13 Manfaat Mahoni untuk Kesehatan dan Kecantikan

13 Manfaat Mahoni untuk Kesehatan dan Kecantikan | Tanaman mahoni merupakan salah satu tanaman yang kayunya dimanfaatkan untuk berbagai keperluan tekstil, dibuat untuk kayu atua papan yang dimanfaatkan untuk membuat lemari, kursi, meja atau aneka ukiran yang cantik.

Dibalik manfaat mahoni untuk keperluan tekstel tersebut, ternyata tanaman mahoni memiliki biji yang berkhasiat untuk kesehatan manusia. Manfaat biji mahoni untuk kesehatan masih belum banyak diketahui oleh masyarakat kita. Padahala biji mahoni bisa diolah menjadi herbal yang dapat mengobati berbagai penyakit. Kali ini admin ingin berbagi mengenai manfaat mahoni untuk kesehatan.

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai manfaat mahoni untuk kesehatan, ada baiknya kalau berkenalan terlebih dahulu dengan tanaman ini. Mahoni termasuk pohon besar dengan tinggi pohon mencapai 35–40 m dan diameter mencapai 125 cm. Batang lurus berbentuk silindris dan tidak berbanir. Kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal seperti sisik, sedangkan kulit batang berwarna abu-abu dan halus ketika masih muda, berubah menjadi cokelat tua, beralur dan mengelupas setelah tua. Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 tahun, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pada mahkota, kepala sari putih, kuning kecoklatan. Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, warnanya cokelat. Biji pipih, warnanya hitam atau cokelat. Mahoni dapat ditemukan tumbuh liar di hutan jati dan tempat-tempat lain yang dekat dengan pantai, atau ditanam di tepi jalan sebagai pohon pelindung.  Tanaman yang asalnya dari Hindia Barat ini, dapat tumbuh subur bila tumbuh di pasir payau dekat dengan pantai. (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Mahoni).

Manfaat Mahoni untuk Kesehatan dan Kecantikan 

13 Manfaat Mahoni untuk Kesehatan dan Kecantikan
Nah, baik berikut ini adalah beberapa Manfaat Mahoni untuk Kesehatan yang harus kita ketahui:

1. Hipertensi (Tekanan darah tinggi):

Manfaat pertama dari biji mahoni adalah untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Caranya: 8 gram biji segar diseduh dengan 2 gelas air panas. Setelah dingin disaring lalu dibagi menjadi 2 bagian. Minum pagi dan sore hari.

2. Mengontrol Gula Darah

Manfaat biji mahoni yang lainnya adalah dapat digunakan uintuk mengobati diabete atau penyakit gula darah. Caranya dengan mengkonsumsi 1/2 sdt biji mahoni bubuk dengan air hangat sebelum makan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kandungan saponin yang ada pada tanaman mahoni, langsung bertanggung jawab untuk membantu mengeluarkan gula darah. 

3. Penangkal Serangga

Biji mahoni yang diambil dalam bentuk bubuk, dapat berfungsi sebagai semacam semprotan penangkal serangga. Secara khusus, saponin dalam bijinya cenderung untuk mencegah serangga. Bagi orang-orang yang tinggal di iklim tropis atau yang tidak bisa menghindari kontak dengan serangga seperti nyamuk pembawa malaria, bubuk biji mahoni dapat digunakan sebagai suplemen untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang ditularkan oleh serangga.

4. Mengatasi Sembelit

Biji mahoni juga dapat digunakan untuk mengobaati sembelit. Konsumsi buah ini dengan cara dihancurkan kemudian diminum bersama dengan air hangat untuk meredakan sembelit.

5. Mengurangi Alzheimer

Tambahkan biji buah mahoni pada makanan anda maka dapat dikurangi. Penyakit Alzheimer tidak dapat disembuhkan dan tidak regeneratif, oleh karena itu bentuk-bentuk bantuan untuk bertahan hidup seperti ini sangat diperlukan.

6. Nyeri Haid

salah satu cara untuk mengatasi nyeri saat haid adalah dengan menggunakan herbal mahoni. Makan sejumput buah mahoni pada hari pertama siklus menstruasi, akan mengurangi rasa sakit.

7. Tingkat Kehamilan

Daging buahnya yang dikonsumsi dapat meningkatkan kesuburan.

8. Menambah Nafsu Makan

Jika anda sering hilang nafsu makan, maka mahoni bisa dijadikan sebagai solusi.

9. Demam, masuk angin

Obati demam dan masuk angin dengan ramuan mahoni. Caranya: 1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/4 cangkir air panas, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Diminum selagi hangat, lakukan 2-3 kali sehari.

10. Eksema dan rematik

1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/2 cangkir air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu. Diminum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari.

11. Manfaat Mahoni yang Lainnya

Ekstrak buah mahoni dan biji mahoni bubuk keduanya merupakan suplemen gizi yang dapat diambil untuk berbagai hasil positif. Manfaat kesehatan dari buah mahoni dan biji mahoni lainnya meliputi :
  • memerangi radikal bebas dengan antioksidan
  • menurunkan membangun lemak dalam aliran darah
  • menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengambil suplemen biji mahoni teratur dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan Anda dalam berbagai cara, dan dengan demikian menyebabkan lebih kesejahteraan umum.

Efek Samping Mengkonsumsi Mahoni 

Disamping manfaatnya yang cukup banyak, ada juga sedikit efek sampingnya. Dari catatan di atas ada 2 bahan kandungan biji Mahoni:

1. Saponin,
2. Flavonoid

Yang nomor 1 perlu diwaspadai, karena dalam jumlah tertentu akan meningkatkan resiko terjadinya kolesterol pada cairan empedu, yang pada akirnya akan menimbulkan batu empedu. Disamping itu juga bertindak sebagai steroid. Yang nomor 2, maksimal dosis per hari adalah 200 mg.

Disamping itu itu orang tertentu, rupanya belum sampai ke meningkatnya kolesterol cairan empedu, sudah merasa sakit di ulu hati. Jadi, asal bisa mengukur dosis, dan tidak digunakan dalam waktu yang lama, mungkin karena efek flavonoida yang membantu permeability atau kelenturan pembuluh darah, maka memang bisa digunakan untuk tekanan darah tinggi.

Masalahnya, dalam penelitian mengenai saponin, tidak menggunakan mahoni, juga dalam database depkes tidak ada banyaknya kandungan perbiji berapa. Karena manusia itu unik, juga, tumbuhan mahoni dengan tempat tumbuh tertentu menghasilkan kadar tertentu juga maka menjadi sukarlah bagai kita untuk mengatur dan menentukannya.

Menurut pengalaman praktisi herbalis, sebaiknya cukup dimakan 1 biji perhari, jika dimakan langsung. Dosis yang lain disetarakan dengan itu.

Sumber:
1. Manfaat dan kandungan biji mahoni  (http://manfaatdankandungan.blogspot.co.id/2013/04/manfaat-dan-kandungan-biji-mahoni.html)
2. 8 Manfaat Buah dan Biji Mahoni (http://manfaat.co.id/manfaat-buah-mahoni)
3. 1000 Manfaat Biji Mahoni Sebagai Obat Kesehatan (http://www.indonews.co.id/1000-manfaat-biji-mahoni-sebagai-obat-kesehatan/)
4. Mahoni (https://id.wikipedia.org/wiki/Mahoni)

Bagaimana? Ternyata sangat banyak sekali ya manfaat tanaman mahoni? Itulah  13 Manfaat Mahoni untuk Kesehatan dan Kecantikan yang harus kita ketahui, semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan juga sama yang lainnya, agar mereka juga tahu manfaatnya. Baca juga:
loading...