21 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan - Tanaman yang satu ini tentu tidak asing lagi bagi kita. Lidah buaya sangat mudah sekali tumbuh. Kita hanya butuh 'daun'nya saja untuk menumbuhkan tanaman ini di pekarangan rumah kita. Tanaman ini akan tumbuh subur di lingkungan yang agak basah. Kita bisa menanamnya di pot atau di tanah secara langsung, tapi harus dijaga agar tidak disosor bebek atau entok. Tanaman ini sudah banyak digunakan sebagai bahan dasar produk kesehatan dan kecantikan.

Lidah buaya atau Aloe vera sudah banyak digunakan untuk dijadikan masker wajah maupun masker rambut. Ada banyak sekali manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan. Hal ini tentu tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Ada banyak sekali nutrisi pada lidah buaya, seperti A, B1, B2, B6, B12, C, E, asam folat, dan Niacin.

Selama ini mungkin anda hanya mengetahui mengenai manfaat lidah buaya untuk rambut saja, manfaat ini sudah tidak diragukan lagi. Hanya dengan mengoleskan daging lidah buaya pada rambut kemudian mendiamkan selama 15 menit saja bisa membuat rambut kita menjadi lebih sehat, hitam dan subur. Selain itu, ada juga manfaat lidah buaya untuk kulit, seperti untuk menghilangkan bekas luka, ada juga manfaat lidah buaya untuk wajah seperti mencegah keriput dan penuaan dini.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kali ini akan kita kupas tuntas semua manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut ini 21 manfaat lidah buaya yang harus kita ketahui.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Pertama akan kita bahas apa saja manfaat lidah buaya untuk kesehatan, berikut ini diantaranya:

1. Meningkatkan sistem Imun Tubuh

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang pertama adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda dapat mengolahnya sebagai jus atau makanan dan minuman lainnya. Lidah buaya sangat kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh manusia. Radikal bebas adalah senyawa yang tidak stabil yang merupakan efek samping dari metabolisme dan berkontribusi dalam proses penuaan serta menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.


Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi lidah buaya secara teratur agar daya tahan tubuh kita lebih kuat dapat menghadapi gangguan dari luar dan dalam. Sehingga tubuh kita tidak mudah sakit.

2. Alkalisasi Tubuh

Manfaat lidah buaya yang selanjutnya adalah untuk menjaga keasaman tubuh manusia, makanan yang kita konsumsi memiliki kandungan asam. Idealnya konsumsi makanan yang mengandung asam ini 20 % untuk makanan yang memiliki kadar asam dan 80% untuk  makanan umum yang tidak memiliki kadar asam.
Jus lidah buaya merupakan salah satu makanan yang bersifat alkali. Konsumsi jus lidah buaya dapat membantu alkalisasi tubuh kita atau menyeimbangkan keasaman makanan yang kita konsumsi.

3. Mengeluarkan Racun dari dalam Tubuh

Khasiat lidah buaya untuk kesehatan yang selanjutnya adalah untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita, atau yang lebih kita kenal dengan istilah detoksifikasi. 
Lingkungan tempat kita tinggal yang dipenuhi oleh polusi, asap rokok, makanan cepat saji, pengawet, pewarna, dan lain sebagainya membuat tubuh kita menjadi tumpukan racun yang siap menunbangkan tubuh kita kapan saja. Nah, dengan mengkonsumsi jus lidah buaya tubuh anda bisa jadi lebih sehat, karena tanaman ini mengandung banyak unsur vitamin dan mineral yang dapat membantu tubuh mengatasi stres dan ketegangan sehari-hari dan meminimalisir racun dalam tubuh.

4. Menurunkan Berat Badan

Apa hubungannya lidah buaya dengan berat badan ? konsumsi jus lidah buaya akan membantu tubuh secara alami untuk membersihkan sistem pencernaan. Pola makan yang tidak sehat yang dapat menyebabkan kelainan dalam sistem pencernaan akan dinetralisir oleh jus lidah buaya ini. Pencernaan yang sempurna akan membantu anda menjaga keseimbangan konsumsi dan kelancaran proses buang air besar, selain itu lidah buaya juga dapat mengenyangkan.

5. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang sehat diperlukan untuk memastikan bahwa kita mampu menyerap semua nutrisi yang dimasukkan melalui makanan yang kita konsumsi. Selain kemampuan detoksifikasi alami, jus lidah buaya dapat meningkatkan penyerapan protein dan meningkatkan keteraturan fungsi usus. Lidah buaya juga dapat mengurangi jumlah ragi ramah dan bakteri yang ditemukan dalam usus kita. Ia juga dapat mengurangi masalah pencernaan seperti mulas.

6. Melawan Peradangan

Jus lidah buaya memiliki 12 zat yang berbeda yang dapat mengurangi dan mencegah peradangan, dan keseluruhan dari zat tersebut tanpa risiko atau efek samping. Lidah buaya bahkan dapat membantu untuk masalah bengkak, kaku atau nyeri sendi.

7. Sumber Asam Amino

Tubuh kita membutuhkan 20 asam amino yang berbeda untuk membangun protein dan tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan 8 dari asam amino ini secara mandiri. Karena jus lidah buaya mengandung 7 dari asam amino esensial dan 19 asam amino total, ia mampu dengan mudah memenuhi kebutuhan asam amino sehari-hari tubuh kita.

8. Kesehatan Kardiovaskular

Kesehatan Kardiovaskular tidak terlepas dari masalah jantung dan peredaran darah dalam tubuh. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ketika dokter menyuntikkan ekstrak lidah buaya ke dalam darah, secara drastis ia meningkatkan kemampuan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen. Lidah buaya memiliki nutrisi yang dapat mengatur tekanan darah, meningkatkan oksidasi darah dan sirkulasi agar lancar, menurunkan kolesterol dan membuat darah lebih encer.

9. Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Setiap hari tubuh kita membutuhkan beberapa vitamin dan mineral. Jus lidah buaya mengandung banyak kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut adalah daftarnya :
  • Vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin E
  • Niasin, asam folat, kromium, magnesium, mangan, seng, tembaga, potasium, zat besi, sodium, kalsium dan lain-lain.

10. Mengatur Gula Darah Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sangat ini marak terjadi karena pola hidup yang tidak sehat. Manfaat lidah buaya diantaranya dapat membantu penderita diabetes. Jus lidah buaya ini dapat membantu mengatur gula darah di dalam tubuh. Ada studi yang telah dilakukan dan menunjukkan perbaikan kadar glukosa ketika pasien diabetes meminum jus lidah buaya.
Mengapa demikian ? setidaknya dalam lidah buaya terdapat 3 senyawa ini :
  • Lektin
  • Mannans
  • Anthraquinones

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Selanjutnya akan kita bahas apa saja manfaat lidah buaya untuk rambut kita, berikut ini diantaranya:

11. Meningkatkan Kesehatan dan Pertumbuhan Rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang pertama adalah dapat menjaga, meningkatkan dan merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini didasarkan pada penelitian dari peneliti di University of Hawaii, penggunaan lidah buaya untuk rambut rontok telah digunakan semenjak zaman Mesir kuno. Lidah buaya mengandung enzim yang secara langsung meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut tampil sehat. Enzim proteolitik yang terdapat dalam lidah buaya mampu membasmi sel-sel kulit mati di kulit kepala yang bisa menyumbat folikel rambut dan menyebabkan sulit tumbuh dan mendapatkan nutrisi.
Peran lidah buaya di sini adalah untuk menghilangkan/memecah sebum dan sel mati yang terdapat pada kulit kepala, dan memungkinkan untuk pertumbuhan rambut lebih lanjut. Sifat alkalizing lidah buaya dapat membantu membawa kulit kepala dan pH rambut ke tingkat yang lebih baik, sehingga proses pertumbuhan rambut dapat maksimal. Selain itu ia juga dapat membantu rambut menjaga air dan kelembaban.

12. Menghilangkan Gatal Kulit Kepala

Lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan gatal-gatal pada kulit kepala. Ini adalah salah satu cara ampun menghilangkan gatal pada kulit kepala yang bisa anda lakukan. Herbal ini juga dapat mengurangi kemerahan, scaling, gatal dan radang kulit kepala yang disebabkan oleh psoriasis, yang secara langsung bermanfaat juga untuk rambut. Dalam sebuah penelitian yang terbitkan dalam Archives of Dermatology, lebih dari 80 persen pasien psoriasis diobati dengan lidah buaya menunjukkan perbaikan yang signifikan.

13. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Selain itu, khasiat lidah buaya untuk rambut yang tidak kalah luar biasanya adalah dapat menjaga kesehatan kulit kepala kita. Lidah buaya dapat menjaga kulit kepala dari inflamasi atau peradangan terlebih bagi anda yang memiliki kulit kepala sensitif dan rentan terhadap iritasi. Ada berbagai zat yang dapat melakukan hal ini seperti Bradykinase, dan enzim analesgic anti-inflammatic, serta asam salisilat, yang merupakan senyawa aspirin, analgesik, dan anti-bakteri.

14. Menghilangkan Ketombe

Anda memiliki masalah dengan ketombe, lakukan perawatan dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya selain menghilangkan sel-sel kulit mati, ia juga memiliki sifat anti-jamur. Hal ini karena jamur tumbuh subur di lingkungan asam, dan sifat alkalizing dari Aloe Vera akan menyebabkan jamur tidak dapat bertumbuh dengan baik

15. Mendinginkan Kulit Kepala

Lidah buaya juga dapat memberikan efek pendinginan pada kulit kepala. Gel lidah buaya dapat digunakan untuk conditioning, manfaat lidah buaya untuk rambut adalah sebagai gel pendingin yang luar biasa. Zat seperti gel yang ada pada lidah buaya terdapat komposisi kimia yang mirip dari keratin, protein yang terjadi secara alami terdapat dalam sel-sel rambut.

16. Mencegah Rambut Rontok Secara Alami

Menggunakan lidah buaya untuk shampo dan conditioner akan membantu menjaga kesehatan rambut dan membuatnya tumbuh lebih sehat dan tidak rontok tentunya.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit

Selanjutnya akan kita kupas mengenai manfaat lidah buaya untuk kulit secara alami, apa saja? Berikut ini diantaranya:

17. Melindungi Kulit dari Sengatan Sinar Matahari

Gel lidah buaya mudah diserap oleh tubuh, bahkan sampai pada lapisan epitel kulit, yang membuatnya dapat dengan mudah melindungi dan memberi kelembaban pada kulit.

18. Bermanfaat untuk Pelembab Alami

Gel lidah buaya sangat mudah diserap oleh kulit, bagi anda yang sering make up mungkin gel ini adalah aplikasi yang tepat sebelum melakukan make up.

19. Mencegah Penuaan Dini

Seiring dengan bertambahnya usia, setiap orang mulai khawatir tentang penampilan garis-garis halus dan hilangnya elastisitas kulit. Lidah buaya mengandung antioksidan termasuk, beta karoten, vitamin C dan E yang dapat membantu meningkatkan kesehatan alami kulit dan menjaga kulit dari dehidrasi.

20. Bermanfaat untuk Menghilangkan Stretchmark

Stretchmark sering terjadi pada wanita yang melahirkan, dan membuatnya sangat menjengkelkan ketika memilikistretch mark. Gel lidah buaya dapat membantu menyembunyikan ini stretch mark dengan menyembuhkan luka-luka.

Manfaat Lidah Buaya Lainnya

21. Mencegah Tumor dan Kanker

Lidah buaya juga dapat mencegah kanker dan tumor. Hal ini dikarenakan kandungan polisakarida pada tanaman ini bersifat anti-tumor dan anti-kanker, jika rutin mengkonsumsi olahan lidah buaya, perkembangan tumor dan sel kanker akan terhambat dan pada akhirnya bisa teratasi.
Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Sayang rasanya kalau tanaman yang memiliki manfaat luar biasa ini tidak kita tanam di pekarangan rumah kita. Selain untuk keindahan juga bisa kita manfaatkan sebagai herbal alami untuk berbagai macam keperluan. Demikian 21 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan dari kami, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk membagikan rahasia ini kepada yang lainnya supaya masyarakat kita semakin melek dengan tanaman herbal. Baca juga 58 Manfaat Madu untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil