3 Manfaat Minyak Buah Alpukat untuk Kesehatan

Sebelumnya admin sudah berbagi mengenai 31 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan kecantikan yang sangat luar biasa. Sebaiknya anda baca karena berisi fakta kesehatan yang sagant luar biasa. Selain enak alpukat memberikan kita beraneka khasiat yang beragam yang dapat menyehatkan tubuh dan menjaga kecantikan kita.
Nah, selain dimanfaatkan sebagai jus, alpukat juga dapat diolah menjadi minyak, lebih sering dikenal minyak alpukat yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kita. Sebagaimana kita ketahui, alpukat mengandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan kita, seperti vitamin E yang tinggi, protein, kalium yang lebih tinggi daripada buah pisang, serta mengandung lemak tak jenuh. 
Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat minyak alukat untuk kesehatan yang harus anda ketahui.

Manfaat Minyak Buah Alpukat untuk Kesehatan

3 Manfaat Minyak Buah Alpukat untuk Kesehatan


Manfaat Minyak Alpukat Bagi Penyerapan Nutrisi dan Tekanan Darah 

Manfaat munyak alpukat yang pertama adalah dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap karotenoid yang terdapat dalam makanan. Karotenoid adalah senyawa yang larut dalam lemak dan sangat bergantung dengan keberadaan lemak. Dan sayangnya, banyak sekali makanan yang tinggi kandungan karotenoid namun sangat rendah lemak. Minyak alpukat yang tinggi kandungan asam lemak tak jenuh sangat baik untuk mengatasi ini. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menambahkan minyak alpukat pada makanan dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap alpha-karoten, beta-karoten, dan lutein hingga 15 kali lebih banyak daripada yang tanpa minyak alpukat.

Sebuah jurnal medis yang diterbitkan pada April 2005 menuliskan jika minyak alpukat dapat menurunkan tekanan darah. Penelitian dilakukan di laboratorium dengan menggunakan hewan percobaan. Hewan yang rutin diberi makanan yang mempunyai kandungan tinggi minyak alpukat menunjukkan perubahan pada tingkat asam lemak esensial di ginjalnya. Hal ini menyebabkan ginjal memberikan respon yang berbeda pada hormon yang mengatur tekanan darah. Minyak alpukat juga mempengaruhi penyerapan asam lemak pada hati. Hal diatas membuat para peneliti menarik kesimpulan awal jika diet yang disertai dengan mengkonsumsi minyak alpukat dalam jumlah besar dapat memperbaiki tekanan darah. 

Minyak Alpukat Untuk Radang Sendi dan Penyakit Gusi 

Kombinasi dari ekstrak minyak alpukat dan minyak kedelai telah mendapatkan status sebagai obat yang diresepkan oleh dokter di Perancis, dan produk ini telah dipasarkan di Denmark sebagai suplemen anti-inflamasi dan bermanfaat untuk perbaikan serta merangsang pertumbuhan tulang rawan. Setidaknya ada 4 penelitian berkualitas tinggi yang berhasil membuktikan jika kombinasi minyak alpukat dan minyak kedelai dapat mengobati gejala osteoarthritis pada pinggul dan lutut.

Masih berhubungan dengan kombinasi minyak alpukat dan minyak kedelai yang bermanfaat sebagai agen anti-inflamasi (anti peradangan). Campuran kedua minyak tersebut juga ternyata efektif untuk mengatasi masalah gusi. Pada penelitian kultur jaringan ligamen gusi dan sel-sel tulang, campuran minyak ini mengurangi peradangan dengan cara menghambat molekul sitokin pro-inflamasi. Dari sini para peneliti menarik kesimpulan jika minyak alpukat dan kedelai dapat membantu pencegahan erosi tulang yang terkait dengan penyakit periodontal. 

Khasiat Minyak Alpukat Bagi Penyakit Psoriasis 

Berdasarkan sebuah penelitian yang sudah diterbitkan dalam jurnal medis, psoriasis memberikan respon yang baik terhadap minyak alpukat dan vitamin B12. Para pasien psoriasis diminta untuk menggunakan krim vitamin B12 dan minyak alpukat selama 12 minggu. Hasilnya sangat baik dan menunjukkan perubahan yang signifikan, dan ini terus berlangsung selama masa penelitian. Hasil berbeda ditunjukkan oleh pasien yang menggunakan krim vitamin E. Dalam 4 minggu pertama memang menunjukkan efek yang bermanfaat, namun setelah itu efeknya kembali menurun. Dari sini para peneliti menarik kesimpulan jika minyak alpukat dan vitamin B12 dapat dijadikan sebagai pengobatan topikal jangka panjang untuk mengatasi psoriasis.


Baca juga Khasiat Santan Kelapa untuk Kesehatan.
loading...