34 Manfaat Stroberi untuk Kesehatan dan Kecantikan Serta Ibu Hamil

34 Manfaat Strawberry untuk Kesehatan KitaStrawberry atau storberi termasuk buah yang jarang kita temui. Habitatnya yang tidak bisa hodup disembarang tempat menjadikan buah ini menjadi salah satu buah mewah. Bentuknya sangat cantik, warna yang merah merona membuatnya semakin menarik.

Strawberry biasanya dijadikan sebagai jus, bahan kue, atau dikonsumsi secara langsung. Jika sudah diolah, strawberry bisa menjadi rasa yang dominan pada makanan atau minuman tersebut. DIbalik rasanya yang asam manis, ternyata kandungan nutrisi yang terdapat di dalam strawberry sangat tinggi, buah ini mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, kalsium, magnesium, sodium, potasium, seng, besi, asam folat, beta karoten, vitamin E, vitamin K serta ant-oksidan.

Sangat banyak sekali bukan? Kalau anda menyukai buah ini, maka itu merupakan hal yang sangat baik. Kali ini admin ingin berbagi 34 Manfaat Strawberry untuk Kesehatan Kita. Hmm, apa saja ya kira-kira? Mari kita ulas.

Namun, ada baiknya kalau kita bahas terlebih dahulu apa saja kira-kira kandungan nutrisi buah strawberry.

Kandungan Nutrisi Buah Strawberry

Di atas sudah disebutkan beberapa kandungan nutrisi pada strawbeerry. Secara langkap berikut ini: delapan buah strawberry atau 1 gelas potongan strawberry mengandung 50 kalori dan tidak mengandung kolesterol, delapan buah strawberry memberi 30 mikrogram asam folat ini setara dengan 7,5 % kebutuhan asam folat harian ibu hamil yakni 400 mikrogram. Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin B yang sangat penting bagi tubuh.

Menurut WHO orang dewasa membutuhkan 400 mikro gram asam folat per hari, sedangkan wanita hamil membutuhkan minimal 800 mikro gram asam folat per hari karena asupan asam folat bagi ibu hamil sangat penting. vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, kalsium, magnesium, sodium, potasium, seng, besi, asam folat, beta karoten, vitamin E, vitamin K serta ant-oksidan. 

Manfaat Strawberry untuk Kesehatan

34 Manfaat Strawberry untuk Kesehatan dan Kecantikan Serta Ibu Hamil

1. Menjaga Kesehatan Mata

Alasan utama terhadap hampir semua permasalahan mata adalah radikal bebas dan kekurangan nutrisi tertentu. Dengan semakin bertambahnya usia dan kurangnya nutrisi pelindung, radikal bebas akan dengan mudah menyebabkan permasalahan pada mata. Beberapa anti-oksidan seperti vitamin C dan flavonoid hadir dalam stroberi,di mana dapat menangkal perkembangan yang berhubungan dengan penyakit mata terkait usia seperti katarak dan degenerasi makula.

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Stroberi mengandung serat yang tinggi namun rendah kalori. Serat makanan yang terkandung di dalam stroberi dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga menurunkan kadar gula darah.

3. Anti-inflamasi

Stroberi mengandung senyawa kimia yang bernama fenol, bermanfaat dalam melawan gangguan inflamasi seperti osteoarthritis, asma, dan aterosklerosis dengan cara menghambat enzim Cyclooxygenase (COX), cara yang sama seperti aspirin dan ibuprofen lakukan. Namun demikian, hal tersebut tidak memberikan efek samping yang tidak diinginkan seperti pendarahan usus dan perut.

4. Anti kanker

Kombinasi antara antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang ditemukan dalam buah stroberi diketahui dapat melawan berbagai bentuk kanker. Hal ini berkat vitamin C, folat, dan flavonoid yang terkandung di dalamnya.

5. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Lagi-lagi ini berkat tingginya vitamin C yang terkandung di dalamnya. Secangkir stroberi mengandung 136 persen vitamin C, sebuah antioksidan yang efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

6. Menjaga kesehatan tulang

Mangan yang terkandung dalam stroberi diketahui baik untuk tulang, membantu membangun dan menjaga struktur tulang dengan baik. Kalium, vitamin K, dan magnesium dalam stroberi juga penting bagi kesehatan tulang.

7. Menjaga kesehatan jantung

Serat yang tinggi, folat, antioksidan (vitamin C dan flavonoid), serta rendahnya lemak dalam buah stroberi secara serempak menjadi suatu paket kesehatan yang ideal bagi jantung, hal ini karena senyawa-senyawa tersebut secara efektif dapat mengurangi kolesterol. Beberapa kandungan lain seperti vitamin B yang hadir dalam buah stroberi juga berperan memperkuat otot jantung dan membantu fungsi jantung yang lebih baik.

8. Menjaga fungsi otak

Semakin bertambahnya umur seseorang maka juga akan berefek pada semakin melemahnya jaringan otak dan saraf, yang pada akhirnya dapat mengganggu fungsi otak. Antioksidan yang terkandung dalam stroberi seperti vitamin C dan fitokimia dinilai mampu menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, stroberi juga kaya akan yodium yang dapat membantu menjaga fungsi otak dan sistem saraf.

9. Kesehatan Jantung

kandungan salah satu nutrisi penting dalam strawberry seperti mangan sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan jantung serta mengurangi peradangan dan juga stroke.

10. Diet sehat

jika anda sedang melakukan diet sehat anda bisa membuat jus strawberry untuk menu minuman sehat anda, karena jus stroberi termasuk minuman rendah kalori yang sangat baik untuk membantu diet sehat anda.

11. Kesehatan ibu hamil

kandungan asam folat dalam buah strawberry sangat baik untuk para ibu hamil karena asam folatnya dapat membantu perkembangan otak bayi yang sedang dikandungnya, selain itu asam folat bermanfaat juga untuk mencegah bayi terlahir dalam kondisi cacat.

12. Kesehatan kulit

asam ellagic dalam strawberry berperan sebagai anti oksidan sangat baik untuk mencegah kanker serta menyehatkan kulit anda terhadap radikal bebas dan mencegah terjadinya kulit keriput serta membantu mencegah terjadinya kerusakan akibat sinar UV, sehingga sangat baik untuk menyehatkan kulit dan mengatasi penuaan dini, selain itu kandungan asam salisilat, flavonoid dan vitamin c dalam strawberry dapat juga membantu mengatasi masalah jerawat dan minyak berlebih.

13. Mencegah tekanan darah tinggi

buah strawberry mengandung potasium dan zat besi yang sangat bermanfaat untuk menurunkan dan menyeimbangkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. 

14. Mencegah anemia

uah strawberry kaya akan kandungan zat besinya sehingga sangat baik untuk anda yang mengalami anemia, karena strawberry sangat baik untuk membantu meningkatkan jumlah sel-sel darah merah dalam tubuh.

15. Suasana hati

dengan rutin mengkonsumsi buah strawberry sangat baik untuk menjaga mood anda menjadi lebih baik dan rileks karena strawberry dapat membantu pelepasan serotonin yang mempengaruhi suasana hati seseorang.

16. Kesehatan tulang

Kandungan mangan, kalium dan juga vitamin K dalam strawberry dapat membantu untuk mempertahankan kepadatan tulang sehingga sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari agar tulang anda lebih kuat dan sehat.

17. Kaya akan zat anti oksidan

Stroberi juga merupakan zat antioksidan yang baik sebab stroberi tinggi akan vitamin C. Oleh sebab itu stroberi juga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

18. Menghilangkan jerawat

Vitamin C, Alpha Hydroxy Acids ( AHA ), asam salisilat dan flavonoid dalam buah strawberry membantu dalam membersihkan jerawat dan mengurangi minyak  berlebih. Dengan demikian, buah strawberry merupakan  bahan alami untuk menghilangkan jerawat.   

19. Mempertajam daya ingat serta kesehatan mental

penelitian telah Telah menunjukkan bahwa bahwa, selain memiliki efek anti - anemia, folat yang ditemukan dalam buah strawberry juga ber-manfaat untuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kemampuan otak untuk memproses informasi . Hal ini juga penting untuk mencegah cacat otak pada bayi selama masa kehamilan sang ibu. 

20. Mencegah Pertumbuhan jamur

Strawberry adalah sumber yang baik dari mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium. kombinasi  antara mangan, tembaga dan  asam dikarboksilat  dapat menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala. 

21. Menjaga kesehatan  Jantung 

Anti - oksidan yang ditemukan dalam buah strawberry berupa perpaduan antara vitamin C dan anthocyanidins, dapat membantu melindungi arteri dari kerusakan, serta mencegah pembentukan bekuan darah dalam pembuluh darah. 

22. Menurunkan  Kolesterol

Strawberry kaya akan phyto - nutrisi yang merupakan jenis senyawa yang berperan untuk mencegah dari berbagai macam penyakit. Senyawa ini juga lah yang membuat warna dan juga bau pada buah strawberry. Senyawa ini juga telah terbukti mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan menghambat oksidasi low density lipo - protein ( LDL).

23. Mengencangkan dan Menghaluskan Wajah

Caranya : Haluskan beberapa buah Strawberry sampai benar benar halus. Kemudian  
                tambahkan 1 sendok madu. Setelah itu oleskan secara merata pada kulit wajah dan
                biarkan selam 30 menit. Setelah itu cuci bersih menggunakan air hangat.

24. Mencegah terkena Diabetes

25. Memutihkan Gigi

26. Mencegah Leukimia

Manfaat buah strawberry bagi ibu hamil

27. Sebagai asupan vitamin C yang tingkat keasamannya aman untuk lambung dan bermanfaat bagi pertumbuhan anak. 

28. Menurunkan resiko kanker leher rahim, payudara, dan tenggorokan. 

29. Memenuhi kebutuhan harian asam folat.

30. Untuk mencegah Leukimia. 

31. Untuk peningkatan kekuatan otak dan menjaga penglihatan tetap jernih. 

32. Untuk menjaga gigi anak-anak tetap sehat, 

33. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi. 

34. Menyehatkan saluran pencernaan dan bermanfaat bagi jantung dan otak.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaatnya buah strawberry bukan hanya untuk ibu hamil, namun untuk semuanya.

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan? Itulah 34 Manfaat Strawberry untuk Kesehatan Kita. Snagat dianjurkan untuk mengkonsumsi strawberry. Baca juga 21 Manfaat Buah Kelengkeng bagi Kesehatan Tubuh.