21 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Mengatasi Penyakit

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan | Siapa yang tidak kenal dengna tanaman herbal temulawak. Temulawak sangat populer karena ada lagu dari Didi Petet yang liriknya menyebutkan manfaat dari jamu temulawak untuk tubuh. Memang, herbal yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dalam hal mengobati penyakit.

Sebelum kita bahas apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan ada baiknya kita berkenalan dengan tanaman yang mirip dengan lengkuas, jahe atau kunyit ini. Adapun nama Latin dari temulawak adalah Curcuma xanthorrhiza. 

Kandungan Senyawa Kimia Temulawak

Temulawak banyak dijadikan sebagai obat untuk mengobati berbagai amcam penyakit. Temulawak sangat bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan senyawa kimia yang terdapat di dalamnya seperti fellandrean dan turmerol atau yang sering disebut minyak menguap. Kemudian minyak atsiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol dan an kurkuminoid. Kurkuminoid terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin, yang bermanfaat menetralkan racun, menghilangkan nyeri sendi, meningkatkan sekresi empedu, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah, antibakteri, mencegah pelemakan dalam sel-sel hati, dan antioksidan.Sedangkan minyak atsiri menyimpan khasiat untuk meningkatkan produksi getah empedu dan menekan pembengkakan jaringan.


Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan? Pantas saja temulawak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, berikut ini adalah beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan yang perlu anda ketahui:

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

21 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Mengatasi Penyakit

1. Manfaat Temulawak untuk Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat Temulawak untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mengatasi dan mengobati berbagai ganggaun sistem pencernaan kita seperti perut kembung, dyspepsia, dan indisgestion dapat diatasi dengan temulawak. Di tahun 2006, Clinical Gastroenterology and Hepatology menyatakan bahwa pasien yang mengalami gangguan kesehatan pada ulcerative colitis mendapati penyakitnya semakin membaik dengan mengkonsumsi suplemen temulawak secara teratur. Sangat luar biasa sekali bukan? Untuk membuat jamunya akan dibahas selanjutnya.

2. Manfaat Temulawak untuk Meringankan osteoarthritis

Manfaat kesehatan yang kedua ini ternyata sudah masyur di India sejak ribuan tahun yang lalu. Temulawak, atau yang biasa dikenal dengan sebutan curcuma, memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan, seperti osteoarthritis tersebut.

3. Manfaat Temulawak untuk Mengatasi Kanker

Temulawak juga efektif dalam mengatasi penyakit kanker, seperti kanker payudara, usus, dan prostat. Dari jurnal ilmiah “The Prostate”, diketahui bahwa kandungan curcumin dalam temulawak dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. The University of Maryland Medical center menjelaskan hal tersebut dengan membuat hipotesis bahwa curcuma bekerja menghentikan pembuluh darah yang menyuplai pertumbuhan kanker.

4. Manfaat Temulawak untuk Mengatasi Sakit Limfa

Bahan: 2 rimpang temulawak, 1/2 rimpang lengkuas, 1 genggam daun meniran.
Cara membuat: temulawak dan lengkuas diparut, kemudian semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, dan disaring.
Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari 1 cangkir.

5. Manfaat Temulawak untuk Mengatasi Sakit Ginjal

Bahan: 2 rimpang temulawak, 1 genggam daun kumis kucing, 1 genggam daun kacabeling.
Cara membuat : temulawak diiris tipis-tipis, kemudian direbus bersama dengan bahan lainnya dengan 1 liter air, dan disaring.
Cara menggunakan: diminum selama 3 hari.
Obat lainnya untuk ginjal, yuk baca juga 13 Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan Mengobati Penyakit

6. Manfaat Temulawak untuk Mengatasi Sakit Pinggang

Bahan: 1 rimpang temulawak, 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari, 1 genggam daun kumis kucing.
Cara membuat : semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air, dan disaring.
Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari 1 gelas.

7. Manfaat Temulawak untuk  Mengobati Asma

Bahan: 1 1/2 rimpang temulawak, 1 potong gula aren.
Cara membuat: temulawak diiris tipis-tipis dan dikeringkan. Setelah kering direbus dengan 5 gelas air ditambah 1 potong gula aren sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas, kemudian disaring.

8. Manfaat Temulawak untuk Mengatasi Sakit Kepala dan masuk angin

Bahan: beberapa rimpang temulawak.
Cara membuat: temulawak diiris tipis-tipis, dikeringkan dan ditumbuk halus menjadi tepung. Kurang lebih 2 genggam tepung temulawak direbus dengan 4-5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas, kemudian disaring disaring.

9. Manfaat Temulawak untuk Mengobati Sakit Maag

Bahan: 1 rimpang temulawak.
Cara membuat: temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan sebentar, kemudian direbus dengan 5-7 gelas air sampai mendidih, dan disaring.
Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari 1 gelas.

10. Manfaat Temulawak untuk Mengatasi Sakit perut, Sakit perut pada waktu haid

Bahan: 1 rimpang temulawak, 3 buah mata asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya.
Cara membuat: temulawak diparut, kemudian direbus bersama bahan lainnya dengan 3-4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari 1 cangkir, pagi dan sore.

11. Manfaat Temulawak untuk  Menghilangkan bau amis sewaktu haid

Bahan: 1 rimpang temulawak, 5 buah mata asam, 1 potong gula kelapa.
Cara membuat: temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan, kemudian bersama bahan lainnya ditaruh dalam waskom (rantang/ panci), diberi 2 gelas air panas dan ditutup rapat selama kurang lebih 15 menit, dan disaring.
Cara menggunakan : diminum 3 kali, 1 kali sehari.

12 Manfaat Temulawak untuk Memperbanyak produksi ASI

Bahan: 1 1/2 rimpang temulawak, dan tepung saga secukupnya.
Cara membuat: temulawak diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur dan ditambah air panas secukupnya sehingga menjadi bubur.
Cara menggunakan : dimakan biasa.

13. Manfaat Temulawak untuk  Memacu ASI yang macet

Bahan : 1 1/2 rimpang temulawak diparut, 1 potong gula kelapa, 2-3 sendok makan adonan sagu.
Cara membuat : temulawak diparut, kemudian bersama bahan lainnya direbus dengan 1 liter air sampai mendidih dan disaring.
Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari 1 cangkir secara teratur.

14. Manfaat Temulawak untuk Mengatasi  Kesulitan buang air besar

Bahan: 1 rimpang temulawak, 3 buah mata asam, 1 potong gula kelapa.
Cara membuat : temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan sampai kering, kemudian bersama bahan lainnya diseduh dengan air panas secukupnya dan disaring.
Cara menggunakan: diminum biasa.

15. Manfaat Temulawak untuk Mengobati Sembelit

Bahan : 1 rimpang temulawak dan biji sawi secukupnya.
Cara membuat : kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, kemudian diseduh dengan air panas secukupnya dan disaring.
Cara menggunakan : diminum biasa.

16. Manfaat Temulawak untuk Menambah nafsu makan

Bahan: 2 rimpang temulawak, 1/4 rimpang lengkuas, 1/2 genggam daun meniran.
Cara membuat : semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring.
Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.

17. Manfaat Temulawak untuk Mengobati penyakit liver

Ambil 25 gram temulawak serta 30 gram daun serut/mirten, lalu campur dengan air sekitar 600 cc, kemudia rebus hingga air tinggal 300 cc. Saring airnya, minum dalam keadaan masih hangat.

18. Manfaat Temulawak untuk Mengatasi penyakit radang kandung empedu

Ambil temulawak sekitar 30 gram, iris kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam 500 cc air dan rebus hingga air yang tersisa tinggal 200 cc. Kemudian saring dan minum air rebusan temulawak tadi.  

19. Manfaat Temulawak untuk Mengatasi pegal linu, radang sendi, dan rematik.  

Ambil 20 gram temulawak dan 20 gram jahe merah. Masukkan kedalam air kira-kira 400 cc air, lalu rebus hingga air yang tersisa tinggal 200 cc. Minum air rebusan ini selagi masih hangat. 

20. Manfaat Temulawak untuk Mengatasi batu empedu

Ambil  sekitar 25 gram temulawak, 30 gram meniran, dan gula aren secukupnya. Kemudian bahan bahan tersebut dimasukkan kedalam air 500 cc,  rebus hingga air yang tersisa tinggal 200 cc, setelah hangat saring dan minum airnya.

21. Manfaat Temulawak untuk Mengatasi batuk hingga radang saluran pernapasan

Ambil 25 gram temulawak, parut dan tambahkan air matang secukupnya. Kemudian peras dan saring airnya. Berikan air perasan tadi 1 buah jeruk nipis dan madu secukupnya dan diminum. Agar hasil maksimal, ramuan temulawak dapat diminum 3 kali sehari.
Sumber:
  • http://www.tipscaramanfaat.com/manfaat-temulawak-32.html
  • http://manfaatbuahdaun.blogspot.co.id/2013/11/kandungan-manfaat-dan-khasiat-temulawak.html
Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Alam sudah menyediakan segalanya untuk kita, tinggal kita mau atau tidak untuk memanfaatkannya. Itulah 21 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Mengatasi Penyakit yang harus kita ketahui, semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikannya kepada teman anda agar mereka juga tahu apa saja khasiat temulawak untuk pengobatan alami, baca juga 14 Manfaat Buah dan Daun Sukun untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami
loading...