus, 2009). Karena itu minum jus yang dicampur bit pada malam hari bisa dipakai sebagai jus tonik asmara, menambah enerji dan melancarkan aliran darah. 

8. Masalah pencernaan

Bila Anda mengalami masalah pencernaan, rasa mual dan nyeri, diare, disentri, bisa minum jus bit yang dicampur wortel dengan satu sendok makan jus lemon atau jeruk nipis. Minum jus bit yang dicampur dengan satu sendok makan madu di pagi hari sebelum sarapan akan membantu mengurangi masalh ‘sebah’ di perut. Daun bit juga bermanfaat menanggulangi sakit demam kuning dan pencernaan. Cukup sekali sehari.

 9. Mengatasi masalah ketombe

Untuk mengatasi masalah ketombe yang membandel, cobalah merebus bit dengan sedikit cuka alami (apple cider vinegar). Lalu dioles-oleskan dan dipijat lembut ke kulit kepala. Biarkan semalaman dibungkus dengan handuk. Keesokan harinya bilaslah dan keramaslah bersih-bersih.

10. Pewarna makanan alami

Kandungan betaninnya yang menghasilkan warna merah cemerlang dipakai untuk pewarna alami makanan, misalnya es krim, mewarna telur paskah, jeli, dan lain sebagainya.

11. Gradasi warna burgundy pada pewarnaan rambut

Bila Anda akan mewarnai rambut Anda dengan bubuk henna, cobalah pilih warna hitam dan kemudian dicampur dengan jus akar bit merah. Hasilnya, rambut Anda akan hitam dengan gradasi burgundy dan alami. Lebih sehat dan tetap cantik alami.

12. Menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung, dan pembuluh darah

Para ahli di Inggris dan di Amerika Serikat menyarankan penderita hipertensi untuk minum 500 ml jus bit setiap hari. Telah terbukti secara nyata minum jus dari umbi bit ini menurunkan hipertensi . Kandungan nitratnya yang juga terdapat pada sayur berdaun hijau, menurunkan tekanan darah.

 Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan juga Peninsula Medical School menyarankan untuk cara murah ini untuk menurunkan hipertensi.

Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, bahwa minum jus bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung. .Dari percobaan menunjukkan tekanan darah menurun dalam waktu 1 jam setelah minum jus bit. Tiga sampai 4 jam setelah minum jus bit, penurunan tetap berlanjut dan bisa diamati sampai dalam waktu 24 jam. (BBC News, 6 Feb. 2008).

Bagaimana? Itulah 12 Manfaat buah bit bagi kesehatan yang bisa anda peroleh, Semoga bermanfaat. Baca juga Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan.