17 Manfaat Buah Bengkoang untuk Kecantikan Alami dan Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Bengkoang - Bengkoang merupakan salah satu buah-buahan yang tumbuh subur di daerah dingin, terutama daerah dataran tinggi. Bengkuang merupakan buah yang banyak dijadikan sebagai bahan dasar produk kecantikan. Siapa yang tidak kenal citra? Salah satu produk kecantikan kulit ini berbahan dasar bengkuang.

Hal ini dikarenakan bengkuang mengandung vitamin E yang sangat baik untuk menjaga cantikan kulit anda. Buah ini memiliki nama Latin Pachyrhizus Erosus, biasanya dinikmati sebagai rujak, asinan, masker wajah atau dikonsumsi langsung.

Ada banyak manfaat buah bengkoang untuk kecantikan dan kesehatan. Berikut ini beberapanya yang harus anda ketahui.

Manfaat Buah Bengkoang

Manfaat Bengkuang untuk Kecantikan Alami dan Kesehatan Tubuh

1. Manfaat Bengkoang untuk mencerahkan kulit 

Manfaat buah bengkoang yang pertama adalah untuk mencerahkan kulit dan wajah, manfaat buah bengkoang yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Ada banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan bengkoang sebagai bahan dasarnya.
Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B1 dan vitamin C yang terdapat di dalamnya. Kedua vitamin ini bekerja bersamaan untuk menyehatkan dan menjadikan tampilan kulit lebih cerah berseri. Untuk mencerahkan wajah dengan bengkoang, Anda bisa memanfaatkannya untuk masker. Kupas bengkoang segar, kemudian parut sebagian. Gunakan parutan daging buah bengkoang ini sebagai masker wajah.

Atau, anda juga bisa membuat masker bengkuang yang dijemur, caranya adalah parut bengkoang secukupnya dan jemur hingga kering, kemudian campurkan dengan air mawar dan buat masker wajah. Gunakan masker ini sebagai olesan pada wajah anda.

2. Manfaat Bengkoang untuk mengurangi bintik hitam wajah 

Manfaat buah bengkoang yang kedua adalah untuk mengurangi atau menghilangkan bintik hitam di wajah. Jika anda memiliki masalah dengan salah satu tanda penuaan dini yang satu ini, anda bisa menggunakan masker bengkoang sebagai solusinya.
Cara membuat masker bengkuang juga tidaklah sulit, kupas bengkoang secukupnya, lalu tempelkan masker ini pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan di ikuti dengan air dingin. Lakukan hingga 3 kali dalam seminggi atau 4 kali. 

3.Manfaat Buah Bengkoang untuk Penderita Diabetes Mellitus

Selain dua manfaat buah bengkoang untuk kecantikan di atas, siapa sangka ternyata buah ini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Serat yang terdapat dalam bengkuang berfungsi menurunkan gula darah, karena akan diserap pencernaan secara tidak semua diubah menjadi glukosa. Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, Buah bengkuang dapat di konsumsi dengan cara di jus atau diparut kemudian disaring di ambil sarinya dan di minum setiap hari pada pagi dan sore hari.

4. Manfaat Buah Begkoang untuk Mengobati Sariawan

Buah bengkoang juga bermanfaat untuk mengobati sariawan. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dalam bengkuang berfungsi sebagai antioksidan bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Untuk Memanfaatkan bengkuang sebagia obat sariawan ini dapat di lakukan dengan cara di buat jus dan tamhakan madu 1 sendok makan kemudian ketika minum ramuan buah ini tahan beberapa detik di dalam mulut lalu telan.

5. Manfaat Buah Bengkoang untuk Menurunkan Kolesterol

Kabar gembira untuk anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, ternyata buah bengkuang juga mampu membantu menurunkan kolesterol dalam darah, hal ini di sebabkan karena adanya kandungan air dan serat yang tinggi dalam buah bengkuang. Selain serat dan kadar air tinggi, kandungan vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang membantu pengurangan kadar kolesterol.

6. Manfaat Buah Bengkoang untuk Mengurangi Produksi Asam Lambung

Anda penderita maag? Ahli Naturopathic menyarankan untuk mengkonsumsi Bengkuang dalam keadaan segar. Hal ini karena sifat umbi yang dingin dan alkali, sehingga lebih cepat menyerap asam lambung yang berlebih .

7. Manfaat Buah Bengkoang untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Buah bengkoang juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dikarenakan beberapa fitonutrien yang ditemukan dalam bengkuang bisa meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga terhindar dari serangan berbagai infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan mikroorganisme berbahaya lainnya.

8. Mangaat Buah Bengkoang untuk Menghentikan diare

Anda menderita diare? Pasti cukup menyiksa bukan? Anda bisa menghentikan diare dengan menggunakan buah bengkoang. Hal ini dikarenakan kandungan serat di dalamnya, caranya cukup dengan mengkonsumsi buah bengkuang secara langsung.

9. Manfaat Buah Bengkoang untuk Memperlancar Pencernaan

Buah bengkoang juga bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, hal ini dikarenakan kandungan serat pada buah ini. Saat tubuh kekurangan serat akan menyebabkan susah buang air besar yang dapat berakibat konstipasi.

10. Sumber fitoestrogen Alami

Buah bengkuang juga mengandung estrogen, yang baik di konsumsi untuk wanita yang telah memasuki masa menopause. Dengan demikian keluhan yang umum pada masa menopause bisa dihindari, sehingga tubuh menjadi lebih segar dan lebih menarik .

11. Manfaat Buah Bengkoang untuk Mengobati Wasir

Selain menyehatkan pencernaan, buah bengkoang juga bermanfaat untuk mengatasi wasir. Lagi-lagi hal ini dikarenakan kandungan serat di dalamnya. Manfaat serat membantu memperlancar saluran pencernaan, sehingga BAB menjadi lebih mudah dan tidak menimbulkan rasa sakit. Dengan demikian, wasir akan semakin mudah dan cepat untuk disembuhkan dengan pengobatan. Untuk mengatasi wasir, buat dalam bentuk jus dan minum setiap bangun tidur di pagi hari.

12. Manfaat Bengkoang untuk Mengobati Demam

Jika anda atau anak anda mengalami demam, coba gunakan buah bengkoang. Bengkuang mengandung senyawa kimia yang berkhasiat untuk mendinginkan dan menurunkan demam. Umbi bengkuang dapat dimakan secara langsung atau dibuat menjadi jus dan minum pagi dan sore .

13. Manfaat Buah Bengkuang untuk Mengatasi eksim

Salah satu penyakit eksim cukup banyak dijumpai. Ternyata, bengkoang dapat mengatasinya. Caranya sangat mudah, yaitu konsumsi bengkoang empat kali seminggu secara rutin.

14. Manfaat Buah Bengkoang untuk Mengobati batu ginjal dan empedu

Potasium dan fosfor yang terkandung didalam buah bengkuang adalah zat yang sangat bagus bagi tubuh terutama untuk ginjal dan empedu, jadi saat anda mengalami masalah pada batu ginjal atau empedu mengkonsi buah bengkuang adalah salah satu alternatif yang dapat kita ambil untuk mengobatinya. namun demikian, konsultasi kedokter juga perlu kita lakukan.

15. Mencegah penuaan dini

Buah ini ternyata salah satu buah yang tinggi kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang menjadikan kulit lebih cepat menua. Tidak perlu repot dan susah payah kita langsung dapat mengkonsumsinya secara rutin setiap hari buah begnkuang ini untuk mendapatkan manfaatnya.

16.  Mendinginkan kulit

Gunakan masker dari bengkoang parut di kulit tubuh dan wajah yang terkena sinar matahari. Anda bisa mendinginkan irisan buah bengkoang di dalam lemari es terlebih dahulu sebelum memarutnya.

17. Menjadikan kulit sehat

Kandungan vitamin B1, vitamin C, dan berbagai mineral penting dalam bengkoang bisa menjadikan kulit Anda lebih sehat dan segar. Konsumsi buah bengkoang segar atau jus bengkoang yang tidak ditambahkan pemanis atau susu secara teratur untuk mendapatkan kulit yang segar bercahaya alami.

Perhatian : Jangan mengkonsumsi biji buah buah bengkuang(yang mirip dengan kacang), karena mengandung toksin dan  biasa digunakan untuk membasmi serangga. Yang sehat dikonsumsi adalah umbinya, tidak termasuk biji buah.

Cara Membuat Bedak Bengkoang

Manfaat lain yang tak pernah terbayangkan dari bengkoang adalah membuat bedak dingin yang mneyegarkan dari bengkoang. Berikut kami berikan cara membuat bedak dingin dari bengkoang.

Bahan-bahannya adalah:
  • 1 sdm perasan jeruk nipis
  • 100 gram tepung beras
  • Dua buah bengkoang yang sedang
Cara membuat bedak bengkoang yang menyegarkan:
  1. Langkah pertama adalah membersihkan bengkoang dan kemudian parut buah bengkoang hingga halus,
  2. Saring bengkoang dengan airnya, dan diamkan selama 3-4 jam agar sari bengkoang mengendap didasar wadah.
  3. Ambil sari bengkoang atau pati bengkoang, campurkan dengan tepung beras dan jeruk lemon
  4. Tambahkan wangian seperti bunga mawar, daun pandan, daun suji
  5. Kemudian bentuk menjadi bulatan-bulatan dan pipihkan dan keringkan bulatan tadi hingga dua jam
  6. Demikian cara membuat bedak dingin, kalau ingin digunakan maka pakai bulatan ini dengan dilarutkan dalam air dingin
Baca juga 3 Manfaat Minyak Buah Alpukat untuk Kesehatan.
loading...