29 Manfat Buah Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Wajib Anda Ketahui

Manfat Buah Semangka - Buah semangka tentu sudah tidak asing lagi bagi kita masyarakat Indonesia. Buah yang kaya akan air ini menjadi salah satu buat favorit untuk melengkapi setiap acara yang ada. Baik itu acara formal ataupun acara yang non formal. Buah yang manis dan kaya air ini tidak hanya disukai oleh orang tua saja, tetapi juga oleh anak-anak.

Anda bisa menjadikan buah ini sebagai cemilan sehat keluarga. Kandungan airnya yang tinggi bisa mencegah dehidrasi dan memberikan kesegaran, apalagi kalau dimakan dalam kondisi cuaca terik, pastilah akan semakin nikmat rasanya.

Namun, siapa sangka buah yang memiliki namal Latin Citrullus lanatus ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan alami. Salah satu manfaat buah semangka yang jarang orang ketahui adalah ternyata buah semangka dapat kita gunakan sebagai pengontrol tekanan darah tinggi.

Masih ada banyak manfaat buah semangka yang lainnya yang layak untuk anda ketahui. Manfaat semangka ini tentu tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Nah, kira-kira apa sajakah kandungan nutrisi yang ada di dalam buah semangka?

Sebelum lebih jauh kita kupas seputar manfaat buah semangka, ada baiknya kalau dijabarkan terlebih dahulu kandungan nutrisi di dalamnya. Semangka sendiri merupakan sumber antioksidan fenolik yang juga kaya akan karotenoid, likopen dan E-cucurbitacin (sebuah triterpen fitonutrisi anti-inflamasi dan asam amino, citrulline). 

Kandungan Nutrisi Buah Semangka

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kandungan nutrisi tiap 100 gr buah semangka:
  • Kalori: Kandungan nutrisi dalam buah semangka yang pertama adalah kalori, dalam 100 gr buah semangka terdapat 30 kalori.
  • Karbohidrat: Dalam 100 gr buah semangka terdapat karbohidrat sebesar 7,5 gram Selain itu, buah semangka juga mengandung gula alami bernama fruktosa yang merupakan senyawa pencipta rasa manis pada daging buah.
  • Serat: Ternyata buah semagka juga mengandung serat yang bermanfaat untuk menyehatkan sistem oencernaan kita. Terdapat sekitar 0,4 gram dalam setiap 100 gr semangka.
  • Vitamin: Buah ini juga menjadi sumber vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita, dimana terdapat vitamin B6 (phridoksin), vitamin B1 (tiamin) dan vitamin C yang secara keseluruhan akan menyuplai kebutuhan vitamin tubuh harian mencapai 19% atau 569 mg.
  • Mineral: Selain sebagai sumber vitmain, buah semangka juga menjadi sumber mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Setidaknya semangka mengandung potassium, bahkan yang terbanyak terbanyak dibanding buah-buahan lain yang dapat membantu mengatur tekanan darah. Selain itu mineral lain yang terdapat dalam buah semangka adalah mangan, fungsinya untuk metabolisme dan membangun struktur tulang.
  • Likopen: Yang tidak kalah penting dari kandungan di atas, buah semangka juga mengandung likopen Setidaknya terdapat 4.532 mg likopen dalam 100 gr semangka. Jumlah ini jauh lebih tinggi dibanding jumlah 2.573 mg likopen dalam buah tomat
Manfaat Buah Semangka

Manfaat Buah Semangka

Jenis-Jenis Buah Semangka

Sebagain informasi saja, ada beberapa jenis semangka yang sebaiknya juga anda ketahui, berikut ini diantaranya:
1. Semangka Lokal
Memang semangka itu bukan asli dari indonesia namun telah dibudidayakan sudah lama sekali. Sehingga semangka tersebut sudah berubah sifat - sifatnya dan pertumbuhannya diadaptasikan dengan lingkungan setempat. Sayangnya semangka lokal ini memiliki kekurangan yaitu bijinya yang banyak dan rasanya yang kurang manis. Contoh jenis semangka lokal antara lain :
  • Semangka Bojonegoro
  • Semangka Hitam dari Pasuruan
  • Semangka Sengkaling dari Malang
2. Semangka Introduksi
Kalau yang ini benih semangkanya berasal dari luar negri. Pada umumnya semangka introduksi ini daya adaptasi dan daya tahan terhadap penyakitnya lebih unggul dari pada pada semangka lokal. Makanya semangka introduksi ini banyak sekali disebar dan di tanam diindonesia. Benih - benih semangkanya biasanya berasal dari jepang, amerika, Taiwan, Australia. Semangka - semangka itu dogolongkan menjadi beberapa jenis
  • Semangka Biasa, Varietasnya antara lain : Yamato (Buahnya Besar, Bulat, Kulitnya Hijau dan Dagingnya Merah), Sugar Suika (Buahnya Bulat, Bintik - bintik, Kulit Hijau Kekuningan, Dagingnya Merah dan Rasanya sangat Manis), Cream Suika (Buhnya Bulat, Kulit Hijau Muda Bergaris, Dagingnya berwarna kuning cream dan rasanya sangat manis).
  • Semangka Hibrida, Varietasnya antara lain : Sugar Baby (Buahnya bulat, kulit hijau tua, dagingnya berwarna merah namun mudah terkena penyakit), dan Charleston Gray (Buahnya semOblong, Kulitnya hijau kekuningan, Dagingnya merah dan manis kebal terhadap penyakit)
3. Semangka Hibrida Triploid
Kalau namem semangka ini enak banget soalnya semangka ini gak ada bijinya. Semangka ini disebut semangka triploid karena dihasilkan dari benih semangka jantan tetrapoloid (4n) dan betina diploid(2n) dan hasilnya jadi triploid kan ((4n+2n)/2=3n).

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

Nah, berikut ini beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan yang mesti anda ketahui, selamat membaca:

1. Obat Sariawan

Manfaat buah semangka yang pertama adalah untuk mengobati sariawan. Benjolan kecil yang muncul di lidah ataupun bibir bisa terjadi karena tubuh kekurangan asupan vitamin C yang cukup, serta kehilangan banyak cairan. Untuk mengobati sariawan, Anda bisa makan buah semangka atau minum jusnya. Kandungan vitamin C dan air dalam buah semangka membantu proses penyembuhan luka sariawan dengan membunuh bakteri di mulut serta mengatasi masalah bibir kering.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Selanjutnya, manfaat semangka untuk hipertensi juga tidak bisa di pandang sebelah mata. Pasalanya, penyebab stroke ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah semangka. Untuk menurunkan tekanan darah menjadi normal, butuh senyawa karetonid dari buah-buahan. Anda bisa dengan mudah menemukannya pada buah semangka, mekanismenya diawali dengan mencegah terjadinya pengerasan pada dinding arteri ataupun pembuluh vena sehingga tekanan darah berkisar di angka yang semestinya,

3. Obat Jerawat

Anda memiliki banyak jerawat di wajah? Jerawat sendiri disebabkan oleh polusi, kotoran, debu dan bakteri yang merusak kesehatan kulit wajah. Nah untuk mengatasinya anda bisa melakukan perawatan wajah sepulaang kerja sekitar 20 menit saja dengan buah semangka. Bagaimana caranya? Tempelkan cairan yang diperoleh dari jus semangka menggunakan kapas pada seluruh area wajah. Biarkan mengering selama 15 menit, kemudian bilas pakai air dingin.

4. Penghambat Resiko Penyakit Jantung

Buah ini juga dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A dan C yang terdapat di dalamnya. Tahukah anda? Dengan mengkonsumsi 180 gram semangka mampu menyediakan 17% kebutuhan vitamin A dan 21% kebutuhan vitamin C dalam tubuh manusia. Pada berbagai studi menyebutkan bahwa adanya asupan β-karoten dan vitamin C terbukti dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Pasalnya, kedua vitamin tersebut dapat mencegah timbulnya peradangan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

5. Menjadikan Tidur Lebih Nyenyak

Buah semangka juga bermanfaat untuk membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Pasalnya karbohidrat polisakarida yang ada di dalam buah semangka dapat meningkatkan kadar seretonin. Peningkatan kadar seretonin dalam tubuh ketika tidur di malam hari dapat mengurangi sensitifitas otak terhadap rangsangan yang mengganggu seperti suara, sehingga menjadikan tidur Anda lebih berkualitas.Jika Anda ingin membuktikannya, cobalah mengonsumsi beberapa potong buah semangka sebelum tidur tengah malam. Para peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi buah semangka sebelum tidur dapat memperpanjang tahapan tidur nyenyak sebesar 27%.

6. Membantu Penyembuhan Penyakit Diabetes

Anda menderita penyakit diabetes? Nah, kabar baiknya, ternyata kulit dari buah semangka terbukti efektif untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Anda bisa merebus kulit semangka dengan air secukupnya, minum 2 kali sehari. Dengan meminum air rebusan kulit semangka maka kadar gula dalam darah anda akan segera turun.

7. Membantu Pengeluaran Racun Amonia Dari Ginjal

Buah semangka juga bermanfaat untuk detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Kandungan asam amino sitrulin dan arginin dalam semangka bermanfaat untuk membantu pengeluaran racun amonia dari ginjal. Secara alami, amonia akan dikeluarkan dari tubuh melalui reaksi siklus urea. Asam amino sitrulin dan asam amino arginin inilah yang berperan dalam reaksi siklus urea. Urea merupakan senyawa yang mudah larut dalam air, bersifat netral, dan terdapat dalam urine.

8. Meningkatkan Kesuburan

Kabar baik untuk anda yang belum juga mendapatkan keturunan, karenan kandungan likopen pada buah semangka berperan untuk meningkatkan kesuburan pria. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh All Indian Institute of Sciences, New Delhi kepada 30 orang pria berusia 23 ~ 45 tahun yang mengalami masalah ketidaksuburan, dengan memberikan sejumlah 20 mg likopen setiap 2x sehari selama 3 bulan menunjukkan hasil terhadap peningkatan jumlah sperma, perbaikan struktur sperma, serta peningkatan pergerakan sperma.

9. Mengurangi Resiko Kanker Kolon dan Rektum

Buah semangka juga bermanfaat untuk mencegah atau mengurangi resiko seseorang terkena kanker usus. Hal ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada American Journal of Clinical Nutrition menerangkan bahwa pada pasien dengan adenoma kolorektal (polip usus) memiliki kadar likopen plasma lebih rendah 35% dibandingkan dengan orang tanpa polip. Rendahnya kadar likopen plasma (<70 µg/L) dapat meningkatkan resiko kejadian adenoma kolorektal (kanker kolon-rektum) sebanyak 230%.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah semangka juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A dan C di dalamnya, dimana vitamin A membantu merawat membran mukosa agar kuman tidak mudah masuk dalam tubuh. Sedangkan vitamin C dibutuhkan untuk menjaga produksi protein pembunuh virus dan kuman.

11. Anti peradangan

Manfaat buah semangka selanjutnya adalah sebagai zat anti peradangan. Sebagaimana sudah di jelaskan bahwa buah semangka mengandung likopen, nah likopen ini juga berfungsi sebagai zat anti inflamasi bersama dengan beta karoten dan cucurbitacin E. Senyawa ini mampu menghambat aktivitas enzim siklo-oksigenase dan menetralkan reaksi molekul yang mengandung nitrogen. Oleh karena itu, semangka baik dikonsumsi untuk mencegah peradangan. Sitrulin dalam semangka juga diketahui dapat mempertahankan asam lambung agar tetap normal.

12.  Memelihara kesehatan ginjal

Manfaat buah semangka untuk ginjal berikut ini juga tidak bisa diremehkan. Pasalnya, buah semangka yang mangandung tinggi kalium dapat melarutkan berbagai macam racun dan kotoran pada bagian ginjal. Tidak hanya bermanfaat untuk memelihara kesehatan ginjal saja, namun kalium tersebut juga dapat menekan kadar asam urat berlebih di dalam tubuh Anda.

13. Mengurangi otot nyeri

Buah semangka juga bermanfaat untuk  mengurangi rasa nyeri saat berolahraga atau aktivitas berat lainnya. Munculnya manfaat buah semangka bagi otot nyeri ini disebabkan karena adanya kandungan asam amino L-Citrulline. Kandungan ini bersifat sebagai pembangun sel-sel otot yang mengalami kerusakan.

14. Mengatasi Sembelit

Buah semangka juga terbukti efektif untuk mengobati sembelit. Hal ini dikarenakan kandungan serat di dalam buah semagka yang bisa membentuk gel alami pada usus besar sehingga melancarkan penyerapan nutrisi dan melancarkan buang air besar.

15. Mencegah Dehidrasi

Buah semangka juga dapat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Kekurangan air bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah, tidak bertenaga dan kurang konsentrasi. Selain itu kekurangan air juga bisa membuat ginjal bekerja lebih berat sehingga bisa menimbulkan gangguan pada ginjal.

16. Melancarkan Urin

Untuk anday ang sering sulit buang air kecil, cobalah untuk mengkonsmsi semangka, karena semangka mengandung air yang sangat tinggi dan bisa meningkatkan aliran urin dalam tubuh. Semangka juga membantu membuat racun dalam hati sehingga meringankan sistem kerja ginjal.

17. Memelihara Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dan zat beta karoten pada buah semangka bermanfaat untuk memelihara kesehatan retina dan lensa mata. Semangka juga bisa membantu mata untuk mencegah penyakit yang disebabkan karena usia seperti penyakit katarak dan penyakit rabuh pada orang tua

18. Mencegah Impotensi

Nah, kabar gembira untuk pria karena buah ini bermanfaat untuk mencegah impotensi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan senyawa citruline yang bisa dirubah menjadi arginin oleh ginjal telah memberikan peran yang besar terutama untuk mencegah masalah disfungsi ereksi pada laki-laki. Manfaat semangka untuk kesuburan mampu meningkatkan gairan seksual, mengurangi rasa lemah dan lesu serta meningkatkan libido.

Manfaat Buah Semangka untuk Kecantikan

Berikut ini manfaat buah semangka untuk kecantikan yang perlu anda ketahui

1. Semangka anti penuaan dini

Manfaat buah semangka untuk kecantikan yang pertama adalah untuk mencegah penuaan dini, seperti munculnya keriput, garis halus di wajah, bintik hitam dan lain sebagainya.  Kandungan vitamin C dan A yang bersifat sebagai antioksidan. Sifat antioksidannya inilah yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab kerutan, keriput, dan garis-garis di wajah tanda penuaan dini.Lebih baik lagi, Anda juga mengimbangi konsumsi semangka tersebut dengan menggunakan masker buah semangka. Caranya cukup haluskan buah semangka dan gunakan sebagai masker wajah 30 menit.

2. Menjaga kelembaban kulit

Buah semangka juga dapat menjaga kelembaban kulit secara alami. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, konsumsilah buah semangka secara rutin. Sebab dengan kandungan air yang cukup tinggi, buah semangka akan membuat kulit Anda nampak lebih lembab secara alami.

3. Mengurangi minyak berlebih di wajah

Semangka juga berkhasiat untuk mengurangi minyak berlebih di wajah. Hal ini dikarenakan kandungan vVitamin A pada semangka akan mengecilkan ukuran pori-pori pada wajah dan mengurangi produksi minyak berlebih dalam kelenjar sebaceous. Jika Anda ingin mencobanya, campurkan jus semangka dengan daun mint yang telah dihaluskan, kemudian masukkan dalam freezer lemari es sampai berbentuk sebongkah es batu. Setelah itu gosokkan pada wajah Anda, perawatan ini akan memperkecil ukuran pori-pori pada wajah sekaligus menenangkan kulit.

4. Mampu meremajakan sel-sel kulit

Semakin hari sel kulit kita akan semakin menua, maka dari itu ktia harus pandai merawatnya agar bisa diperlambat. Nah, buah semangka bermanfaat untuk meremajakan sel-sel kulit. Anda bisa mendapatkan kulit cerah dengan menggunakan masker buah semangka setelah mandi.

5. Sumber Kolagen Alami

Selanjutnya, buah semangka juga bermenfaat untuk menjaga elastisitas kulit. Buah semangka mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C adalah jenis vitamin yang membantu tubuh dalam menyerap kolagen sehinggab membuat kulit menjadi lebih lembut. Selain itu semangka yang penuh air akan memenuhi kebutuhan air untuk memelihara sel kulit.
Berikut ini manfaat buah semangka untuk kecantikan yang lainnya
  • Kulit semangka mampu dijadikan sebagai obat rambut agar tidak rontok
  • Membantu rambut kita agar dapat tumbuh lebih cepat. sehingga mampu membuat rambut menjadi lebih tebal
  • Melindungi kulit kita dari sinar matahari yang mampu merusak dan membakar kulit menjadi lebih gelap - Minum dua cangkir jus semangka tiap hari dan juga mengoleskan jus semangka pada kulit Anda dapat mengurangi dampak negatif atau pengaruh buruk yang timbul akibat kulit terkena paparan cahaya matahari hingga 40%.
  • Mampu mengobati jerawat yang membandel
  • Dapat digunakan sebagai vitamin rambut
  • Mengurangi produksi minyak pada wajah
Bagaimana? Ternyata sangat banyak sekali manfaat buah semangka bukan? Jadi tambah semangat untuk mengkonsmsi buah yang kaya air ini.
Itulah 29 manfaat buah semangka yang mesti anda ketahui, semoga bermanfaat. Baca juga 15 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan, Diet dan Ibu Hamil yang Sangat Luar Biasa
loading...