22 Manfaat Khasiat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

Manfaat Khasiat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan | Kunyit marupakan salah satu rempah yang tidak tidak asing lagi di telinga kita. Kunyit memiliki peran yang cukup penting untuk masakan, selain memberikan warna yang khas, kunyit juga menyumbang rasa yang sedap pada setiap masakan.

Selain untuk masakan, siapa sangka ternyata ada banyak manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan alami. Tumbuhan umbi akar yang sangat mudah hidup dan berkembang ini memiliki banyak sekali khasiat untuk kecantikan kulit kita.

Baik, sebelum kita bahas apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan alami ada baiknya kalau kita sedikit berkenalan dengan tanaman ini. Adapun nama Latin kunyit adalah Curcuma Domestica Val. Kunyit juga sering diolah menjadi jamu untuk menambah nafsu makan. Selain itu, bagi anda yang memiliki banyak noda hitam di wajah maka kunyit bisa anda jadikan anda untuk mengatasinya. 


Kunyit memiliki senyawa yang dapat meningkatkan imunitas tubuh kita, itu juga lah salah satu alasan kenapa jamu gendong terbuat dari bahan yang satu ini, kandungan senyawa tersebut adalah Antioksidan dan fitonutrien. Dengan sering mengkonsumsi jamu gendong yang terbuat dari kunyit maka tubuh kita secara keseluruhan akan lebih sehat dan bugar. 

Selain itu, Kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga hadir dengan antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan sifat anti-glikemik. Sifat ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mencegah beberapa penyakit, termasuk diabetes. Wah, ternyata luar biasa sekali ya manfaat kunyit untuk kesehatan.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

22 Manfaat Khasiat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami
Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan alami, berikut ini kami sajikan dalam bentuk list:
  1. Kunyit membantu menyembuhkan luka lebih cepat, sebagai antiseptik alami.
  2. Kunyit mengurangi kemungkinan terkena kanker karena punya sifat anti-kanker.
  3. Kunyit memberikan kontribusi dalam pertumbuhan sel dan meremajakan sel. Dengan cara ini, Anda dapat memperlambat proses penuaan.
  4. Dapat mendetoksifikasi racun berbahaya dan bahan kimia dari tubuh Anda.
  5. Rheumatoid dapat disembuhkan dengan kunyit karena mengandung anti-inflamasi.
  6. Kunyit dapat memainkan peran penting dalam hal mencegah leukemia.
  7. Memasukkan kunyit dalam diet Anda sehari-hari dapat membantu Anda meningkatkan tingkat kekebalan tubuh Anda. Selain itu juga menjaga Anda aman dari berbagai penyakit.
  8. Kunyit adalah rempah-rempah yang ideal untuk Anda jika Anda ingin menurunkan berat badan, karena dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda, membantu Anda mengelola berat badan Anda secara efektif.
  9. Kunyit dapat menyembuhkan pigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.
  10. Mencegah proses penuaan karena punya sifat antioksidan.
  11. Sebagai salah satu komponen yang membantu melembapkan kulit dan mengurangi kekeringan.
  12. Menyembuhkan memar dan mencerahkan luka bekas terbakar.
  13. Membersihkan kulit wajah, membuat kulit Anda bersinar, dan warna kulit cerah.
  14. Membantu melawan gangguan kulit, seperti eksim, psoriasis, dan ruam merah, juga membantu meringankan stretch mark atau selulit.

15. Mengatur insulin

Nah, bagi apda penderita diabetes, anda dapat mengatasi masalah insulin dengan kunyit. Pankreas menghasilkan insulin dalam tubuh manusia, anti-glikemik dalam kunyit mengatur dan menyeimbangkan kadar insulin, serta mencegah resistensi insulin dengan menurunkan gula darah juga trigliserida dalam tubuh.

16. Mengurangi lemak

Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih, konsumsilah kunyit. Tahukah anda? kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab diabetes. Jadi, kunyit membantu mencegah diabetes dengan mengendalikan berat badan melalui kandungan kurkumin. Selain itu, kandungan kurkumin juga dapat menghilangkan dan mencegah akumulasi lemak berbahaya pada tubuh.

Artikel sehat lainnya: 14 Manfaat Buah dan Daun Sukun untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

17. Mencegah infeksi

Patogen seperti virus Coxsackie B4 dikatakan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-1. Sifat antivirus, anti-bakteri, dan antibiotik kunyit dapat mencegah infeksi ini yang pada akhirnya mengobati diabetes dan mengontrolnya.

Cara Membuat Herbal dari Kunyit

Pengobatan menggunakan kunyit bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu pengobatan luar dan pengobatan dari dalam. Untuk pengobatan dalam biasanya kunyit dijadikan minuman atau sebagai jamu. Untuk pengobatan luar, kunyit bisa diparut dan dijadikan masker. Bisa juga dibuat salep dan ditempelkan pada bagian yang sakit.

18. Untuk Pengobatan Dalam

Jika anda ingin membuat ramuan herbal kunyit untuk pengobatan dalam, konsumsi satu sendok teh kunyit bubuk. Bisa dicampur dengan susu atau gula. Tambahkan air hangat, aduk, dan minum secara teratur. Minum setiap hari dan lihat manfaatnya untuk kulit Anda.

19. Untuk Pengobatan Luar

Kunyit juga apat dimanfaatkan untuk mengobati tubuh bagian luar, buatlah pasta kunyit dengan tepung buncis dan sedikit air. Terapkan pasta ini sebagai masker, diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Lihat perbedaan yang terjadi pada kulit wajah Anda.

20. Mengobati Keputihan dengan Kunyit

Kunyit juga dapat digunakan oleh wanita untuk mengatasi keputihan, ambil dua rimpang kunyit, satu genggam daun beluntas, satu gagang buah asam, sepotong gula kelapa atau aren. Semua bahan direbus hingga mendidih dengan menggunakan satu liter air kemudian disaring. Minumlah secara rutin sati gelas sehari. 

21. Mengobati Koreng dan Gatal

Selain itu, kunyit juga bisa digunakan untuk mengatasi koreng dan gatal, tumbuk kunyit kemudian campur dengan minyak, lalu dioleskan di area yang bermasalah.

22. Merangsang Keluarnya ASI

Bagi sebagian ibu hamil, mungkin anda bermasalah karena tidak bisa mengeluarkan ASI, kunyit bisa anda jadikan sebagai solusinya, gunakan pupuk kunyit yang disapukan pada payudaranya. Dan masih banyak lagi cara pengobatan dengan kunyit ini.

Bagaimana? Sangat banyak sekali ternyata manfaat kunyit bukan? Itulah 22 Manfaat Khasiat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami yang harus anda ketahui, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar mereka juga mendapatkan manfaat kunyit seperti anda. Baca juga 12 Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan