22 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil: Cegah Prematur, Anemia dan Lainnya

Manfaat buah naga untuk ibu hamil sangat luar biasa sekali. Kenapa? Karena dengan mengkonsumsi buah naga, kebutuhan nutrisi seperti asam folat akan terpenuhi. Asam folat atau folic acid sangat dibutuhkan oleh janin.
Kalau untuk kandungan buah naga, sudah tidak diragukan lagi, ada banyak sekali nutrisi yang terdapat di dalamnya. Selain untuk ibu hamil buah naga juga bermanfaat untuk kecantikan, silahkan baca 3 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan dan Perawatan Kulit Halus Alami. Selain itu, pada artikel sebelumnya juga sudah dibagikan mengenai 24 Manfaat dan Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan dan Kecantikan.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Ibu Hamil yang Sangat Luar Biasa

Kandungan Buah Naga dan Khasiatnya Untuk Kehamilan

Buah naga tinggi akan kandungan likopen, yaitu senyawa yang sangat kuat untuk memerangi penyakit jantung dan kanker. Selain itu, likopen juga efektif untuk menurunkan tekanan darah. Buah naga juga mengandung vitamin C, betakaroten, serat, dan asam folat yang sangat baik untuk ibu hamil. Kekurangan asam folat diketahui dapat menyebabkan bayi yang lahir mengalami cacat saraf.
Karbohidrat yang terkandung dalam buah naga juga sangat bermanfaat untuk mengatasi rasa kelelahan pada ibu hamil. Kandungan kalsium yang tinggi sangat baik untuk membantu pembentukan tulang pada janin. Sedangkan protein, kalium, dan zat besi akan meningkatkan daya tahan wanita hamil terhadap serangan penyakit.

1. Mencegah Kelahiran Prematur

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang pertama adalah dapat mencegah kelahiran prematur. Kelahiran prematur tentu menjadi momok yang menakutkan bagi setiap ibu, kita tentu menginginkan melahirkan normal, dan anak yang sehat. 

Nah, kandungan folat buah naga bermanfaat untuk mencegah kelahiran prematur pada bayi. Konsumsi buah ini secara rutin. 

2. Membentuk Sel Darah Merah 

Ibu hamil sering sekali mengalami gejala anemia atau kurang darah sehingga lesu, lemah, letih dan tidak bergairah. Efeknya tentu tidak baik untuk kesehatan janin dan bayi, karena bayi bisa kekurangan asupan nutrisi.

Nah, buah naga ini sangat baik untuk menambah darah, hal ini dikarekan dalam 100 miligram buah naga terdapat kandungan zat besi sebanyak 0,65. 

Zat besi ini sangat bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah sehingga bisa mengurangi resiko anemia pada ibu hamil. Saat hamil, sel darah merah ibu terbagi menjadi dua yaitu untuk ibu hamil itu sendiri dan juga untuk janin yang ada di dalam kandungannya.Oleh sebab itulah ibu hamil rentan untuk terkena anemia. 

Perlu diwaspadai, jika janin yang terkena anemia bisa rentan mengalami kelainan darah, kecerdasan berkurang dan masih banyak lagi lainnya. Fungsi zat besi itu juga digunakan untuk memasok nutrisi dan oksigen ke dalam tubuh janin. 

3. Sumber Energi

Nutrisi yang sangat lengkpa pada buah naga menjadi sumber energi bagi ibu hamil, dalam 100 gram buah naga yang dikonsumsi oleh ibu hamil, buah naga tersebut mengandung karbohidrat sebanyak 9 gram sampai dengan 14 gram per harinya. Saat hamil, wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat sebanyak 135 gram selama sehari.

4. Membantu Petumbuhan Dan Perkembangan Janin

Buah naga juga berperan penting untuk menunjnag pertumbuhan dan perkembangan janin, Hal ini dikarenakan kandungan asam folat yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkemabgan janin.

5. Melancarkan Pencernaan

Buah naga juga bermanfaat untuk melancarkan BAB. Agar lancar BAB ibu hamil bisa mengkonsumsi buah naga minimal 100 gram setiap harinya. Selain melancarkan BAB.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Saat hamil, tubuh rentan sekali terkenal gejala flu dan masalah kesehatan lainnya, maka dari itu tubuh membutuhkan proteksi yang kuat agar tidak gampang sakit. Buah naga juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hal ini dikarenakan vitamin C yang terdapat di dalam buah nagar sangat tinggi. 

7. Membentuk Pertumbuhan Tulang Dan Gigi

Di dalam buah naga terdapat kandungan kalsium yang baik digunakan untuk pembentukan tulang dan gigi janin. Tulang dan gigi janin perlu diperhatikan perkembangannya sebab tanpa tulang dan gigi bayi nantinya tidak bisa bergerak normal seperti bayi pada umumnya.

8. Menangkal Penyakit

Kandungan di dalam buah naga seperti protein, zat besi dan juga kandungan potasium bermanfaat untuk menangkal berbagai penyakit yang ingin masuk ke dalam tubuh ibu hamil.

9. Melawan Penyakit

Jika ibu hamil sedang terkena penyakit ringan seperti demam, batuk dan pilek ibu hamil bisa mengkonsumsi buah naga sebab di dalam buah naga terdapat kandungan fitokimia yang bermanfaat untuk bisa melawan penyakit.

10. Menyerap Protein

Protein sangat diperlukan oleh ibu hamil sebab protein bisa digunakan sebagai zat pembangun bagi janin. Sayangnya tidak semua protein bisa terserap secara lansgung oleh janin. Kandungan vitamin B1 yang ada di dalam buah naga bisa bermanfaat dalam mempercepat penyerapan protein di dalam tubuh.

11. Menyempurnakan Indera Penglihatan Janin

Selama di dalam kandungan indera janin akan terus berkembang dan tumbuh mencapai kesempurnaan. Kandungan karoten yang ada di dalam buah naga, terutama buah naga merah bisa digunakan untuk menyempurnakan indera penglihatan janin.

12. Mencukupi Gizi Selama Kehamilan

Saat hamil ibu tidak boleh kekurangan nutrisi atau kekurangan gizi, hal itu dikarenakan jika kekurangan gizi janin yang ada di dalam kandungan rentan untuk terkena berbagai macam penyakit. Janin yang kekurangan gizi rentan dilahirkan dalam kondisi mal nutrisi dan juga memiliki berat badan yang rendah. Kandungan seperti protein, kalium, fitokimia dan juga vitamin C yang ada di dalam buah naga merupakan zat gizi atau nutrisi yang kompleks bagi ibu dan janin yang ada di dalam rahim. Dengan mengkonsumsi buah naga itu tandanya ibu sedang memenuhi berbagai macam nutrisi ibu hamil yang dibutuhkan selama kehamilan.

13. Menghilangkan Dehidrasi

Saat hamil ibu hamil akan rentan untuk terkena dehidrasi, dehidrasi sangat membahayakan bagi ibu hamil. Jika dehidrasi, ibu hamil akan merasakan lesu dan juga kurang bertenaga. Kandungan air yang ada di dalam buah naga bisa digunakan untuk menghilangkan dehidrasi selama kehamilan, selain itu buah naga bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan cairan selama kehamilan.

14. Menghindarkan Dari Penyakit Tulang

Membawa beban perut yang semakin berat bisa membuat ibu hamil rentan terkena penyakit tulang seperti oesteoporosis. Osteoporosis sangat berbahaya jika tidak segera diatasi. Alasannya adalah osteoporosis bisa membuat kualitas hidup seseorang menjadi menurun. Mengkonsumsi buah naga yang kaya akan kalsium bisa menghindarkan ibu hamil dari penyakit tulang.

15. Menyeimbangkan Metabolisme Sel

Kandungan vitamin B1 yang ada di dalam buah naga bisa digunakan sebagai penyeimbang metabolisme sel. Metabolisme sel yang seimbang ini bisa digunakan untuk menyeimbangkan kesehatan ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil.

16. Mengembangkan Sistem Syaraf Tulang Belakang

Kandungan folat yang ada di dalam buah naga bisa bermanfaat untuk membentuk sistem syaraf tulang belakang janin. Sistem syaraf harus berkembang sesuai dengan umur janin, jika tidak bisa berkembang janin rentan untuk terkena kelainan syaraf tulang belakang dan cacat syaraf tulang belakang.

17. Menghindari Penyakit Beri-Beri

Kandungan vitamin B1 di dalam buah naga bisa digunakan untuk menghindari dan mencegah penyakit beri-beri selama kehamilan. Penyakit beri-beri tersebut bisa muncul kapan saja saat ibu sedang hamil.

18. Menormalkan Tekanan Darah

Ibu hamil yang mengalami hipertensi bisa mengkonsumsi buah naga dikarenakan kandungan vitamin B yang ada di dalam buah naga tersebut bisa digunakan untuk menormalkan tekanan darah. Jika ibu hamil mengalami hipertensi efeknya adalah ibu hamil tersebut bisa rentan untuk terkena komplikasi kehamilan. Agar tekanan darah menjadi normal kembali ibu hamil bisa mengkonsumsi buah naga sebanyak 100 gram per hari.

19. Menormalkan Gula Darah

Saat hamil bukan berarti ibu hamil terhindar dari kadar gula yang tinggi, justru saat hamil terutama hamil tua bisa menyebabkan ibu hamil lupa akan kontrol makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Kurangnya kontrol terhadap makanan dan minuman yang manis-manis bisa menyebabkan kadar gula darah ibu hamil menjadi meningkat tajam. Mengkonsumsi buah naga secara teratur minimal 100 gram per harinya bisa digunakan untuk menormalkan kadar gula darah di dalam tubuh ibu hamil. Jika gula darah ibu hamil tinggi, ibu hamil rentan untuk terkena komplikasi kehamilan bahkan bisa terkena diabetes.

20. Menyehatkan Usus 

Selian dapat melancarkan sistem pencernaan, buah naga juga bermanfaat untuk menyehatkan usus kita. Maka dari itu, konsumsilah buah naga secara teratur, minimla sebulan sekali.

21. Menghindari Penyakit Tulang Pada Ibu Hamil

Kalsium yang terkandung pada buah naga dapat menghindari ibu hamil yang rentan akan keluhan sakit tulang, khususnya pada persendian. Mengonsumsi buah naga secara rutin mampu menghindari Anda dari penyakit tulang.

22. Menghindari Penyakit Tulang Pada Ibu Hamil

Kalsium yang terkandung pada buah naga dapat menghindari ibu hamil yang rentan akan keluhan sakit tulang, khususnya pada persendian. Mengonsumsi buah naga secara rutin mampu menghindari Anda dari penyakit tulang.

Cara Mengkonsumsi Buah Naga

Ibu hamil memang sangat disarankan untuk menambah asupan konsumsi buah, mulai dari 5 hingga 10 porsi per-hari. Untuk buah naga, disarankan untuk mengkonsumsinya dalam bentuk jus. Anda juga dapat menambahkan susu rendah lemak kedalamnya. Buah naga mengandung serat alami yang dapat mengatasi masalah BAB yang biasa dialami oleh wanita hamil. Selain itu, wanita yang hamil muda memerlukan vitamin B1 dalam jumlah yang lebih banyak, dan buah naga dapat mencukupi keperluan ini. 
 
Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Jangan sampai sebanyak itu manfaat buah naga untuk ibu hamil tidak anda ketahui dan tidak anda dapatkan, padahal harga buah naga tidak mahal, dan sekarang kita bisa mendapatkan buah ini dengan mudah, bahkan kita dapat membudidayakannya sendiri. Baca juga 19 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil dan Bayi
loading...