15 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan, Diet dan Ibu Hamil yang Sangat Luar Biasa

Manfaat Buah Melon -Siapa sih yang tidak suka makan buah melon? Buah melon yang terkenal dengan rasanya yang manis, aroma khas yang wangi serta gurih membuat orang suka dengan buah yang masuk dalam suku labu-labuan (Cucurbitaceae) ini.
Buah melon sendiri memiliki nama latin Cucumis Melo L. Buah ini dapat diolah menjadi berbagai camilan dan miniman yang sehat dan segar. Berbagai sirup juga miniman juga banyak yang terbuat dari lemon. Selain segar, ternyata melon juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Ada banyak sekali manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh kita.
Manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh ini tidak terlepas dari kandungan Vitamain A, B, C, Kalsium, fosfor, karbohidrat, protein, lemak, dan masih banyak lagi kandungan yang ada di dalamnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kandungan nutrisi buah lemon:

Kandungan Gizi Buah Melon

NutrisiKandungan%RDA
Energi34 Kcal1.5%
Karbohidrat8.6 g6.5%
Protein0.84 g1.5%
Lemak0.19 g<1%
Kolesterol0 mg0%
Serat0.9 g2.25%
Manfaat Buah Melon
Manfaat buah melon

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

Sangat wajar sekali jika ada banyak manfaat buah melon untuk kesehatan, kandungan nutrisinya saja sangat lengkap. Nah, kira-kira apa saja manfaat buah melon? Berikut ini diantaranya:

1. Menyhatkan Gigi dan Tulang

Manfaat buah melon yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Vitamin C bermanfaat untuk memperbaiki tulang dan gigi kita.  Mengkonsumsi melon secara rutin dapat membuat gigi dan tulang kita menjadi lebih sehat dan kuat.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Selain bermanfaat untuk gigi dna tulang, kandungan vitamin A pada buah melon bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kita. Kandungan vitamin A yang tinggi pada buah ini akan membuat mata kita terhindar dari berbagai gangguan kesehatan mata seperti katarak, rabun dan sebagainya.

3. Memelihara Kesehatan Jantung

Kalium yang terkandung di dalam buah melon bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung kita. Selain itu juga dapat menurunkan tekanan darah serta mampu mengurangi berbagai dampak dari berbagai makanan bernatrium tinggi yang tak sengaja dikonsumsi yang mana akan memperburuk kesehatan organ jantung anda.

4. Mencegah Penyakit Kanker

Siapa sangka ternyata buah melon juga berkhasiat untuk menjaga tubuh kita dari serangan penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kandungan likopen yang tinggi di dalam buah melon. Likopen pada buah melon inilah yang akan membantu menangkal penyakit kanker.

5. Menyehatkan Kulit

Untuk menjaga agar kulit tetap halus dan kencang, mengkonsumsi buah melon bisa menjadi salah satu solusinya. Kandungan kolagen di dalam buah melon membuat kulit senantiasa terjaga kesehatannya serta lebih halus dan selalu kencang.

6. Memperlancar Pencernaan

Buah melon mengandung air dan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan tubuh kita. Dnegan rutin mengkonsumsi buah ini maka konstipasi atau susah BAB akan pergi menjauh.

7. Menyembuhkan Penyakit Ginjal

Tahukah anda, ternyata buah melon mengandung daya dierik yang cukup bagus, manfaatnya dapat membantu untuk menyembuhkan penyakit ginjal serta dapat juga penyembuhan penyakit eksimm

8. Mencegah Impotensi

Kabar gembira untuk pria dewasa, karena ternyata buah melon mengandung asam amino yang disebut citrulline yang dapat memproduksi arginine. Fungsi arginine adalah untuk meningkatkan aliran darah, terutama aliran darah yang menuju bagian organ seks.  Selain itu, arginine juga dapat dijadikan sebagai stimulator yang melebar pembuluh darah. Dan aliran darah menuju organ seks dapat berjalan dengan lancar.

9. Menurunkan Berat Badan

Sangat cocok untuk anda yang sedang mengalami kenaikan berat badan. Buah melon sangat cocok untuk anda jadikan sebagai buah diet anda. Buah melon mengandung sodium yang rendah, bebas lemak, bebas kolesterol dan rendah kalori. Selain itu efek makan melon akan membuat anda kenyang dan menunda/mengurangi lapar karena kandungan airnya sangat tinggi.
Tips memanfaatkan melon untuk diet :
  • Sediakan melon secara rutin di rumah
  • Ganti cemilan malam hari dengan konsumsi melon
  • Konsumsi satu-dua potong melon sebelum makan (agar anda tidak makan terlalu banyak)

10. Meredakan Mulas

Anda mengalami mulas? Mengkonsumsi buah melon dapat membantu anda mengurangi atau meredakan perut mulas. Hal ini dikarenakan buah melon memiliki kadar air hingga 90% memberikan efek menenangkan. Oleh karena itu, melon sangat bermanfaat untuk meredakan sakit maag dan mulas.

11. Membasmi Radikal Bebas

Kandungan buah melon berupa antioksidan flavonoid seperti beta-karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin bermanfaat untuk melindungi sel-sel dan struktur lainnya dalam tubuh dari radikal bebas. Kemampuan ini dapat membantu dalam hal perlindungan terhadap usus besar, prostat, payudara, endometrium, paru-paru, dan kanker pankreas.

12. Mencegah Penyakit Stroke

Selain dapat mencegah kanker, buah melon juga bermanfaat untuk mencegah stroke. Karena di dalam 100 g buah melon terdapat 267 mg elektrolit, kalium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Hal ini akan sangat membantu untuk mencegah terjadinya stroke dan tentu penyakit jantung.

13. Mencegah Serangan Jantung

Buah melon juga sangat baik untuk mencegah serangan jantung. Buah melon mengandung adenosine yang mampu mencegah dan menghentikan penggumpalan peredaran sel darah yang dapat berakibat serangan jantung dan bahkan penyakit stroke. Cara kerja adalah dengan cara melancarkan peredaran sel darah merah yang dapat mengurangi serangan jantung dan stroke.

14. Meredam Panas Dalam

Buah melon juga bermanfaat untuk meredam panas dalam. Hal ini tidak lain karena kandungan 95% air di dalam buah melon yang memberi efek sejuk bagi mereka yang mengkonsumsinya. Buah melon juga kaya kana vitamin A, B juga C. Dengan mengkonsumsi rutin maka tubuh Anda akan bugar sehingga penyakit panas dalam akan menjauh.

15. Manfaat buah melon untuk ibu hamil

Manfaat buah melon yang terakhir adalah untuk ibu hamil atau bumil. Karena buah melon kaya dengan kandungan air serta bisa menjadi smber energi yang baik dan sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena 7 dari 10 ibu hamil rawan merasa lemas dan tidak bertenaga karena kurangnya asupan makanan yang dapat menambah energi.
Bagaimana? Sangat banyak sekali ternyata manfaat buah melon bukan? Tidak ada salahnya kalau anda selalu menyediakan buah ini di rumah sebagai pengganti cemilan yang tidak sehat.
Demikianlah info seputar manfaat buah melon dari kami, semoga bermanfaat untuk pembaca semua, agar lebih bermanfaat lagi jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya, baca juga 13 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan