Alpukat: Makanan Sehat untuk Bayi

Makanan Sehat untuk Bayi - Alpukat mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, pada beberapa artikel sebelumnya admin sudah berbagi beberapa artikel mengenai manfaatnya, diantaranya: 31 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan kecantikan dan Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Perkembangan Bayi

Alpukat sangat baik untuk dikonsusmi oleh anak-anak terutama bayi. Alpukat bebas dari kandungansodium dan kolesterol.Tahukah anda bahwa, dengan mengkonsumsi alpukat maka setidaknya 8% kebutuhan harian akan folat, 4% kebutuhan harian akan serat, kalium dan vitamin E, serta 2% kebutuhan harian akan zat besi. Buah alpukat juga menyumbangkan karotenoid dan beta-karoten.
Semua nutrisi tersebut sangat baik untuk perkembangan sistem saraf pusat dan otak bayi serta untuk pertumbuhan tubuh mereka. 
Alpukat: Makanan Sehat untuk Bayi

Kapan Memberikan Buah Alpukat Untuk Bayi?

Makanan yang terbaik untuk bayi adalah ASI. Walau bagaimanapun juga sehat atau luar biasanya nutrisinya susu formula yang diberikan tetap saja ASI merupakan makan terbaik mereka. Namun, jika anda tidak dapat memproduksi ASI dengan baik maka alpukat bisa menjadi solusi terbaik. Anda dapat mencobanya ketika bayi sudah memasuki usia 4 - 6 bulan. Buah lain yang dapat dicampurkan dengan alpukat adalah buah apel, pir, atau pisang. Atau anda dapat juga mencampurnya dengan plain yogurt.
Alpukat: Makanan Sehat untuk Bayi
Fakta tentang buah alpukat yang tinggi akan kandungan lemak bukanlah suatu hal yang perlu dikhawatirkan. Lagipula, lemak yang terkandung dalam buah alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal. Ini adalah jenis lemak baik yang akan menunjang pertumbuhan bayi. Namun jika anda masih ragu, silahkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter anak langganan anda. Sejauh ini, manfaat memberikan alpukat untuk bayi diketahui jauh lebih besar daripada kemungkinan resiko yang ada padanya.
Catatan:
  • Buah alpukat telah dikaitkan dengan masalah alergi latex dan kulit sensitif. Jadi jika bayi anda mempunyai riwayat alergi ini ataupun kulit yang terlalu sensitif, jangan berikan buah alpukat atau konsultasikan dulu dengan dokter anak langganan anda.
Baca juga Manfaat Buah Mangga untuk Perawatan Kecantikan Kulit Alami.