Khasiat Santan Kelapa untuk Kesehatan

Siapa yang menyangka ternyata santan memiliki kahsiat untuk kesehatan. Selama ini kita mengkonsumsi santan untuk gulai, agar-agar atau puding, dan aneka masakan lain. Namun ternyata santan kelapa juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.
Sebelumnya admin sudah berbagi apa saja 7 Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan yang harus anda ketahui. Selama ini orang-orang mengetahui bahwa santan kelapa merupakan penyebab kolesterol. Memang benar adanya, jika dikonsumsi berlebihan dan didukung oleh gaya hidup tidak sehat lainnya. Namun, selain itu santan kelapa sangat bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan asam laurat, asam kaprat, dan lipit antimikroba yang berfungsi sebagai anti jamur, anti bakteri, dan anti virus. Dalam tubuh, asam laurat dirubah menjadi monolaurin yang diyakini efektif untuk melawan virus dan bakteri penyebab herpes, influenza, bahkan HIV.
Khasiat Santan Kelapa untuk Kesehatan

Khasiat Santan Kelapa Untuk Jantung

Penelitian terbaru telah mengungkapkan manfaat dari asam lemak rantai medium untuk kesehatan jantung. Data menunjukkan bahwa masyarakat Asia dan kepulauan Hawai yang secara umum lebih sering mengkonsumsi minyak kelapa ketimbang minyak sayuran atau hewan, terbukti mempunyai resiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Asam lemak rantai medium berfungsi untuk membunuh tiga jenis organisme aterogenik utama, yaitu bakteri yang menyebabkan terbentuknya plak pada dinding pembuluh arteri. Pembuluh arteri yang tersumbat adalah penyebab terjadinya sakit jantung.

Baca juga Alpukat: Makanan Sehat untuk Bayi