Makanan Sehat untuk Bayi, Apel

Apel merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh bayi berusia 6 bulan. Kalau sebelumnya, admin sudah berbagi mengenai alpukat makanan sehat untuk bayi, nah kalau sekarang apel makanan sehat untuk bayi.

Apel sangat mudah ditemukan karena selalu tersedia sepanjang waktu. Meskipun memang, makanan terbakik untuk bayi adalah ASI. Sangat dianjurkan untuk para ibu agar memberikan ASI kepada anak sampai mereka berusia 2 tahun agar pertumbuhan dan perkembangan mereka bisa masimal. Namun, karena alasan tertentu, seperti sakit, tidak keluar susu atau alergi, maka dianjurkan agar anak mendapatkan asupan nutrisi dari makanan lain.

Kandungan Nutrisi Pada Apel

Makanan Sehat untuk Bayi, Apel
Nah, lalu kenapa apel dianjurkan untuk menjadi makanan untuk bayi berusia 6 bulan? Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi pada buah yang diidentikan dengan rasa cinta ini. Apel mengandung dua jenis serat, yaitu larut dan serat tak larut. Kedua jenis serat ini sangat bagus dalam menjaga divertikulosis dan kanker usus besar. Serat larut dalam buah apel akan mencegah terjadinya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah.Sementara serat tak larut akan menjaga urusan pembuangan atau BAB, buang air besar akan lancar berkat serat tak larut dalam usus. Serat ini menyediakan massal dalam usus, sementara massal mengikat air, jadi keduanya berfungsi membersihkan pencernaan.

Manfaat apel bagi bayi 6 bulan juga tidak terlepas dari banyaknya vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dalam buah apel. Selain vitamin dalam apel juga mengandung mineral seperti mangan, tembaga, kalsium, kalium, fosfor, selenium dll. Masih ada banyak lagi manfaat buah apel untuk kesehatan, diantaranya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu juga mengurangi resiko penyakit stroke, menjaga kestabilan berat badan, makanan diet rendah lemak, kaya serat, meningkatkan kesehatan paru-paru, melawan efek dari kerusakan oksidatif, mempromosikan prostat, hati dan kesehatan usus besar, dengan menghambat pertumbuhan tumor, kanker, dan mempromosikan kesehatan tulang.

Manfaat Apel untuk Bayi 6 Bulan

Mengapa apel di anggap sebagai makanan yang sangat bermanfaat untuk bayi. Bukan tidak beralasan, ada beberapa argumentasi yang menjadikan buah sehat ini sebagai makanan bayi.
  1. Apel makanan yang paling rendah alergi
  2. Apel adalah makanan yang mudah dicerna
  3. Membuat makanan bayi dari apel bisa dilakukan dengan sangat mudah dancepat
  4. Bayi sangat mencintai rasa apel
  5. Buah yang tersedia sepanjang masa, disebahagian besar dunia
Apel untuk makanan bayi sebaiknya apel yang organik. Karena apel yang non organik dianggap sebagai buah yang muncul dalam daftar Environmental Working Group tentang 'The Dirty Dozen'. Buah apel non organik adalah jenis apel yang banyak terkontaminasi dengan pestisida, Kalau anda menggunakan apel ini terpaksa anda harus mengupas kulit yang mengakibatkan kerugian sebahagian nutrisi pada kulit apel.

Selain sebagai makanan bayi, apel juga bermanfaat untuk minuman bayi. Jus apel bagus untuk kesehatan dan perkembangan bayi, tetapi pilih jus yang lebih pekat ketimbang yang bersih dan bening. Itulah beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan bayi, semoga bermanfaat. Baca juga 5 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan yang Sangat Luar Biasa.