24 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Bayi, Cegah Anemia, Cacat Syaraf hingga Mual

Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil - Sebelumnya sudah dibagikan mengenai 31 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan kecantikan yang harus anda ketahui. Ternyata alpukat atau pokat ini tidak hanya bermanfaat untuk kita saja, ternyata juga untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Jadi, bagi anda yang sedang hamil sangat baik untuk mengkonsumsi buah yang sangat nikmat kalau dibuat jus ini.

Alpukat mengandung asam folat yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan. Selama ini mungkin anda memenuhi kebutuhan asam folat dengan mengkonsumsi susu formula, padahal dengan buah pokat jauh lebih baik ketimbang susu formula.

Luar biasanya, dalam 1 buah alpukat saja anda sudah memenuhi sekitar 114 gr atau 30 kebutuhan asam folat harian. Dengan demikian, maka perkembanga otak anak anda akan lebih baik. Asam folat selain untuk perkembanga otak juga untuk perkembangan tulang belakang serta dapat mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat. 

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Perkembangan Bayi


Alpukat tidak hanya mengandung asam folat saja, terdapat banyak nutrisi lainnya, seperti vitamin B kompleks (B6) yang dapat mengatur sistem saraf pada ibu hamil. Kecukupan akan vitamin ini dapat mencegah rasa mual-mual yang berlebihan pada trimester pertama kehamilan. Hm, ini kabar baik untuk anda yang sering mual-mual. Meskipun tidak bisa hilang 100%, dengan mengkonsumsi alpukat rasa mual itu akan berkurang.

Selain tiga nutrisi di atas, alpukat juga kaya dengan kalium, dimana dalam 1 alpukat berkuran sedang memberikan sekitar 540 mg kalium, bahkan lebih tinggi 15% ketimbang pisang. Kalium sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena dapat menurunkan tekanan darah serta akan membuat detak jantung stabil atau tidak berdebar-debar, karena ibu hamil biasanya detak jantungna tidak stabil alias sering berdebar-debar. Kalium juga berfungsi dalam pembentukan sistem saraf pada janin dan melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas. 

Tahukah anda, ternyata alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat tinggi atau lemak baik sehingga sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat. Lemak baik atau Omega-9 ini dapat menurunkan kelebihan kolesterol jahat (LDL) secara aktif. Bersamaan dengan kandungan seratnya yang tinggi, kolesterol jahat akan diserap dan dibuang bersama kotoran. 

Untuk diketahui, 1 buah alpukat ukuran sedang mengandung 10 gr serat (40 %) dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari. Jadi konsumsi buah alpukat juga dapat mengatasi masalah BAB yang biasa dialami oleh ibu hamil.

Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil


Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami rangkum 24 manfaat buah alpukat untuk ibu hamil dan janin yang sangat luar biasa dan harus kita semua ketahui:

1. Alpukat mencegah anemia

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang pertama adalah untuk mencegah anemai. Sebagaimana kita ketahui bahwa anemai adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada masa kehamilan. Jika ibu hamil mengalami anemia sudah pasti asupan nutrisi kepada janin menjadi tidak maksimal. Bahkan bisa jadi janin kekurangan nutrisi akibat sang ibu mengalami gejala anemia.

Nah, buah alpukat mengandung anemia yang sangat baik untuk ibu hamil, seorang ibu hamil sering kali kekurangan zat besi (Fe) sehingga terjadi anemia. Alpukat sendiri kaya akan manfaat zat besi untuk ibu hamil sehingga memakan beebrapa potong alpukat cukup dalam memenuhi kebutuhan ini.

2. Mencegah cacat syaraf pada janin

Manfaat buah alpukat yang satu ini sangat penting sekali, selain mencegah deformitas, asam folat dalam manfaat alpukat juga mencegah terjadinya cacat syaraf pada janin. Ibu hamil dapat menyantap alpukat sebanyak setengah cangkir, dalam setiap irisannya mengandung 59 mcg asam folat.

3. Mencegah komplikasi

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah dapat mencegah komplokasi. Pada masa kehamilan ada kondisi seorang ibu mengalami kelelahan, maka asam folat dikenal untuk mencegah komplikasi, anemia, insomnia, perubahan suasana hati yang mendadak dan preeklamsia. Preklamsia adalah tekanan darah tinggi pada ibu hamil, penyebab kematian yang tinggi pada bayi, karena menyebabkan keracunan pada bayi. Kasus tersebut dapat terjadi 5-8% pada kehamilan.

4. Asupan Kalsium

Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan gigi dan tulang pada bayi, selain itu kalsium juga berperan menjaga kepadatan tulang sang ibu. Selama masa kehamilan kebutuhan tubuh naik berlipat ganda. Maka tepat jika diperhatikan diet kalsiumnya. Disinilah peran alpukat untuk memenuhinya. Manfaat kalsium bagi ibu hamil sebagai zat pembangun dan pembentukan tulang pada bayi.

5. Mengandung dengan Vitamin C

Vitamin C pada ibu hamil adalah untuk mempercepat penyerapan zat besi (Fe) dalam tubuh. Hal ini disebabkan ibu hamil sering kali mengalami anemia. Cara menjaga kehamilan agar tetap sehat dengan memakan vitamin C kimiawi dikhawatirkan dapat mengalami kelebihan. Hal ini justru kurang baik karena bisa menyebabkan keguguran, sebab vitamin C menyebabkan tekanan lebih besar pada progesteron.

 6. Penuh dengan vitamin E

Dalam hal ini vitamin E dapat menghasilkan hormon prolaktin. Bila seorang ibu hamil kekurangan hormon ini makan akan menyebabkan pengaruh terhadap kondisi emosional dan selain sangat berperan dalam metabolisme, Vitamin E akan memberikan lingkungan yang nyaman untuk bayi. Selain itu untuk ibu hamil sendiri dapat sebagai antipenuaan.

7. Mengandung Vitamin K

Hampir sama dengan fungsi vitamin E. Tak hanya itu vitamin E juga berfungsi dalam pembentukan sel darah merah. Selain untuk pembekuan darah, vitamin K juga berperan dalam pembentukan tulang bagi janin, sebagai gizi ibu hamil yang harus dipenuhi. 

8. Kaya akan B1 dan B2 juga B6

Cara mengatasi mual saat hamil muda dengan asupan vitamin B1 dan B2 juga dapat dipenuhi oleh manfaat alpukat untuk ibu hamil. Terutama vitamin B6 dimana dapat mengurangi morning sickness yang sering dialami para ibu hamil. B1 atau dikenal sebagai Tiamin, dikenal untuk mengurangi rasa mual dan muntah dipagi hari.
Terutama pada akhir kehamilan untuk mempersiapkan kelahiran dan paska menyusui. B2, dikenal dengan riboflavin. Hal ini menjadi elemen penting untuk membantu penguraian zat makanan untuk janin. Vitamin B6 sering dikenal sebagai Pridoksin, dimana penting sebagai daya tahan ibu yang sedang hamil.

9. Mencegah deformitas pada bayi yang akan lahir

Asam folat untuk bayi penting dalam pengembangan organ tubuh. Kekurangan asam folat menyebabkan deformitas tulang pada bayi sebelum lahir. Deformitas merupakan susunan gigi tetap yang tidak teratur karena gangguan rahang yang saat sedang mengalami perkembangan, langit-langit terlalu berbentuk secara melengkung, dikemudian hari gigi susu mengalami keterlambatan untuk tanggal.

10. Meningkatkan fungsi pencernaan

Selama kehamilan terutama diakhir kehamilan seorang ibu hamil mengalami sembelit. Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil, memiliki banyak serat karena tubuh memerlukan serat untuk mencerna makanan dengan baik. Selain itu, alpukat sendiri dapat meningkatkan pergerakan usus lebih baik.

11. Mengurangi peradangan pencernaan pada ibu hamil.

Alpukat mengandung karotenoid yang termasuk dalam beta karoten dan likopen yang merupakan nutrisi penting. Hal ini dapat mengurangi peradangan pada lambung dan peradangan lapisan mukosa pada usus halus. Semua ini dikarenakan enzim dalam manfaat alpukat dan nutrisi yang terkandung didalamnya.

12. Meningkatkan penyerapan nutrisi

Selain memberikan banyak nutrisi, manfaat alpukat untuk ibu hamil akan membantu dalam penyerapan nutrisi. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah alpukat dapat meningkatkan penyerapan karotenoid dalam tubuh. Karotenoid sendiri diperoleh dari vitamin A yang ada didalam alpukat.
Fungsinya adalah untuk mencegah janin mendapat penyakit atau gangguan pada mata. Ibu hamil dapat menikmati secangkir alpukat yang mengandung 22 mg Kolin dalam membantu dalam perkembangan otak dan syaraf.

13. Obat kram pada ibu hamil

Kaki kram pada ibu hamil adalah masalah umum yang dialami. Memakan buah-buahan untuk ibu hamil seperti alpukat, maka seorang ibu hamil akan mendapatkan potasium yang membantu mengurangi kram.

14. Menurunkan kolesterol dan kadar gula darah

Dari penelitian yang lain dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 17 %. Kolesterol tinggi dapat memicu sakit jantung, sehingga alpukat dapat mencegahnya. Untuk kadar gula dan respon insulin sendiri akan lebih ditekan sebab rasa kenyang yang telah ditimbulkan dari alpukat.
Alpukat yang dikonsumsi dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Pada sebuah penelitian tentang diet makanan, alpukat memberikan hasil signifikan dalam menurunkan total kolesterol (LDL) dan kolesterol baik meningkat sebanyak 11%.

15. Alpukat membuat ibu hamil cepat kenyang

Alpukat sebanyak 3,4 gram dengan serat yang ada akan membuat ibu hamil merasa kenyang lebih lama. Asam oleat yang ada pada alpukat akan mengaktifkan bagian dari otak sehingga membuat ibu hamil merasa kenyang. Manfaat alpukat untul ibu hamil terdapat lemak tak jenuh yang sehat dan terbukti menghasilkan rasa kenyang lebih besar dibandingkan lemak jenuh dan lemah trans yang ada didalam olahan.

16. Makanan otak bagi ibu hamil

Salah satu makanan otak adalan alpukat. Menurut Dr Daniel G, menemukan alpukat sebagai salah satu makanan otak terbaik dan mengurangi resiko Alzheimer. Omega 3 pada asam lemak serta vitamin E yang ada didalam alpukat terbukti dapat menghentikan penyakit Alzheimer.

17. Melindungi mata ibu hamil

Untuk perlindungan mata bagi ibu hamil disebabkan mengkonsumsi alpukat akan dapat meningkatkan lituein. Lituein ini dapat menghindari dari degenarasi makula dan katarak.

18. Mengurangi resiko stroke bagi ibu hamil

Manfaat alpukat untuk ibu hamil dapat mengurangi stroke karena asam folat yang tinggi. Ibu hamil yang mengkonsumsi alpukat akan memiliki resiko stroke lebih sedikit dari pada mereka yang tidak atau sedikit mengkonsumsi makanan lainnya yang mengandung folat.

19. Melindungi bayi sebelum lahir

Memakan satu cangkir alpukat atau memenuhi seperempat asupan harian folat yang akan mengurangi resiko bayi lahir dalam keadaan cacat.

20. Alpukat lebih terlindungi dari pestisida

SeringkalI kita temui buah yang dirawat dengan bahan kimia pestisida agar tumbuh dengan baik. Namun untuk alpukat sendiri memiliki kulit yang tebal. Untuk buahnya sendiri akan terlindungi dari pestisida dari perkebunannya.
Demikian Bagi para ibu hamil, pastikan kebutuhan penting seperti asam folat dapat terpenuhi dengan sempurna. Karena secara normal ibu hamil membutuhkan asam folat sebanyak 400 mcg perhari, dibandingkan tidak hamil yang hanya perlu 180 mcg. Pastikan pasokan prenatal juga lengkap dengan vitamin yang diperlukan. Selamat mencoba. 

21. Mencegah dan Mengatasi Mual

Beberapa ibu hamil di Amerika Serikat mengaku jika alpukat dapat membantu mencegah dan mengobati mual yang sering dideritanya pada usia kehamilan trimester pertama. Meski belum ada penelitian yang pernah dilakukan sebagai bukti manfaat alpukat untuk ibu hamil yang satu ini, Anda tentu boleh mempercayainya, mengingat ada alasan ilmiah yang dapat menjelaskan hal ini. Alpukat memiliki kandungan vitamin B6 cukup banyak, dan vitamin B6 sendiri dapat menurunkan tingkat keasaman lambung secara signifikan. Asam lambung yang tinggi adalah sumber utama mual pada ibu hamil.  

22. Mengoptimalkan Pertumbuhan Otak Janin 

Salah satu manfaat kesehatan terbesar alpukat selama kehamilan adalah bahwa ia dilengkapi dengan asam folat, zat yang sangat penting dalam perkembangan awal bayi Anda. Seperti diketahui bahwa, kekurangan asam folat pada usia kehamilan trimester pertama dapat memacu timbulnya gangguan tabung saraf dan spina bifida pada janin. Mengkonsumsi alpukat secara rutin selama kehamilan trimester akhir juga membantu menyediakan asam folat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan otak janin. Jika ingin janin Anda cerdas sejak dalam kandungan mengkonsumsi buah bernama latin Persea americana ini tentu salah satu cara yang tepat.

23. Mengatasi Kram Kaki 

Jika Anda mengalami kram kaki selama kehamilan –biasanya terjadi di usia kehamilan trimester akhir-, alpukat dapat membantu Anda meredakannya. Dibandingkan pisang, alpukat memiliki lebih banyak kalium, dan kadar kalium (bersama dengan kalsium) dapat membantu meringankan kram kaki Anda.

24. Meningkatkan Kesuburan Reproduksi

Suku Aztec kuno percaya jika konsumsi buah alpukat pada pria dan wanita dapat meningkatkan kesuburan sistem reproduksinya. Kepercayaan bangsa asli Mexico ini rupanya benar dan telah dibuktikan secara ilmiah. Alpukat mengandung asam folat, zat yang baik untuk meningkatkan kesuburan reproduksi. Ia juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat menciptakan lingkungan konsepsi yang sehat bagi proses pembuahan.


Sumber:
1. 20 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin
2. Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil, Apa Saja? Ini Jawabannya!
 
Bagaimana? Snagat luar biasa sekali bukan? Itulah beberapa Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Bayi yang harus anda ketahui, semoga bermanfaat. Baca juga 6 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Alami.
loading...