19 Manfaat Buah Kersen/Ceri untuk Kesehatan

19 Manfaat Buah Kersen/Ceri untuk Kesehatan | Apa nama buah kersen masih terdengar asing di telinga anda? Buah ini ibeberapa daerah memiliki nama yang berbeda-beda, ada yang menyebutnya bauh seri, buah ceri, baleci (Madura), talok, dan masih banyak lagi, kalau daerah anda apa namanya? Buah ini berukuran sangat kecil namun memiliki rasa khas, manis. dan tekstur bagian dalam seperti berpasir. Buah yang masak biasanya berwarna kunig atau merah dan ditandai dengan tekstur buahnya yang lembut saat dipencet. Kita bisa menemukan buah ini dengan mudah dipinggiran jalan atau sekitar pekarangan rumah karena tumbuhan ini biasanya dijadikan sebagai pohon peneduh. 

Dibalik rasanya yang manis dan ukurannya yang super mini ternyata terdapat khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan kita. Apa saja kira-kira manfaat buah kersen/Seri untuk kesehatan? Berikut ini kami bagikan beberapa khasiat buah kersen/Seri untuk Kesehatan yang perlu kita ketahui:

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

19 Manfaat Buah Kersen Ceri untuk Kesehatan

1. Antibakteri

Sifat antibakteri buah kersen ini snagat bermanfaat untuk tubuh kita. Dengan demikian tubuh kita menjadi lebih kuat dari serangan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit tertentu. Para peneliti menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam buah kersen.

2. Antioksidan

Selain antibakteri, buah kersen juga mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Antioksidan bertugas untuk menguatkan sistem imun tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

3. Antiseptik

Rebusan daun kersen dapat membunuh mikroba atau bisa digunakan sebagai antiseptik. Daun kersen terbukti bisa membunuh bakteri, termasuk: C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil. Sifat anti-bakteri itu berasal dari senyawa yang terkandung dalam daun kersen, seperti tanin, flavonoid dan saponin.

4. Anti-inflamasi

Rebusan daun kersen juga memiliki sifat anti-inflamasi (anti-peradangan) dan juga dapat menurunkan demam.

5. Anti-tumor

Daun kersen juga dilaporkan memiliki efek anti-tumor. Kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

6. Mengobati asam urat

Di Indonesia, buah kersen sering digunakan untuk mengobati asam urat. Buah kersen juga terbukti dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat.

7. Melindungi jantung

Ekstrak daun kersen juga diketahui dapat melindungi miokardium yang berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium.

8. Kram perut

Bunga kersen dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik dan untuk mengobati kram perut. Anda hanya perlu merebus buang kersen dan meminum airnya.

9. Anti-kanker

Salah satu studi menemukan adanya sifat anti-kanker pada pohon kersen, dengan ditemukannya flavonoid sitotoksik baru pada akar kersen.

Selain, 9 manfaat di atas, buah kersen juga dapat mengatasi berbagai penyakit, seperti: 
  1. Mengobati asam urat
  2. Menyembuhkan diabetes
  3. Meredakan gejala flu
  4. Mengatasi kejang atau kaku di bagian saluran pencernaan akibat gastritis dan diare
  5. Menurunkan tekanan darah tinggi
  6. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  7. Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak  mudah sakit
  8. Meredakan sakit kepala
  9. Kandungan air pada buah kersen dapat mengembalikan kelembaban alami kulit sehingga kulit akan terus terlihat segar
  10. Mencegah dan menyembuhkan batuk

Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan



Tanaman buah kersen tak hanya bermanfaat di bagian buahnya saja. Daun tanaman kersen juga tak kalah berkhasiatnya dengan buah kersen. Daun tanaman kersen dapat diolah menjadi teh yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh.
Cara pembuatannya cukup tidak sulit, cukup dengan mengeringkan daun kersen lalu seduh dengan air panas. Air panas yang tadinya bening akan berubah seperti air teh pada umumnya. Silahkan anda minum sehari dua kali untuk menurunkan tekanan darah tinggi, bagi yang menderita hipertensi.

Pengolahan Buah Kersen

Anda bisa mengkonsumsi buah ini secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu untuk merasakan manfaatnya, namun anda juga bisa mengolah buah ini terlebih dahulu sebagai sirup. Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti :
  • Buah kersen yang matang
  • Kayu manis
  • Gula pasir
  • Garam
  • vanilla
Jangan lupa siapkan alat-alat yang diperlukan untuk membuat sirup  buah kersen (botol untuk mengemas sirup), saringan, panci, penumbuk, dan ember.
Kemudian cara pembuatannya seperti berikut ini :
  1. Cuci bersih buah kersen matang dengan menggunakan air bersih yang mengalir
  2. Pisahkan kulit dan daging buah kersen. Ada cara  mudah untuk memisahkan kulit dan daging buah kersen, yaitu dengan menumbuknya terlebih dahulu lalu rebus.
  3. Ketika buah kersen sedang direbus, tambahkan gula pasir, garam, kayu manis, dan vanila. Perbandingan antara gula pasir dan buah kersen adalah 2:1
  4. Setelah mendidih, saring dengan menggunakan saringan agar air dan ampas terpisah.
  5. Setelah dingin, tuangkan air rebusan buah kersen ke dalam botol lalu tutup rapat.
  6. Sirup buah kersen pun sudah jadi dan siap dibuat sebagai minuman segar atau untuk dijadikan topping kue dan desert lainnya.
Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Itulah 19 Manfaat Buah Kersen/Ceri untuk Kesehatan baca juga 16 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan.