16 Manfaat Buah Berenuk untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Buah Berenuk - Nama buah berenuk mungkin masih terdengar asing di sebagian telinga masyarakat kita. Memang, buah yang satu ini bukan berasal dari negara kita, melainkan dari negeri paman sam Amerika.
Buah yang sekilas memang mirip dengan buah maja, namun memiliki ukuran yang jauh lebih besar. Buah berenuk ini bisa kita jumpai dengan mudah di kawasan Mojokerto, bahkan tidak tanggung-tanggung, buah berenuk ini dijadikan sebagai ikon atau maskot kota Mojokerto.
Manfaat Buah Berenuk untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Buah Berenuk untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Buah berenuk memiliki rasa yang pahit, sehingga bukan merupakan buah yang dapat dikonsumsi secara langsung, melainkan harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Buah ini juga sudah dikenal luas sebagai salah satu buah yang dapat diolah menjadi aneka obat herbal yang berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit.
Sebelum kita bahas lebih jauh tentang manfaat buah brenuk untuk kesehatan, ada baiknya kalau kita mengetahui kira-kira apa saja kandungan nutrisi di dalam buah brenuk ini. 

Kandungan Nutrisi Buah Berenuk

Ternyata buah berenuk mengandung cukup banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Diantaranya seperti magnesium, fosfor, kalsium, kalium, natrium, karbohidrat, tiamin, riboflavin, niasin, vitamin E, C, E, saponin, dan juga flavonoid. Berdasarkan semua kandungan mineral dan vitamin tersebut, maka tak heran lagi jika buah berwarna hijau ini sangat cocok untuk menyehatkan tubuh Anda. Anda bisa mengkonsumsi buah ini dengan diolah kembali kemudian ditambah madu alami agar lebih enak saat dikonsumsi.

Manfaat Buah Berenuk

Sekarang mari kita bahas satu persatu apa saja manfaat buah berenuk ini. Berikut ini Manfaatbuahkesehatan rincikan untuk anda, diantaranya adalah:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah berenuk yang pertama adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Hal ini akan membuat tubuh kita tahan menghadapi berbagai serangan bibit penyakit maupun perubahan cuaca.

2. Anti oksidan

Manfaat buah berenuk selanjutnya adalah karena kandungan anti oksidan alami. Buah ini mengandung vitamin C yang bisa digunakan sebagai pelindung tubuh dari efek radikal bebas. Tubuh Anda pun tidak terkena efek negatifnya.

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat buah berenuk selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh kita. Kandungan serat di dalamnya dapat menjaga kesehatan pencernaan tubuh kita. 

4. Mengatasi hipertensi

Selanjutnya, buah berenuk juga bermanfaat untuk mengatasi hipertensi. Buah ini tidak mengandung senyawa yang akan mempengaruhi tekanan darah di tubuh Anda. Justru, penyakit hipertensi bisa dicegah dengan mengonsumsi buah ini.

5. Obat diare

Anda menderita diare? Nah, buah berenuk ini juga bermanfaat untuk mengobati diare secara alami. Kandungan alami yang ada di dalam buah ini mengandung banyak gizi yang akan mengusir kuman penyebab diare di dalam saluran pencernaan Anda.

6. Meredakan asma

Manfaat buah berenuk selanjutnya adalah untuk mredakan asma. Buah ini punya senyawa yang bisa menyehatkan pernapasan, termasuk dalam mengatasi beberapa penyakit pernapasan.

7. Melancarkan kemih

Selanjutnya, buah ini juga bermanfaat untuk menyehatkan saluran kemih dengan cara membuatnya lebih lancar. Saluran kemih yang tidak lancar biasanya disebabkan karena gangguan kesehatan akibat kuman yang masuk ke dalamnya. Buah ini bisa menjadi anti kuman untuk mengatasinya.

8. Penurun panas demam

Anak anda menderita panas tinggi? Nah, buah ini bermanfaat untuk mengatasi demam karena buah ini punya sifat penurun panas yang alami untuk tubuh. Anda bisa memberikan buah ini yang dicampur dengan bahan lainnya untuk meredakan panas.

9. Baik untuk lambung

Buah berenuk juga baik untuk lambung kita.

10. Obat maag

Buah berenuk juga bermanfaat untuk mengobati maag. 

11. Obat Kulit & Luka

Slanjutnya, daun Buah Berenuk dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit gatal-gatal dan tapal untuk luka. Untuk fungsi ini, daun Berenuk dicampur dengan daun sirih dan kapur sirih.

Manfaat Buah Berenuk Lainnya


  • Obat penyakit bronchitis
  • Mengatasi flu
  • Pereda batuk
  • Mengeringkan luka
  • Menyehatkan tulang dan gigi

Cara Mengolah Buah Berenuk

Berikut ini beberapa cara pengolahan buah berenuk agar bisa kita ambil manfaatnya:
  • Buat seperti jamu godogan. Potongan daging buah, akar, kulit batang direbus, dan biarkan mendidih selama 20 menit. Kemudian air rebusan didinginkan dan siap diminum. Sebaiknya air diminum dalam kondisi hangat. Tambah dengan madu atau gula aren secukupnya. Rendaman air Berenuk bisa dipakai untuk obat penyakit demam, flu, pilek, bronkhitis dan asma. 
  • Buat Tapal. Daun Berenuk (bisa ditambah dengan daging buah, kulit batang dan akar) ditumbuk halus dalam Kemudian pasta yang dihasilkan ditapalkan ke kulit dan luka sampai kering.
Itulah 16 manfaat buah berenuk untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya juga. Selamat mencoba. Siam juga 29 Manfaat Buah Acai Berry untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami