26 Manfaat dan Khasiat Jahe untuk Kesehatan serta Kecantikan

Manfaat dan Khasiat Jahe - Jahe selama ini mungkin dikenal sebagai rempah untuk masakan atau minuman saja, tetapi siapa yang menyangka ternyata tanaman herbal yang satu ini bisa mengatasi berabgai macam keluhan kesehatan. Ada banayak manfaat yang bisa kita ambil dari tumbuhan rimpang yang satu ini.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Manfaat dan Khasiat jahe untuk Kesehatan serta Kecantikan, ada baiknya berkenalan dengan tanaman ini. Adapun nama Latin Jahe adalah Zingiber officinale.

Tanaman ini sebenarnya sudah dimanfaatkan sebagai herbal sejak zaman dahulu. Namun masyarakat modern banyak yang tidak mengetahuinya dan tidak mau menggunakannya. Jahe mengandung senyawa kimia berupa minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit.

Adapun asalnya sendiri, jahe diperkiranakan berasal dari daratan Cina Selatan, yang kemudian menyebar ke seluruh Asia, Eropa, Afrika hingga Amerika Latin. Hampir selalu ada dalam berbagai masakan oriental, baik berupa tumisan, bakar, goreng, hingga kukus.

Selain untuk rempah, jahe biasanya dimanfaatkan untuk menghangatkan badan dengan diolah menjadi minuman wedang jahe. Aromanya yang khas dan serta rasanya yang menghangatkan membuat wedang jahe biasanya dinikmati ketika musim hujan atau cuaca sedang dingin. Jahe juga dimanfaatkan untuk membantu menghilangkan bau amis bahan makanan seperti ikan, udang, daging sapi, dan unggas.

26 Manfaat dan Khasiat Jahe untuk Kesehatan serta Kecantikan

26 Manfaat dan Khasiat jahe untuk Kesehatan serta Kecantikan

Baik, sekarang kita kupas 26 Manfaat dan Khasiat jahe untuk Kesehatan serta Kecantikan berikut ini:

1. Khasiat jahe untuk Morning sickness

Jahe diyakini memiliki efek positif bagi ibu hamil yang mengalami morning sickness. Mengkonsumsi segelas air hangat dengan campuran jahe menjadi cara paling efektif untuk mengatasi gangguan ini.

2. Khasiat jahe untuk Memerangi sel kanker

Kandungan nutrisi dalam jahe juga membantu meredam perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Sejumlah studi mengungkap khasiat ekstrak jahe dalam memerangi beragam kanker seperti kanker ovarium dan usus.

3. Khasiat jahe untuk Mengurangi sakit dan radang

Jahe bersifat anti-inflamasi yang dapat dijadikan obat pengurang rasa sakit. Bagi Anda yang memiliki masalah osteoarthritis atau arthritis, jahe merupakan pilihan tepat untung mengurangi rasa sakit.

4. Khasiat jahe untuk Antibakteri

Dalam sebuah metode uji laboratorium, jahe menunjukkan efek antibakteri dan antijamur. Jahe mengandung sejumlah besar anti-oksidan zingerone dan dapat melindungi jaringan tubuh dari kerusakan oksidasi.

5. Khasiat jahe untuk Obat mabuk perjalanan

Bagi Anda yang sering mengalami mabuk perjalanan, ada baiknya Anda mengkonsumsi minuman jahe. Rempah ini diyakini selain mengurangi rasa mual juga menyembuhkan jet lag.

6. Khasiat jahe untuk Atasi gangguan menstruasi

Berbagai obat kimia hadir untuk mengurangi rasa sakit yang dialami wanita saat menstruasi. Namun, Anda harus mencoba cara alami ini. Mengkonsumsi teh jahe yang dicampur dengan gula merah.

7. Khasiat jahe untuk Sakit gigi

Untuk mengatasi masalah gigi, gosokkan jahe mentah pada gigi yang nyeri, jika perlu ratakan pada seluruh bagian dalam mulut untuk mengurangi rasa sakit.

8 Khasiat jahe untuk Batuk dan sakit tenggorokan

Jahe juga dikenal sebagai obat Ayuverdic untuk batuk dan sakit tenggorokan. Jahe tidak hanya menenangkan saluran tenggorokan, tetapi juga mempercepat penyembuhan.

9. Khasiat jahe untuk Mengatasi mual perut

Untuk membuatnya sangat mudah. Pertama, cuci bersih jahe, lalu jemur selama satu hari. Kemudian, jahe dikupas sedikit kulitnya dan digeprek. Lalu, seduh dengan air panas sambil ditutup hingga hangat. Ramuan tersebut kemudian dicampurkan dengan air gula sesusai selera. Minumlah satu kali sehari.

10. Khasiat jahe untuk Menurunkan kolesterol

Sejumlah studi menunjukkan bahwa konsumsi jahe secara reguler efektif mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan hati. Kandungan gingerol dalam jahe juga memiliki efek antikoagulan yang mampu mencegah penggumpalan darah. Merangsang pelepasan hormon adrenalin yang memperlancar aliran darah.

Atasi kolesterol dengan coklat, baca selengkapnya di 23 Manfaat Buah Coklat untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

11. Manfaat jahe untuk Menghilangkan jerawat

Kupas kulit satu siung jahe berukuran kecil. Bersihkan hingga bagian warna coklatnya mengelupas dan terlihat bagian dalam yang berwarna kuning. Iris jahe hingga ketebalannya sekitar 1/4 inci. Bersihkan wajah dengan cara membilasnya dengan air. Aplikasikan jahe yang sudah diris ke seluruh area wajah sambil berikan pijatan perlahan. Putar-putar hingga jahe mengeluarkan cairan berminyak. Berbaringlah dan letakkan jahe di seluruh permukaan wajah. Diamkan selama sekitar 10 hingga 15 menit. Setelah itu bilas lagi wajah dengan air dan keringkan dengan handuk lembut.

Baca juga 3 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Buah-Buahan

12. Manfaat jahe untuk Membuang racun dalam tubuh

Tambahkan dua ratus gram bubuk jahe pada air hangat. Jahe mengandung senyawa anti-inflamasi yang bisa meningkatkan sirkulasi darah. Termasuk membantu membuang racun dalam tubuh melalui keringat. Berendamlah selama sekitar 20 hingga 30 menit. Sambil berendam, penuhi juga kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih. Anda perlu mengembalikan mineral dan cairan yang hilang melalui keringat.

13. Manfaat jahe untuk Menghilangkan sakit kepala

Jahe tidak hanya membantu mengurangi rasa mual, tetapi juga bermanfaat untuk memerangi sakit kepala. Karena dalam jahe mengandung anthistamin dan anti inflamasi. Jika sakit kepala telah melanda, Anda dapat menikmati manisan jahe untuk mengurangi rasa nyeri.

14. Manfaat jahe untuk Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat jahe yang pertama adalah melancarkan peredaran darah. Gingerol yang terdapat pada jahe bersifat antikoagulan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab utama penyakit stroke dan juga serangan jantung.

15. Manfaat jahe untuk Mengatasi Perut Kembung

Ekstrak jahe bermanfaat bagi yang sering mengalami perut kembung dan nyeri. Jahe dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pada pencernaan dan iritasi usus.

16. Manfaat jahe untuk Mengobaatai Migran

Pada sebuah studi menunjukkan jahe dapat menghentikan prostaglandin, yang dimana prostaglandin merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala. Dengan demikian, jahe dapat untuk mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah.

17. Manfaat jahe untuk Mengobati Demam

Gingerol pada jahe yang sebelumnya sudah dijelaskan dapat melancarkan peredarah darah, kandungan gingerol juga dapat digunakan untuk mengurangi demam dan batuk. Mengkonsumsi jahe berarti menekan timbulnya efek samping seperti yang terkandung dalam kandungan obat-obatan kimia.

18. Manfaat jahe untuk Mencegah Perut Buncit

Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dan sebelum makan dapat mencegah terjadinya perut buncit. Karena jahe bermanfaat untuk melancarkan metabolisme dan pencernaan. Dengan adanya sebuah peningkatan metabolisme tersebut yang berdampak akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.

19. Manfaat jahe untukenuru Menurunkan Tekanan Darah

Jahe dapat untuk merangsang pelepasan hormon adrenalin dan juga dapat memperlebar pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan darah mengalir menjadi lebih lancar dan lebih cepat serta dapat meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

20. Manfaat jahe untuk Menghilangkan Berat Badan

Jahe seperti yang disebutkan diatas bahwa jahe dapat melebarkan pembuluh darah yang membakar kalori menjadi panas tubuh dan jahe hanya mengandung sedikit kalori yang terkandung, sehingga tidak berkontribusi untuk menaikan berat badan. Mengkonsumsi jahe dengan cara membuat wedang setiap hari dapat menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh.

 21. Manfaat jahe untuk Menambah Keperkasaan

Kandungan senyawa yang terdapat jahe ada yang bersifat inklamasi. Hal ini tentunya efektif dalam hal untuk membangun otot pada bagian tubuh seperti otot pada lengan. Berdasarkan sebuah penelitian bahwa dapat disimpulan dengan mengkonsumsi jahe secara teratur dan rutin dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi pada otot yang disebabkan karena latihan fisik secara berlebihan.

22. Manfaat jahe untuk Anti Alergi

Manfaat jahe bersama ekstrak biji anggur dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi demam dan masalah serupa yang seringkali dapat terjadi selama musim alergi.

23. Manfaat jahe untuk Arthritis

Ekstrak jahe yang juga bermanfaat pada penderita arthritis dan osteoarthritis. Kandungan pada jahe sudah diyakini mengandung komponen yang dapat menghambat COX, dimana COX merupakan salah satu bahan kimia tubuh yang bertanggung jawab tentang timbulnya peradangan. Obat resep penghambat COX ini biasanya memiliki efek samping yang dapat merugikan tubuh. Manfaat jahe sebagai salah satu obat herbal alami dapat memiliki khasiat yang serupa dan tanpa efek samping.

24. Manfaat jahe untuk Membersihkan kotoran dalam tubuh

Apabila sering mengkonsumsi jahe secara rutin dengan cara diseduh, hal tersebut dapat membuat tubuh menjadi berkeringat. Melalui keringat itulah dikeluarkan berbagai jenis kotoran jahat yang terdapat dalam tubuh.

25. Manfaat jahe untuk Mengobati Luka Gigitan Ular

Cara menggunakan jahe untuk mengobati luka gigitan ular dengan menumbuk rimpang dan diberi sedikit garam, lalu tempelkan pada luka bekas gigitan ular beracun dan ini hanya digunakan sebagai pertolongan pertama, untuk penanganan lebih lanjut penderita dibawa ke rumah sakit.

26. Manfaat jahe untuk Pereda nyeri dan sendi kaku

Dalam sebuah uji klinis bahwa dapat disimpulkan jahe ternyata dapat menghilangkan rasa sakit seperti yang saya sebutkan diatas, meningkatkan pergerakan pada sendi, serta mengurangi pembengkakan yang terkait dengan rheumatoid arthritis. Manfaat jahe yang lainnya juga dapat untuk membantu meredakan nyeri pada punggung dan sakit kepala seperti migrain.

Bagaimana? Sangat menakjubkan sekali bukan? Jadi jangan sia-siakan manfaat jahe tersebut. Kita bisa memanfaatkannya untuk megnatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan dengan menggunakan ramuan herbal jahe. Dengan harga murah meriah dan mudah didapatkan serta kita dapat menanamnya sendiri di pekarangan rumah kita.

Itulah 26 Manfaat dan Khasiat Jahe untuk Kesehatan serta Kecantikan yang harus ktia ketahui, semoga bermanfaat untuk pembaca yang budiman, jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar yang lain juga tahu apa saja manfaat jahe yang sangat luar biasa ini. Baca juga 40 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami
loading...