11 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan, Luar Biasa!

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan - Ibu mana yang bisa seharian berpisah dari bawang merah? Hmmm, bawang merah adalah sahabat ibu sehari-hari. Setiap hari ibu harus berhadapan dengan bawang merah yang membuat mata merah dan tidak jarang juga mengeluarkan air mata.

Bawan merah merupakan rempah untuk masak, hampir semua masakan menggunakan bawang merah untuk menambah cita rasanya. Nama Latin bawang merah adalah Alium cepa L dari kelompok Aggregatum.Umbi akar ini merupakan tanaman asli Indonesia. Siapa sangka ternyata ada banyak manfaat bawang merah untuk kesehatan.

Selama ini orang-orang hanya mengetahui bahwa bawang merah bermanfaat untuk masak memasak. Tidak pernah terfikir manfaatnya untuk kesehatan. Nah, kali ini akan kita kupas apa saja manfaat bawang merah untuk kesehatan.

11 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan


Sebelum kita bahas manfaat bawang merah untuk kesehatan ada baiknya dulu kalau kita mengetahui kandungan nutrisi di dalamnya. 

Kandungan Nutrisi Bawang Merah

Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :
  • 64 kalori
  • 15 gram karbohidrat
  • 0 gram lemak
  • 0 gram kolesterol
  • 3 gram serat
  • 7 gram gula
  • 2 gram protein dan 10%
  • Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan
  • Memiliki sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor dan kalium antioksidan quercetin dan sulfur.
Nah, dari segitu banyak kandungan nutrisi bawang merah di atas makanya ada banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan kita. Bahkan dapat mengobati berbagai penyakit. Jika kita kekurangan asupan vitamin C dan serat, bisa langsung dipenuhi oleh bawang merah karena di dalamnya tertanam vitamin C, serat, kalium, dan asam folat yang siap sedia menunjang kesehatan organ tubuh.

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Setelah kita mengetahui kandungan nutrisi pada bawang merah sekarang kita kupas satu persatu manfaat bawang merah untuk kesehatan, berikut ini:

1. Bawang Merah Mencegah Kanker

Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mencegah kanker. Wah, benarkah? Bawang merah berfungsi sebagai antioksidan yang mampu untuk menangkal radikal bebas. Tak hanya itu, para peneliti juga meyakini bahwasanya zat antioksidan pada rempah nusantara ini dapat meminimalisir risiko kanker perut mencapai angka 50 persen.

2. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Selain dapat mencegah kanker, bawang merah juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang dibumbui oleh bawang merah secara rutin. Kandungan quercetin pada bawang merah akan melawan pertumbuhan bakteri dalam tubuh, mengatasi infeksi akibat jamur, serta mencegah peradangan. Beberapa sifat tersebut juga mampu mengobati influenza yang umum hadir saat musim dingin.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Pada sebutir bawang merah tersimpan banyak kromium, yaitu senyawa kimia yang dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung akibat komplikasi dari masalah diabetes. Hal ini tentu baik bagi jantung jika terus diasup ke dalam tubuh.

4. Menurunkan Berat Badan

Nah, ini berita gembira untuk anda yang ingin menunrunkan berat badan, karena ternyata bawnag merah bisa menjadi salah satu solusi jitu untuk menurunkan berat badan. Bawang merah membantu menyukseskan program penurunan berat badan Anda. Tubuh yang mengalami difisiensi kromium akan kesulitan untuk menurunkan berat badan, karena itu zat kromium pada bawang merah sangat tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Satu lagi manfaat bawang merah yang sangat luar biasa adalah mampu mnengontrol kadar gula dalam darah yang dapat menyebabkan diabetes. Untuk menetralisir kadar gula darah dalam tubuh, Anda hanya perlu minum ramuan bawang merah agar gula darah terkontrol. Disamping itu kandungan kromium dan mineral di dalamnya dapat mengurangi resistensi insulin.

6. Bawang Merah Mengobati Sembelit

Khasiat bawang merah untuk kesehatan yang lainnya adalah untuk mengobati sembelit. Sembelit terjadi karena banyak komponen makanan yang menginap pada usus, sehingga sulit dikeluarkan. Jika Anda menderita konstipasi atau sembelit, jangan sungkan untuk konsumsi bawang merah mentah. Di dalamnya terdapat serat yang berkhasiat untuk membuang racun dan partikel makanan keras dalam usus.

Baca juga info menarik lainnya:

21 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Mengatasi Penyakit

7. Kanker Prostat

Secara khusus bawang merah bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena kanker prostat, hal ini didasarkan pada studi yang diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran dan kanker prostat. Mereka menemukan bahwa pria dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, memiliki risiko terendah terhadap kanker prostat.

8. Esofagus dan kanker perut

Kandungan allium pada bawang merah bermanfaat untuk menghambar tumor. Asupan allium dalam sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut. Beberapa penelitian pada manusia berbasis survei telah menunjukkan potensi dampak protektif konsumsi alliums, serta laporan dari penghambatan tumor setelah pemberian senyawa allium pada hewan percobaan.

9. Mengatur Tidur dan Suasana hati

Bagi anda yang sering resah atau galau, ternyata bawang merah bisa membantu anda mengatasinya. Kandungan Folat dalam bawang membantu mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak. Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur tidak hanya suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan dengan baik.

10. Mengatasi perut kembung pada anak-anak 

Masalah yang sering terjadi pada anak adalah kembung. Cara mengatasinya, ambil bawang merah yang bersih kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telon, kemudian balurkan pada bagian pusar si kecil.

11. Meredakan batuk

Atasi batuk pada anak dengan bawang merah, caranya parut bawang merah tambahkan minyak telon balurkan sekujur punggung dengan sedikit diurut.

Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Selama ini kita hanya tahu bawang merah untuk masakan saja atau untuk kerokan saat masuk angin, ternyata ada banyak lagi manfaat bawang merah untuk kesehatan, jika anda rasa artikel ini bermafaat, silahkan bagikan kepada yang lainnya agar yang lain juga tahu khasiat bawang merah untuk kesehatan dan bisa memanfaatkannya dengan baik. Baca juga 58 Manfaat Madu untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil
loading...