Manfaat Buah Jarak, Minyak, Daun, Getahnya untuk Kesehatan

Manfaat Buah Jarak, Minyak, Daun, Getahnya untuk Kesehatan | Anda tentu kenal dengan tanaman jarak. Tanaman ini sempat heboh beberapa karena dapat diolah untuk menjadi biogas, namun kini sepertinya tidak ada lagi kabar beritanya. Setidaknya ada 4 jenis tanaman jarak yang ada di Indonesia, diantaranya adalah:

1. Jarak Pagar (Jatropha curcas L.)

Jarak Pagar (Jatropha curcas L.)
Jarak pagar merupakan jenis yang paling populer diantara tiga jenis tanaman jarak lainnya. Tidak heran mengingat tanaman ini lebih dekat dengan manusia dan sudah mulai ditanam sebagai tanaman komoditas untuk pengganti bahan bakar minyak.

 


 
2. Jarak Kepyar/Jarak Kaliki/Jarak Kosta (Ricinus communis Linn.)

Ricinus communis Linn
Bentuk dari tanaman jarak kepyar sangat berbeda dari jarak pagar. Dari sisi batang, daun bahkan hingga bunga dan buahnya. Sepintas, jarak kepyar ini lebih mirip tanaman singkong dan buahnya seperti rambutan berukuran kecil. Namun tetap saja ini merupakan tanaman jarak. Dapat ditemukan di hutan liar, atau sepanjang pantai. Seperti jarak pagar, jarak kepyar juga sudah mulai dibudidayakan sebagai tanaman perkebunan.

 


 
3. Jarak Ulung/Jarak Wulung (Jatropha gossypifolia L.)

Jarak Wulung (Jatropha gossypifolia L.)
Tanaman ini biasanya tumbuh liar di tempat-tempat terang yang terkena sinar matahari langsung. Misalnya di tepi jalan, semak belukar, atau di pinggir lapangan rumput. Termasuk perdu tahunan yang habitat aslinya berasal dari Amerika Serikat. Hampir mirip dengan jarak kepyar, tapi yang jenis ini warnanya ungu tua.

 


 
4. Jarak Bali (Jatropha podagrica Hook.)


Jarak Bali (Jatropha podagrica Hook.)Melihat sekilas penampilan Jarak Bali, Anda tidak akan menyangkan bahwa ini masih merupakan tanaman jarak. Kecuali melihat buahnya yang memang mirip. Jarak Bali disebut juga jarak hias, karena memang sering digunakan sebagai tanaman hias berkat penampilannya yang cukup menarik, terlebih jika sudah berbunga. Maka jangan heran, jika banyak orang mananamnya dalam pot atau di pekarangan rumah.

Manfaat Tanaman Jarak Pagar untuk Kesehatan

Manfaat Buah Jarak, Minyak, Daun, Getahnya untuk Kesehatan
Ternyata tanaman jarak memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, tidak hanya buahnya saja, daun, getah bahkan minyak jarak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Daun Jarak Pagar untuk Kesehatan

Tanaman ini ternyata memiliki banyak rahasia, dan sudah sejak dahulu digunakan sebagai herbal untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Bagian daun tanaman jarak dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan diantaranya adalah:

1. Perut kembung, masuk angin

Caranya: ambil dua lembar daun jarak pagar, cuci bersih lalu panaskan di atas api hingga layu. Jangan sampai kena api karena bisa gosong. Oleskan sedikit minyak kelapa, minyak telon atau minyak kayu putih, lalu tempelkan pada bagian perut. Biarkan beberapa jam, maka sesuatu yang ajaib akan terjadi. Si anak akan mulai mulai buang angin.

2. Sembelit (Susah Buang Air Besar)

Caranya, ambil beberapa lembar daun jarak pagar yang masih muda kemudian dikukus. Setelah matang dimakan seperti biasa sebagai lalapan teman makan nasi. Lakukan secara teratur agar cepat sembuh.

Manfaat Getah Tanaman Jarak untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat getah tanaman jarak untuk kesehatan yang harusn ana ketahui:

1. Mengobati sakit gigi

Getah jarak biasa dijadikan sebagai obat sakit gigi tradisional. Caranya, lukai kulit pohon jarak dengan pisau tajam, maka akan keluar getahnya. Nah, ambil getah pohon jarak tersebut menggunakan kapas. Tempelkan kapas tersebut pada bagian gigi yang sakit dan diamkan selama beberapa menit. Getah jarak pagar bersifat antimikroba sehingga dapat mengusir bakteri jenis staphylococcus, streptococcus dan escherechia coli.

2. Mengobati luka sariawan

Sariawan banyak penyebabnya, dari mulai kekurangan vitamin C, panas dalam, hingga luka bagian mulut karena tergigit.  Letaknya bisa di bibir, di lidah atau di dinding mulut bagian samping, atas dan bawah. Getah jarak pagar bisa dijadikan sebagai obat sariawan tradisional. Caranya, ambil getah jarak dengan kapas atau cotton bud. Tempelkan pada bagian mulut yang terkena sariawan. Lakukan secara rutin agar sariawannya cepat sembuh.

3. Mengobati luka

Banyak hal yang dapat menyebabkan tubuh kita terluka. Ada karena terjatuh, kecelakaan, atau terkena sayatan benda tajam. Untuk mengobati luka yang masih baru cepat kering, Anda bisa menggunakan getah pohon jarak. Caranya, ambil getah pohon jarak dengan kapas atau cotton bud, lalu tempelkan pada bagian tubuh yang luka.

4. Mengobati radang telinga

Adanya peradangan pada telinga akan menyebabkan telinga terasa sakit yang berimbas pada pendengaran Anda. Meski tidak menjadikan kemampuan pendengaran menurun, kita akan merasa tidak nyaman. Hal tersebut bisa diatasi dengan getah pohon jarak yang dijadikan sebagai obat tetes telinga. Ambil getah jarak sebanyak satu sendok makan. Kemudian teteskan pada telinga sebanyak 6 tetes, diamkan beberapa saat kemudian bersihkan dengan kapas secara lembut.

5. Mengobati keputihan pada mulut bayi

Keputihan tidak hanya terjadi pada bagian intim wanita, tetapi juga pada mulut bayi. Penyebabnya bukan ASI seperti yang orang awam pikirkan. Penyebabnya adalah jamur candida yang menempel pada puting ibunya, yang kemudian saat menyusui berpindah pada mulut bayi dan berkembang biak disana. Jika bayi Anda mengalaminya, ambil tangkai daun jarak yang masih segar, maka akan keluar getahnya lalu oleskan pada mulut bayi.

Manfaat Biji Jarak dan Minyak Jarak untuk Kesehatan

Biji jarak pagar memang mengandung racun yang dapat menyebabkan keracunan jika dikonsumsi berlebihan. Namun, jika dikonsumsi dengan tepat, biji jarak bisa dijadikan sebagai obat ambeien kronis dan ambeien berdarah. Aturan makannya adalah setiap pagi dan malam. Jangan lebih dari itu.
Minyak jarakdapat digunakan untuk mengobati penyakit koreng akibat jamur, bengkak dan gatal-gatal pada kulit. Hangatkan minyak jarak, kemudian oleskan pada bagian tubuh yang sakit. Untuk mengatasi bengkak, Anda bisa mencampurkan minyak jarak dengan minyak urut.

Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan, mungkin setelah ini anda harus mulai menanam tanaman jarak di pekarangan rumah anda. Itulah Manfaat Buah Jarak, Minyak, Daun, Getahnya untuk Kesehatan yang harus anda ketahui, semoga bermanfaat. Baca juga 12 Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan Sebagai Obat Alami.