17 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan

Manfaat jambu biji untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Jambu biji mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jambu biji merah mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Jambu biji juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, selain untuk menjaga kesehatan ibu hamil juga dapat meningkatkan kesehatan janin yang sedang dalam kandungan. 

Kandungan Nutrisi Jambu Biji

Jambu biji (100 gr) mengandung nutrisi diantaranya adalah vitamin A sekitar 25 SI, vitamin B1 0,02 mg, vitamin C 87 mg, kalsium 14 mg, kalori 49 kal, protein 0,9 mg, lemak 0,3 gram, air 86 gram, fosfor, 28 gram, zat besi, 1,1 mg, hidrat arang 12,2 gram. Jadi wajar saja kalau jambu biji bisa menjadi buah sehat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

17 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan
Adapun manfaat yang akan kita dapatkan dengan mengkonsumsi jambu biji diantaranya adalah berikut ini:

1. Mengeluarkan Kolesterol dari Tubuh 

Manfaat jambu biji untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mengeluarkan kolesterol jahat di dalam tubuh kita. Hal ini dikarenakan kandungan pectin di dalamnya berguna untuk mengikat kolesterol dan batu empedu serta mengeluarkannya dari dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi jambu biji dengan memakannya langsung atau dengan cara membuat jus.

2. Mengobati tekanan darah tinggi 

Manfaat kedua adalah dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah pecah dan mengakibatkan terjadi penyakit kronis seperti stroke dan jantung atau lumpuh. Nah, jambu biji mengandung kalium yang menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Manfaat dari tannin

Kandungan tanin sangat bermanfaat untuk kesehatan kita, ada beberapa manfaat yang bisa kita peroleh seperti dapat menjaga kesehatan pencernaan, dan bisa melancarkan sirkulasi darah dan bisa menangkal virus-virus yang masuk kedalam tubuh. 

4. Menjaga berat badan

Jika anda memiliki berat badan berlebih, maka mengkonsumsi jambu biji bisa menjadi salah satu pilihan terbaik anda. 

5. Mencegah terjadinya kanker 

Dengan mengkonsumsi jambu biji maka dapat mencegah anda dari penyakit kanker. Konsumsilah jambu biji secara teratur. Kandungan likopen atau zat pewarna dalam buah jambu biji akan masuk kedalam darah dan mencegah terjadinya oksidasi. Pigmen pewarna ini bermanfaat untuk anti oksidasi dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker.

6. Menguatkan kekebalan tubuh 

Buah jambu biji mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk menjaga bahkan meningkatkan kekebalan tubuh secara instan. Mengkonsumsi secara rutin sangat direkomendasikan untuk kesehatan tubuh. 

7. Mencegah resiko serangan jantung

Menurut sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi buah jambu biji secara rutin dalam jangka waktu 4 minggu dengan kapasitas 500 gram/hari bisa mencegah terjadinya serangan jantung.

8. Meningkatkan stamina tubuh 

Mengkonsumsi buah jambu biji juga bisa bermanfaat untuk menigngkatkan energi dalam stamina tubuh bagi ibu hamil. Jadi manfaat jambu biji bagi kesehatan ibu hamil tidak perlu diragukan.

9. Pembentukan Kolagen

Buah jambu biji memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi yang dihasilkan oleh kandungan vitamin C, kandungan vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sintesis kolagen di dalam tubuh. Kolagen merupakan protein yang di butuhkan oleh tubuh dalam menjaga integritas pada pembuluh darah, kulit, tulang dan organ tubuh lainnya.

10. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah jambu biji merah juga sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan pencernaan, karena di dalam buah jambu biji mengandung serat alami yang sangat bermanfaat dalam melancarkan system pencernaan seperti susah BAB, sembelit serta membuang zat-zat berbahaya di dalam usus.

11. Menjaga Kesehatan Tubuh

Buah jambu biji merah juga kaya akan vitamin B kompleks, sehingga sangat bermnafaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

12. Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Kandungan mineral tembaga yang terdapat pada buah jambu biji sudah terbukti khasiatnya dalam menjaga fungsi kelenjar tiroid, jika terjadi gangguan pada kelenjar tiroid maka akan menyebabkan munculnya penyakit serius.

13. Membantu Penyerapan Nutrisi Secara Maksimal

Kandungan mineral lainnya yang terdapat pada buah jambu biji merah yaitu mangan, kandungan mangan dapat membantu dalam menyerap nutrisi pada makanan yang kita konsumsi. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang sehat agar nutrisi yang diserap tubuh lebih maksimal.

14. Mengobati Demam Berdarah

Buah jambu biji merah juga sangat berkhasiat dalam mengobati penyakit demam berdarah, karena buah jambu biji merah kaya akan kandungan zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah baru di dalam tubuh.

15. Mengendorkan Otot Saraf Tegang

Jambu biji kaya akan kandungan magnesium yang sangat berkhasiat untuk relaksasi, sehingga dapat membantu dalam mengendurkan otot-otot saraf di dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi buah jambu biji merah setelah melakukan aktivitas seharian dapat mengembalikan stamina yang hilang.

16. Menjaga Kesehatan Otak

Vitamin B3 dan B6 yang terdapat di dalam buah jambu merah sangat berguna dalam membantu menjaga fungsi otak dengan cara melancarkan sirkulasi darah dengan baik.

17. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah jambu merah juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, karena di dalam buah jambu biji merah mengandung vitamin C, beta-karoten dan juga antioksidan yang sangat tinggi. Sehingga kulit akan tampak lebih cerah, lembut dan jauh dari gangguan kulit seperti jerawat, kulit kering, kulit berminyak dan gangguan kulit lainnya. Maka tak heran jika buah jambu biji sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat lotion untuk kulit wajah dan tubuh.
Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Itulah  17 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan yang harus anda ketahui, semoga bermanfaat. Baca juga Manfaat Jambu Air untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit.