22 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Pisang, salah satu makan favorit bagi hewan yang satu garis perkembangan dengan kita. Namun, tahukah anda? Buah ini memiliki nutrisi yang sangat tinggi, sehingga sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Kali ini akan kita akan membahasnya secara rinci.

22 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi yang tinggi seperti vitamin dan serat dapat menyehatkan jantung. Bahkan, pisang memiliki kandungan karbohidrat 2 kali dan vitamin A 5 kali dibandingkan apel. Wow, banyak sekali ya. Selain itu, kandungan potasium pada pisang mencapai 400 mg. Dengan demikian, pisang akan sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung kita.

2. Sumber energi

Selain nutrisi di atas, pisang juga merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh kita. Kandungan karbohidrat pada pisang bisa menjadi sumber energi bagi tubuh kita. Selain itu, dengan mengkonsumsi pisang 2 kali sehari akan meningkatkan daya tahan tubuh kita.

3. Dapat menurunkan berat badan

Buah Pisang, manfaat pisang, khasiat pisang, pisang, manfaat pisang bagi kesehatanBagi anda yang sedang menjalankan program diet, maka pisang akan sangat membantu menurunkan berat badan. Masalah berat badan berlebih kerap mengganggu kita yang hidup serba instan, dengan mengkonsumsi pisang secara rutin maka akan membantu pembakaran lemak lebih cepat. Kandungan kalori pada pisang sangat rendah.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Kabar gembira, karena pisang mampu meningkatkan kesehatan otak kita. Konsumsi pisang 3 kali sehari untuk otak lebih sehat.

5. Mengobati jerawat

Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu, penghilang jerawat. Lumatkan buah pisang kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan lalu bersihkan menggunakan air. Ulangi cara ini selama beberapa hari sampai jerawat hilang dan kulit pun menjadi bersih.

6. Menghaluskan kulit wajah

Bagi anda yang ingin memiliki kulit halus, lakukan perawatan dengan pisang. Pertama hancurkan pisang lalu tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan untuk dijadikan masker pada wajah. Lakukan secara rutin dan kulit wajah akan menjadi halus.

7. Mengatasi diabetes

Tidak semua pisang yang bisa mengatasi diabetes, khusus pisang khas daerah Gorontalo yaitu goroho yang dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda yang dapat digunakan sebagai makanan tambahan untuk penderita diabetes.

8. Menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh

Tubuh kita membutuhkan nutrisi yang seimbang, selain itu juga cairan untuk metabolisme sehari-hari. Jika tubuh kekurangan cairan maka akan mengakibatkan dehidrasi. Jika tubuh kita dehidrasi maka akan mengakibatkan tubuh mudah lelah, kinerja menurun dan gangguan konsentrasi. Kandungan kalium pada pisang akan membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.

9. Mengobati sakit maag

Bagi anda yang menderita sakit maag, maka pisang mungkin bisa menjadi solusi yang baik. kandungan zat penangkal asam dapat meredakan asam lambung.

10. Mengatasi anemia

Kandungan zat besi pada pisang sangat tinggi, bagi penderita anemia buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur. Konsumsi pisang 2 buah sehari. Dengan cara itu, sel darah merah akan menjadi normal kembali.

11. Menyehatkan tulang

Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, buah pisang ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.

12. Mengobati luka bakar

Mudah sekali mengobati luka bakar dengan pisang, caranya pertama bakar daun pisang, ambil abunya dan kemudian tambahkan minyak kelapa. Oleskan pada kulit yang terkena luka bakar.

13. Mencegah penyakit jantung

Kalau di atas untuk mengobati penyakit jantung, ternyata anda juga bisa mencegah penyakit jantung dengan buah pisang. kandungan vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi lemak. Kalium yang terkandung dalam buah pisang merupakan suatu tonik yang baik bagi untuk kesehatan jantung. Serat pektin berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

14. Memperlancar sistem pencernaan

Kalau manfaat yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Dengan mengkonsumsi buah pisang secra teratur maka akan memperlancar sistem pencernaan anda. 

15. Meningkatkan mood

Mengkonsumsi pisang juga dapat menignkatkan mood kita. Jadi good mood atau lebih stabil dan rileks.

16. Mengatasi gatal karena gigitan nyamuk

Caranya, oleskan kulit pisang secara perlahan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.

17. Melancarkan peredaran darah

Pisang membantu memperlancar sirkulasi dalam tubuh, hal ini dikarenakan kandungan kalium dan potasium pada pisang. Dengan demikian, maka suplai oksigen ke dalam otak menjadi lebih lancar. Selain itu, fungsi kalium juga dapat membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko terserang stroke, dan mengatur tekanan darah.

18. Mengurangi rasa sakit ketika haid

Rasa nyeri saat haid kerap terjadi pada sebagian wanita. Anda dapat mengurangi rasa nyeri dengan pisang. Perbanyak mengkonsumsi buah ini.

19. Mengurangi pembengkakan

Buah ini juga bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan, melindungi resiko diabetes tipe II, memperkuat sistem saraf tubuh, membantu menurunkan berat badan, serta membantu memproduksi sel darah putih. Hal ini dikarenakan tingginya kadar vitamin B-6 dalam buah pisang.

20. Mengobati sembelit

Selain baik untuk sistem pencernaan, pisang juga sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan dari berbagai gangguan seperti sembelit. 

21. Menurunkan tekanan darah

Pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dan stroke akibat penyumbatan pembuluh darah dapat di minimalisir atau bahkan diobati secara tuntas dengan mengkonsumsi pisang secara teratur. Kandungan kalium yang cukup tinggi dalam buah pisang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan stroke. Inilah alasan mengapa dokter sering menganjurkan pasien penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) untuk mengkonsumsi lebih banyak pisang. 

22. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada pisang dapat menyehatkan mata kita dan mencegah berbagai gangguan mata.

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan? Jangan ragu-ragu lagi untuk mengkonsumsi pisang sacara teratur. Demikianlah 22 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui, semoga bermanfaat. Baca juga Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan dan Kecantikan Secara Alami dan Manfaat dan Khasiat Buah Apel untuk Mengobati Kanker.