6 Manfaat Buah dan Daun Srikaya untuk Kesehatan

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan mungkin masih belum sepopuler manfaat jeruk atau manfaat buah manggis. Buah Srikaya tergolong buah yang tidak terlalu terkenal. Buah ini cukup jarang ditemui. Buah ini juga sangat jarang sekali diperual belikan, biasanya mereka yang memiliki pohonya yang bisa menikmati buah yang kalau dimakan seperti agar berpasir-pasir ini.

Dengan naman Latin Annona squamosa ternyata buah srikaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman tropis ini memiliki bentuk yang cukup unik, silahkan lihat sendiri pada baagian gambarnya. Untuk buah yang sudah tua biasanya akan berwarna lebih hijau gelap, biasanya buah ini masak di peram atau disimpan pada suatu tempat saat sudah tua dan ditunggu 3 sampai 7 hari barulah matang.

Manfaat dan Khasiat Srikaya untuk Kesehatan

6 Manfaat Buah dan Daun Srikaya untuk Kesehatan

1. Mengobati bisul

Nah bagi anda yang mengalami bisul, buah srikaya bisa menjadi slaah satu solusi yang sangat baik. Bisul yang tumbuh akan susah sembuh kecuali kalau bisul sudah matang. Nah, untuk mematangkan bisul bisa digunakan daging buah srikaya. Ambil daging buah dan haluskan, kemudian campur dengan sedikit garam dan tempelkan pada samping mata bisul, balut dengan kain kasa. 

2. Mengobati bisul keras dan borok 

Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengambil daun srikaya kemudian tumbuk hingga halus. Kemudian campurkan dengan garam, lalu balut pada area bisul yang mengeras atau pada borok. Usahakan ganti ramuan ini 3 kali sehari agar lebih maksimal.

3. Menenangkan orang pingsan dan histeris 

Nah, selain untuk mengobati bisul, daun srikaya juga dapat digunakan untuk menyadarkan orang pingsan, yaitu dengan menumbuk daun srikaya yang telah dicuci bersih. Lalu dekatkan dengan hidung penderita, usahakan baunya tercium oleh orang pingsan atau histerisman.

4. Obat anak cacingan 

Nah, bagi bunda yang anaknya mengalami cacingan, maka tumbuhan srikaya bisa menjadi solusi yang ampuh. Caranya sangat mudah, yaitu dengan merebus 15 lembar daun srikaya dengan aor 5 gelas. Rebus hingga air tersisa 3 gelas. Kemudian diamkan hingga airnya dingin dan saring. Minumkan pada anak 3 kali sehari/1 gelas sekali minum.

5. Mengobati gangguan pencernaan 

Selain 4 manfaat di atas, srikaya juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pada sistem pencernaan/. Caranya yaitu, tumbuk daun srikaya secukupnya dan campurkan dengan minyak kelapa, kemudian oleskan pada perut.

6. Mengobati kudis 

Bagi anda yang menderita kudis, maka anda dapat mengobatinya dengan daun srikaya. Pertama, ambil sekitar 15 daun srikaya dan tumbuk hingga halus, campurkan dengan kapur sirih dan oleskan secara merata pada tempat yang kudisan. Rutinkan obat ini hingga 2 kali sehari.

Catatan:
Ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi srikaya agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan
  1. Ibu hamil dilarang mengkonsumsi rebusan biji srikaya
  2. Kalau ingin mengkonsumsi air rebusan biji, akar, dan kulit srikaya, maka harus hati-hati dan lakukan dengan pengawasan herbalis berpengalaman.
Itulah 6 Manfaat Buah dan Daun Srikaya untuk Kesehatan yang harus anda ketahui, semoga bermanfaat. Baca juga Manfaat Bengkuang untuk Kecantikan Alami dan Kesehatan Tubuh.