13 Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan Mengobati Penyakit

Manfaat kumis kucing untuk kesehatan yang populer bagi masyarakat kita salah satunya adalah untuk mengobati penyakit ginjal. Tanaman obat yang satu ini kini sudah mulai sulit ditemui. Mengingat memang, masyarakat kita yang sudah mulai berpindah dari pengobatan alami menuju pengobatan yang yang tidak alami.

Padahal yang alami biasanya akan lebih manjur dan tentu saja tanpa efek samping. Tanaman yang memiliki bunga berwarna putih ini memiliki nama Latin Orthosiphon aristatus , famili Lamiaceae/Labiatae. Selain kucing, tanaman ini juga memiliki nama lain, diantaranya remujung, songot koneng, sesalaseyan, giri-giri marah, kidney tea plants, java tea, dan lain sebagainya.

Pemakaian kumis kucing adalah : 30 - 60 gr. (kering) atau 90 - 120 gr (basah) direbus, atau yang kering/basah diseduh sebagai  teh.
Manfaat kumis kucing untuk kesehatan Mengobati Penyakit

Kumis Kucing

1. Batu Ginjal 

  • Persiapkan sekitar 20 lembar daun atau 3 genggam daun kumis kucing kering yang sudah dibilas menggunakan air mengalir. 
  • Apabila di sekitar rumah ada pohon keji beling, Anda bisa petik sekitar 5 lembar daunnya. Jangan lupa juga untuk mencuci dengan air mengalir hingga bersih. 
  • Rebus kedua daun ke dalam 2 gelas air hingga mendidih. 
  • Minum obat batu ginjal secara rutin sehari 2 kali masing-masing satu gelas.

2. Infeksi saluran kencing, sering kencing sedikit-sedikit (anyang-anyangan) 

Cara I : ambil daun Kumis Kucing, Meniran, dan akar Alang-alang masing-masing 30 gram.  Ketiga bahan tersebut dicuci sampai bersih, dipotong-potong seperlunya lalu direbus dalam tiga gelas air.  Biarkan sampai mendidih, hingga hanya tersisa setengah dari volume awal.  Minum air ramuan tersebut sebanyak setengah gelas, dengan frekuensi tiga kali sehari. 

Cara II :
Herba segar daun kumis kucing, meniran dan alang-alang masing-masing 30 gram dicuci sampai bersih. Bahan-bahan tersebut dipotong-potong lalu direbus dalam 3 gelas air hingga tinggal tersisa setengahnya. Setelah dingin lalu disaring kemudian diminum masing-masing setengah gelas sebanyak 3 kali sehari.

3.  Rematik : Sesendok kecil daun kumis kucing yang dilumatkan, 1 sendok makan daun meniran yang sudah dilumatkan juga, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal 3/4. Saring. Lalu diminum.

4. Untuk mengobati penyakit infeksi ginjal dan hipertensi (tekanan darah tinggi) 

Caranya :
Cuci 30 gram herba segar kumis kucing, herba daun sendok dan rumput lidah ular. Rebus di dalam 3 gelas air sampai hanya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum setengah gelas sebanyak dua kali sehari. 

5. Untuk mengobati kencing batu

Caranya :
90 gram herba kumis kucing dicuci bersih lalu direbus dalam satu liter air hingga mendidih dan tersisa 750 cc. Setelah dingin, diminum sebanyak tiga kali sehari masing-masing sepertiga bagian. Minumlah ramuan ini hingga penyakitnya sembuh. 

6. Gangguan  Batu ginjal  


Cara I:  25 g daun kumis kucing, 25 g daun ngokilo, 25 g daun meniran dengan akarnya, 25 g daun keji beling, dicuci. Rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Minum semua air rebusan itu dalam sehari. 

Cara II:  3 genggam daun kumis kucing, 5 helai daun keji beling dicuci, rebus dengan 2 gelas air. Minum airnya 2x sehari, pagi dan sore, selama 10 hari. Sesudah 10 hari, ganti dengan air rebusan jagung muda, 1 x sehari. Hindari makan daging kambing, durian serta makanan pedas.

Cara III :  Bahan:
11 lembar Daun kumis kucing
5 biji Kencur yang sudah tua
1 jari tangan Jahe merah
1/4 gelas Beras/direndam dulu selama 3 jam

Cara membuat:
Semua bahan dicuci sampai bersih, lalu direbus bersamaan dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Angkat dan saring. Ramuan ini diminum 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas sesudah makan. Jika setelah 1 minggu ada perubahan membaik, teruskan lagi selama 1 minggu. Selama mengikuti terapi pengobatan penderita gangguan ginjal harus berpantang kopi, teh kental, makanan berlemak dan bersantan, dan mengurangi garam.

7. Stabilkan gula darah

Bahan:
11 lembar Daun kumis kucing segar
11 lembar Daun sambiloto segar
3 jari tangan Kulit pohon pule
17 lembar Daun pegagan

Cara membuat:
Cuci semua bahan, lalu rebus dalam 5 gelas air hingga tersisa 4 gelas. Angkat lalu saring. Minum 3 kali sehari 2/3 gelas sesudah makan. Lakukan selama 3 minggu. Cek kadar gula darah, jika sudah stabil dosis bisa diturunkan menjadi 2 kali sehari.

8. Nyeri buang air seni 

Cara I: Seduh dan minum sejumput daun kumis kucing yang dikeringkan seperti teh, boleh juga kalau diberi gula aren.

Cara II: 1 sendok daun kumis kucing yang dilumatkan, 7 batang meniran, rebus dengan dua gelas air sampai air tinggal setengah. Minum air rebusan itu sebanyak 3x sehari.

9. Radang ginjal 

40 helai bunga dan daun kumis kucing, 3 belimbing wuluh tua dicuci, dihaluskan. Seduh dengan 2 gelas air. Minum 3x sehari. Lakukan selama 1 minggu.

10. Sakit pinggang 

7 helai daun dan 2 potong akar kumis kucing dicuci. Rebus dengan 1 gelas air. Biarkan satu malam, baru diminum.

11. Masuk angin 

1 sendok daun kumis kucing dan direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Diminum sekaligus.

12. Demam 

100 g akar kumis kucing dicuci, rebus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, saring, dan ambil airnya. Minum air rebusan ini 1 gelas sehari.

13. Nephritis, edema (bengkak)

Kumis kucing 30 gr, daun urat 30 gr, rumput  lidah ular 30 gr, semuanya direbus.
loading...